Harga Motor Zoomer X Terbaru 2019, Review & Spesifikasi

Advertisement

Harga Motor Zoomer X – Satu lagi motor unik dari Honda, kali ini pabrikan asal jepang ini meluncurkannya dengan model motor matic. Tapi berbeda dari motor matic biasanya yang dihadirkan dengan body tertutup pada bagian depan sampai belakang, tetapi motor dengan sebutan Honda Zoomer X justru memasang setang yang biasa digunakan oleh moge berkonsep chooper, dimana hal ini menjadikannya terlihat begitu futuristik.

Namun perlu diketahui, dalam pembuatannya, setidaknya pihak Honda membutuhkan waktu 7 tahun sampai dengan rilis sekarang ini. Waktu itu Zoomer X pertama kali diperkenalkan pada ajang Jakarta Motor Cycle Show tahun 2012, yang disebutkan menjadi bakal matic masa depan. Nah sekarang ini honda benar – benar sudah merilisnya, dengan spesifikasi menarik.

Dengan mengendarai motor ini tidak hanya menjadikan pemiliknya menjadi pusat perhatian ketika menggunakan motor ini, tetapi lebih memberikan pengalaman seru ketika berada di jalanan. Lalu seperti apakah sebenarnya detail dari motor ini, seberapa performanya, serta hal unik apa lagi yang ada pada matic ini, selengkapnya dapat simak di Spesifikasi dan Harga Honda Zoomer X berikut ini.

Advertisement

Spesifikasi dan Harga Motor Zoomer X

Spesifikasi dan Harga Honda Zoomer X

Menjadi salah satu motor dengan konsep out of the box, yang menjadikannya berbeda dari motor matic pada umumnya. Bahkan detailing body pada Zoomer X benar – benar futuristik, dan tidak hanya pada sektor body, akan tetapi hal itu menjalar ke seluruh bagian dari motor matic ini, yang pada intinya menjadikannya sebagai salah satu motor matic terunik pada saat sekarang ini.

Honda membutuhkan waktu cukup lama untuk melakukan riset sampai dengan rilisnya matic yang satu ini, dimana hasilnya begitu optimal, dan bisa jadi matic ini menjadi satu penantang dalam dunia otomotif bagi para kompetitornya, khususnya produsen yang juga bermain dalam kelas motor bergenre matic.

Performa Mesin

Performa Mesin Honda Zoomer X

Tidak perlu ada yang dikhawatirkan ketika Honda menciptakan sebuah mesin, hanya saja pada Zoomer X sendiri, sang produsen mengisi sektor dapur pacu dengan mesin yang sama dengan Honda Beat FI ataupun Honda Spacy, berupa mesin single silinder yang menggunakan diameter x langkah 50.0mm x 55.0mm, lalu disokong dengan teknologi SOHC, dan memiliki kubikasi sebesar 110cc.

Dari apa yang dimilikinya tersebut, Honda Zoomer X berhasil semburkan tenaga maksimum 8.35 PS pada putaran mesin 8.000rpm, sedangkan torsi maksimal mencapai angka 8.58 Nm pada putaran 6.500rpm. Tarikannya terbilang responsif, terlebih dirinya menggunakan transmisi automatic, lalu ukuran bodinya yang bisa dikatakan mungil, menjadikannya makin gesit ketika dijalanan.

Pemakaian bahan bakar jelas irit, pasalnya pada sistem suplai bahan bakar didukung teknologi PGM-FI, merupakan teknologi injeksi yang dikembangkan oleh Honda guna diterapkan pada setiap motornya, agar lebih efisien terhadap pemakaian BBM serta dapat memaksimalkan performa yang ada. Hasilnya, untuk 1 liter BBM yang digunakan, Honda Zoomer X dapat menempuh jarak sejauh 53 km.

Desain Bodi

Desain Bodi Honda Zoomer X

Penampilannya benar – benar futuristik, yang dapat dilihat dari semua detail bagian bodi depan hingga belakang. Berbeda dari matic pada umumnya, di lini depan ini honda menerapkan konsep motor bergaya ayam jago, lengkap dengan headlamp mengkotak, dan bodi disini dibuat dengan mengikuti konstruksi rangka, yang bisa dikatakan secara keseluruhan, matic ini terlihat boxy. Lalu tidak ketinggalan dua lampu sein terpasang rapi disetiap sisi sampinya.

Deck dashboard yang dibawanya dirasa cukup serta pas dan bakal memberikan rasa nyaman terhadap pengendara. Sedangkan pada bagian kokpit, sebuah panelmeter full digital didesain unik, dimana didalamnya sudah dilengkapi berbagai indikator dengan tampilan userfriendly, sehingga mudah untuk dipahami. Lalu menariknya lagi, bagian belakang tepatnya bagian jok, rangka sengaja di tonjolkan dengan mengikuti garis jok.

Bagasi yang disediakan cukup luas, yang dapat dimanfaatkan untuk membawa keperluan dalam berkendara, seperti mantel maupun kunci – kunci. Uniknya lagi, untuk membukan bukan diangkat ke depan, tetapi honda membuatnya dapat dibuka ke sisi samping. Sedangkan untuk mengisi bahan bakar, tidak perlu lagi membuka jok, karena Zoomer X memposisikan lubang tangki pada dashboard.

Dimensi Bodi

Dimensi Honda Zoomer X

Secara dimensi, Honda Zoomer X dibuat dalam ukuran yang tidak terlalu besar ataupun kecil, tetapi pas dikendarai orang dengan tinggi tubuh 165cm, dan tetap nyaman dikendarai untuk orang dengan tinggi 170cm. Pasalnya honda disini memasang handle bar ala Honda Monkey miliknya, atau seperti apa yang digunakan oleh moge Chooper, sehingga bila disandikanya dengan tinggi jok 763.5mm, membuat pengendara merasa nyaman.

Untuk panjang keseluruhan 1.840mm, lebar 759mm, dan tinggi 1065mm. Kemudian wheelbase memiliki panjang 1.257mm, dan yang tidak kalah penting, ground clearance dibuat cukup tiggi yakni 135mm, yang menjadikannya tidak perlu khawatir ketika melewati polisi tidur ataupun jalanan berlubang. Untuk memenuhi kebutuhan perjalanan, matic unik ini dibekali tangki berkapasitas 4.4 liter. Sedangkan bobotnya seberat 107 kg, disamping ringan, juga menjadikan Honda Zoomer X lincah dijalanan.

Suspensi & Pengereman

Suspensi dan Pengereman Honda Zoomer X

Sektor depan terlihat begitu menarik dan pastinya futuristik, serta tidak tanggung – tanggung, dikarenakan honda melengkapi bagian tersebut dengan menggunakan suspensi upside down, dan belakang single shock yang dietempatkan pada samping kiri. Meski demikian, motor ini tetap memiliki tingkat keseimbangan tinggi, berkat penggunakan ban tapak lebar baik pada bagian depan maupun belakang.

Adapun ukurannya untuk depan 100/90-12 M/C 59J dan belakang sebesar 110/90-12 M/C 64J. Meski yang digunakan adalah velg 12 inch, tetapi dengan tapak yang lebar, membuat matic ini terlihat berisi, belum lagi shock depan yang tidak nanggung sesuai dengan harga Honda Zoomer X, motor ini nampak tangguh. Hanya saja dari sisi pengereman dikatakan kurang, dengan ketiadaannya teknololgi ABS, dan cuma bagian depan saja yang menggunakan rem cakram, sedangkan belakang berupa tromol.

Spesifikasi Honda Zoomer X

Spesifikasi Honda Zoomer X

Dimensi
Panjang 1.831 mm
Lebar 759 mm
Tinggi 1.065 mm
Wheelbase 1.257 mm
Ground Clearance 136 mm
Tinggi Tempat Duduk 763,5 mm
Berat 107 kg
Kapasitas Tangki 4,4 Liter
Performa
Tipe Mesin 4 Tak, 1 Silinder SOHC, eSP, Idling Stop System
Kapasitas Mesin 110 cc
Tenaga 8.35 PS @ 8000 rpm
Torsi 8.58 Nm @ 6500 rpm
Sistem Pembakaran PGM-FI
Transmisi Otomatis
Starter Kick / Electric Starter
Bore X Stroke 50.0mm x 55.0mm
Rasio Kompresi 9.5 : 1
Tipe Kopling Automatic centrifugal dry clutch
Handling
Rangka Under bone
Ban Depan 100 / 90-12 M / C 59J (Tubeless)
Ban Belakang 110 / 90-12 M / C 64 (Tubeless)
Suspensi Depan Upside Down
Suspensi Belakang Unit Swing
Pengereman
Rem Depan Rem Cakram
Rem Belakang Rem Tromol

Tentu jika melihat dari sektor mesin, matic unik yang satu ini terlihat biasa, namun berbeda ketika dilihat pada konsep desain yang digunakan serta penggunaan suspensi depan yang berupa upside down, dengan harga Honda Zoomer X yang sedemikian, membuatnya sangat sesuai dengan ekspetasi, bahkan berada di atas rata – rata. Jelasnya mengenai Harga Honda Zoomer X dapat cek langsung dibawah ini.

Harga Honda Zoomer X

Harga Honda Zoomer X Terbaru

Harga Honda Zoomer X Baru Rp. 21 Jutaan (Thailand)
Harga Honda Zoomer X Bekas
Baca Juga : Daftar Harga Honda Terbaru

Memang cukup disayangkan, dimana matic unik ini baru dirilis secara resmi di Thailand, bukan di Indonesia. Disana Harga Honda Zoomer X dibandrol pada angka 21 jutaan. Harga tersebut sangat pas, bahkan dapat dibilang murah untuk spesifikasi suspensi upside down dibagian depan, dan jika dilihat dari segi desain bodi yang sangat futuristik.

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya
Harga Honda ADV 150 Harga Honda Genio
Harga Honda Supra GTR Facelift Harga Honda CB190SS

Sampai dengan saat sekarang ini belum diketahui secara jelas, akan seberapa Harga Honda Zoomer X ketika masuk ke pasar Indonesia. Tetapi pada sebuah situs terlihat kalau NJKB Honda Zoomer X sebesar 29,3 jutaan.  Tapi harusnya pihak Honda tidak mematoknya dengan harga yang terlampau tinggi, dan kalau bisa produsen asal jepang ini juga membuat motor ini di Indonesia guna menekan biaya produksi, sehingga harga ketika sampai di tangan konsumen tetap pada kisaran terjangkau. “SALAM OTOMOTIF”

5/5 (1 Review)
Advertisement