Harga Esemka Bima Terbaru 2019, Review & Spesifikasi

Advertisement

Harga Esemka Bima – Setelah sekian lama terdengar dalam dunia otomotif tanah air, akhirnya secara resmi Mobil Esemka rilis di pasaran. Seperti kita ketahui, ada beberapa model yang sudah pernah terlihat di muka umum, akan tetapi Esemka lebih memilih untuk meresmikan terlebih dahulu seri Pick-Up single cabin seperti halnya Gran Max dari Daihatsu ataupun Mitsubishi T120SS.

Satu kelas dengan dua mobil dari dua pabrikan berbeda tersebut, Esemka Bima tampil modern dari segi desain, dan yang tidak kalah penting adalah Harga Esemka Bima ini dilepas pada kisaran angka jual begitu terjangkau, padahal dari segi penampilan dan performa, tidak kalah dibanding pick-up produksi merek lain, akan tetapi hal tersebut dikatakan menjadi salah satu senjata yang diandalkan Esemka, agar dapat bersaing dengan para kompetitornya.

Menjadi sebuah kendaraan Niaga, Esemka Bima didukung dengan bak lebar dan cukup luas, yang mampu menambung berbagai macam bentuk barang bawaan. Selain itu, dari sisi performa, mobil niaga ini disuguhkan dalam dua opsi pilihan, terdiri dari tipe 1.2L dan 1.3L, dimana dari dua perbedaan tersebut senada dengan kapasitas daya tampung bak, semakin besar kapasitas mesin, semakin besar pula kargo yang dibawanya.

Advertisement

Tapi satu yang menjadi catatan dan perlu diketahui kalau dilihat secara desain atau spesifikasi, Esemka Bima yang rilis pada tanggal 6 September 2019 ini sangat mirip dengan salah satu mobil dari china dengan nama Changan Star Truck, atau dengan kata lain, bisa jadi apa yang ada di tanah air ini merupakan mobil hasil rebranding dari merek asal china tersebut.

Namun hal tersebut masih dalam perkiraan, karena sampai dengan saat sekarang ini belum ada pernyataan resmi dari pihak Esemka yang menyatakan mengenai asal usul jelas dari mobil niaga miliknya. Hanya saja, mobil ini menjadi sangat menarik dikarenakan Harga Esemka Bima di lepas dibawah harga mobil niaga dikelasnya, tapi dengan spesifikasi kurang lebih sama. Penasaran mengenai Spesifikasi dan Harga Esemka Bima ? langsung saja simak berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Esemka Bima

Spesifikasi dan Harga Esemka Bima

Ada banyak kabar tak sedap mengenai mobil yang dikatakan sebagai hasil karya anak bangsa atau menjadi sebagai mobil merek nasional, karena banyak yang mengatakan kalau Mobil Esemka ini merupakan hasil rebranding dari merek china, yang mana di Indonesia hanya ada perakitan saja. Akan tetapi apapun itu, yang jelas adanya Pabrik Mobil Esemka ini diharapkan dapat memberikan lapangan pekerjaan baru di dalam negri.

Sehingga dengan demikian, secara otomatis dapat mengurangi nilai pengangguran yang ada. Terlepas dari harapan tersebut, yang pasti harga murah bisa menjadi alternatif atau bahkan prioritas utama para pengusaha baru maupun lama yang berjalan pada bidang jasa angkut ataupun bidang lain yang membutuhkan mobil angkut, selain terjangkau, esemka Bima cukup bertenaga serta didukung daya angkut yang besar.

Performa Mesin

Performa Mesin Esemka Bima

Secara umum memang pihak Esemka belum mengumumkannya melalui website resmi miliknya, akan tetapi jika benar hanya merek rebranding, kemungkinan besar dapur pacu pada Esemka Bima tidak berbeda jauh dari Changan Star Truck. Untuk tipe terendah, dapur pacu di sokong mesin tipe 1.2L E-Power l4 DOHC, yang dikemas dalam kapasitas 1.243cc.

Melihat besaran kubikasi mesin dapat dibilang tidak begitu istimewa, akan tetapi dengan apa yang dibawanya ini, Esemka Bima dapat semburkan power maksimum 96,5 PS , sedangkan torsi maksimal yang didapatnya sebesar 119 Nm.

Menariknya lagi, dari apa yang dihasilkannya tersebut, mobil niaga ini mampu melaju kencang di jalanan dengan top-speed sampai 120 km/jam. Meski berperforma tinggi, soal pemakaian bahan bakar tidak perlu dikhawatirkan, pasalnya mobil dengan mesin 1.2L ini sangat ramah terhadap pemakaian bahan bakar.

Dikatakan irit, pasalnya untuk menempuh jarak hingga 100 km, Esemka Bima hanya membutuhkan BBM sebanyak 7.2 Liter saja, dan jika demikian tentu dapat menekan ongkos perjalanan sekaligus menguntungkan setiap pemiliknya. Adapun daya tampung maksimal dari tangki BBM Esemka Bima ini mampu membawa 40 Liter.

Desain Bodi

Desain Bodi Esemka Bima

Secara visual, ekterior Esemka Bima berbeda dibanding mobil niaga lain yang ada di tanah air, yang mana pada dua headlamp yang dibawanya sudah dilengkapi dengan lampu projector, dan dibawahnya terpasang rapi lampu fog. Adanya kedua bagian pencahayaan itu nantinya bakal memaksimalkan penglihatan dari si pengemudi, dan akan sangat membantu dalam memberikan jarak pandang jauh ketika berjalan dalam kondisi hujan atau berkabut.

Terdapat dua grille, pertama yang memisahkan headlamp, dan dibawah sebagai pemisah fog lamp, dimana jika dilihat lebih dekat, yang bawah dibuat dengan banyak lubang, yang bila benar, dipastikan memiliki fungsi sebagai tempat angin masuk sebagai pendingin tambahan, agar mesin tetap terjaga pada kondisi yang semestinya sekalipun menempuh perjalanan jauh.

Berlanjut ke belakang, model kargo atau bak nampak begitu kokoh dengan detail garis – garis yang timbul memanjang diseluruh bagian. Sementara itu, pada ujung depan bak terpasang roll bar yang berfungsi sebagai pelindung plus sebagai tempat untuk menyandarkan barang berukuran panjang, sehingga tidak merusak bagian atap kabin.

Dimensi Bodi

Dimensi Bodi Esemka Bima

Meski banyak yang mengatakan sama antara Esemka Bima dengan mobil china Changan Star Truck, tetapi dijelaskan dimensi ukuran keduanya jelas berbeda. Biarpun memiliki selisih yang tidak terlampau jauh, yakni untuk Changan Star Truck mempunyai panjang 4.660mm, lebar 1620mm, dan tinggi 1.890mm.

Sedangkan untuk Esemka Bima sendiri dibentuk dalam ukuran lebih pendeng pada masing – masing bagian, yaitu panjang 4.560mm, lebar 1.645mm, dan tinggi 1.890mm. Lalu untuk ground clearance atau wheel base belum dijelaskan dengan rinci, namun tentunya tidak akan jauh berbeda antara keduanya.

Suspensi dan Kaki – Kaki

Suspensi dan Kaki - Kaki Esemka Bima

Diperuntukan sebagai sebuah mobil niaga, pada bagian belakang, Esemka Bima andalkan suspensi jenis axel rigid dengan pegas daun, yang mana untuk suspensi jenis ini dikenal memiliki durabilitas tinggi, serta dapat menahan beban yang berat, dan memiliki kestabilan tinggi sekalipun pada kargo atau bak di isi dengan banyak barang diatasnya.

Tapi jangan terlalu berharap banyak jika berbicara akan keamanan, kemungkinan besar dengan Harga Esemka Bima yang sangat terjangkau ini menjadikannya tidak dilengkapi teknologi ABS di sisi pengereman, dan Airbag di sisi keamanan pengemudi ataupun penumpang. Namun untuk sistem pendinginan kabin guna memaksimalkan kenyamanan berkendara, didalam kabin terdapat AC dan Audio System agar tidak jenuh sewaktu melakukan perjalanan jauh.

Spesifikasi Esemka Bima

Spesifikasi Esemka Bima

Dimensi
Panjang 4.560 mm
Lebar 1.645 mm
Tinggi 1.890 mm
Wheelbase – mm
Ground Clearance – mm
Tinggi Tempat Duduk – mm
Berat – kg
Kapasitas Tangki 40 Liter
Performa
Tipe Mesin 1.2L E-Power l4 DOHC
Kapasitas Mesin 1.243cc
Tenaga 96,5 PS
Torsi 119 Nm
Sistem Pembakaran
Transmisi
Starter Electric Starter
Bore X Stroke
Rasio Kompresi
Tipe Kopling
Handling
Rangka
Ban Depan 175/70-R14
Ban Belakang 175/70-R14
Suspensi Depan
Suspensi Belakang Axel rigid dengan pegas daun
Pengereman
Rem Depan Rem Cakram
Rem Belakang Rem Tromol

Apa yang kami sebutkan diatas sebagian besar merupakan spesifikasi dari Changan Star Truck, tetapi untuk ukuran dimensi diambil dari Esemka Bima yang sudah di beberkan pada beberapa media.

Harga Esemka Bima

Harga Esemka Bima Terbaru

Harga Esemka Bima 1.3 Baru
Harga Esemka Bima 1.2 Baru Rp. 110 jutaan
Baca Juga : Daftar Harga Mobil Esemka Terbaru

Bukan hanya penampilan saja yang modern, akan tetapi spesifikasi dapur pacu yang bila benar sama dengan Changan Star Truck, Esemka Bima berarti sangatlah powerfull. Hanya saja ketika berminat untuk memiliki Mobil Niaga ini, sebaiknya pilihlah versi 1.3L, dimana bukan hanyaperforma saja yang leih baik ketimbang tipe 1.2L, tetapi nantinya juga berpengaruh terhadap besar kecilnya kargo atau bak.

Tidak perlu khawatir, sekalipun nantinya memiliki tipe tertinggi, pastinya masih ada pada kisaran terjangkau, dikarenakan untuk Harga Esemka Bima tipe 1.2L disebutkan bakal dilepas 110 jutaan saja. Harga yang sangat menarik menurut kami jika melihat desain serta spesifikasi yang dimilikinya. Harapannya, semoga saja sektor dapur pacu tidak berbeda jauh dari mobil niaga dari china yang mirip dengan esemka Bima ini, agar bisa diandalkan untuk bisa membawa banyak barang nantinya. “SALAM OTOMOTIF”

5/5 (1 Review)
Advertisement