13 Komponen Transmisi Manual Mobil Beserta Fungsinya

Komponen Transmisi Manual РSistem transmsi atau yang juga sering di sebut sistem penggerak adalah satu dari sekian banyaknya sistem yang terdapat pada sebuah kendaraan baik itu motor ataupun mobil. Dengan adanya sistem transmisi, maka tenaga yang di hasilkan mesin akan bisa di teruskan ke penggerak roda yang membuat kendaraan akhiranyabisa berjalan dengan mulus dan lancar.

Jika dahulu hanya terdapat satu jenis transmisi yaitu jenis manual, dengan terus berkembagnya industri dan juga teknologi pada dunia otmotif, baik motor ataupun mobil saat ini telah banyak mengalami pembaharuan dan peningkatan. Salah satunya dengan di tandai munculnya sistem penggerak atau transmisi otomatis. Sesuai namanya, sistem transmisi otomatis adalah sistem perpindahan gigi yang di lakukan secara otomatis ketika mendapatkan putaran rpm tertentu.

Namun tidak akan membahas mengenai sistem transmsi otomatis, dikesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai tansmisi manual. Yah transmisi manual masih menjadi pilihan bagi sejumlah orang karena memang sudah terbiasa menggunakannya meski untuk saat ini sudah banyak jenis kendaraan baik itu motor ataupun mobil dengan sistem penggerak berjenis otomatis.

Sebagaimana pada umumnya, sistem merupakan cara kerja yang bisa menghasilkan sesutu ketika ada beberapa bagian yang penting. Dan pada sistem transmisi, ada beberapa komponen transmisi manual yang saling berkesinambungan antara satu bagian kebagian lain untuk bisa meneruskan tenaga dari mesin ke penggerak roda. Dan pada artikel terbaru otomaniac kali ini, akan kita bahas lebih detail mengenai komponen transmisi manual dan juga fungsinya.

Fungsi dan Komponen Trasnmisi Manual

Fungsi dan Komponen Transmisi Manual

Fungsi dan Komponen Transmisi Manual

Fungsi Transmisi Manual

Fungsi transmisi manual atau otomatis tidaklah jauh berbeda, karena dalam cara kerjanya, sistem transmisi akan menyalurkan tenaga dari mesin ke roda penggerak. Dan ketika tenaga yang di haslkan dari mesin sudah sampai di penggearak roda, maka secara otomatis roda pun berputar dan menjadikan kendaraan baik itu motor ataupun mobil bergerak serta bisa di kendarai. Selain itu ada juga beberpa fungsi lain yang bisa sobat otomotif lihat pada lis berikut ini:

  1. Dengan komponen tramsisi manual yang cukup banyak pada sebuah kendaraan, keberadaan transmisi manual juga akan sangat di perlukan karena akan menyalurkan tenaga atau putaran mesin dari kopling ke poros propeler shaf
  2. Selain itu, fungsi transmisi manual yang selanjutnya adalah sebagai pengubah momen yang di hasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan yang ada pada keadaan medan jalan disekitara serta beban yang ditanggung mesin tersebut
  3. Dan yang ketiga adalah sebagai media untuk bisa menggerakan roda penggerak mundur atau reserve. Dan umumnya fungsi ini di berikan pada sebuah kendaraan yang biasanya memiliki roda lebih dari dua, seperti motor roda tiga ataupun mobil.

Dengan mengerti sekilas mengenai fungsi sistem transmsi yang ada pada sebuah kendaraan, maka tidak heran apabila sobat juga harus mengerti komponen transmisi manual agar kedepannya bila terjadi gangguan yang terjadi pada sistem transmisi bisa anda atas sendiri. Tentunya sama seperti sistem dan komponen yang lain, adanya banyak komponen transmisi manual pada sebuah kendaraan juga harus mendapatkan perawatan yang baik agar kondisinya tetap maksimal.

Komponen Transmisi Manual

Diatas merupakan beberapa fungsi transmisi manual yang bisa sobat pahamai. Nah setelah sobat otomotif mengerti dan memahami tentang fungsinya, maka saat ini sobat juga harus mengerti dong apa saja kompone transmisi manual yang ada dan apa saja fungsi serta kegunaannya. Untuk itu silahkan simak informasinya berikut ini.

  1. Poros Input Transmisi (Transmission Input Salt) : Ini merupakan salah satu komponen transmisi manual yang cukup penting keberadaannya, karena apa? karena komponen ini akan menjadi poros yang bekerja sama dengan kompling untuk memutar gigi didalam gearbox.
  2. Gigi Transmisi (Gear Transmission) : Selanjutnya ada juga komponen bernama gigi transmisi. Yang dimana fungsi dari komponen ini sebagai pengubah input tenaga yang di hasilkan mesin menjadi output gaya torsi yang sesuai dengan apa yang di buthkan oleh kendaraan tersebut.
  3. Gigi Penyesuaian (Synchcroniser) : Meski mobil sedang dalam keandaan bekerja, namun kita sebagai penggunanya juga bisa memindahkan gigi dengan aman dan nyaman. Hal ini tidak terlepas dari adanya komponen transmisi manaual bernama gigi penyesuaian atau synchcroniser.
  4. Garpu Pemindah (Shift Fork) : Untuk memindahkan gigi pada porosnya atau pada tempatnya sehingga gigi akan mudah untuk dipasang atau juga dipindahkan dari tempatnya, pada sistem transmisi terdapat sebuah komponen bernama garpu pemindah.
  5. Tuas Penghubung (Shift Lingkage) : Komponen sistem transmisi manual yang selanjutnya adalah tuang penghubung atau shift lingkage. Fungsi dari tuas ini adalah untuk menghubungkan antara tuas persneling dengan shift fork atau garpu pemindah.
  6. Tuas Pemindah Persneling (Gear Shift Lever) : Biasa komponen ini terletak berdekatan dengan sang pengemudi, karena fungsi dari komponen transmisi manual yang satu ini adalah seabgai pengendali pengemudi untuk bis amemindahkan gigi transmsi berdasarkan kondisi mengemudi yang mereka inginkan.
  7. Bak Transmisi (Transmission Case) : Lalu ada juga komponen yang berfungsi sebagai dudukan bearing transmisi serta poros-porosnya. Selain itu, bak transmisi juga akan di gunakan sebagai wadah atau tempat menyimpannya oli transmisi sehingga pergerakan atau pergesekan setiap komponen didalam sistem transmisi tetap lancar dan halus.
  8. Output Shaft : Komponen ini merupakan sebuah poros yang dapat mentransferkan torsi dari sistem transmsisi ke gigi terakhir sekaligus juga menjadi dudukan persneling pada sebuah mobil.
  9. Bantalan (Main Bearing) : Seperti kita ketahui bersaha, getaran atau gesekan yang terjadi pada sebuah mobil sangatlah banyak. Tidak terkecuali geserkan pada sistem transmisi. Maka dari itu, untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara permukaan komponen transmisi manual yang berputar didalam sistem transmsisi disediakan sebuah komponen bernama bantalan atau main bearing.
  10. Counter Gear : Untuk menghasikan torsi dari gigi input yang di tujukan ke gigi kecepatan sistem transmisi memiliki komponen bernama Counter Gear.
  11. Reverse Gear : Komponen yang satu ini digunakan untuk mengubah arah putaran output shaft sehingga mobil akan bisa berjalan mudur ketika memang kalian menggerakan tuas pernseling ke arah reverse gear.
  12. Hub Slave : Dan selanjutnya ada komponen bernama Hub Slave, komponen ini menjadi pengunci penyesuaian gigi
    percepatan, sehingga output shaft bisa berbutar dan berhenti dengan baik dan benar
  13. Speedometer Gear : Terakhir ada sebuah komponen transmisi manual bernama speadometer gear, fungsi dari komponen ini adalah sebagai penggerak kabel yang biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan mobil yang di kendarai sang pengemudi.
Baca Juga Informasi Lainnya

Berapa Lama Cas Aki MobilBerapa Lama Cas Aki Mobil

Cara Menghilangkan Kecoa di MobilCara Menghilangkan Kecoa di Mobil

Itulah dia informasi terbaru otomaniac.com yang dapat kami sampaikan dan informasikan pada anda dikesempatan kali ini mengenai fungsi dan komponen transmisi manual yang ada pada sebuah kendaraan. Dengan kita sudah mengerti dan memahami fungsi dari tiap-tiap komponen yang ada diatas, maka sudah semestinya anda juga harus merawatnya dengan baik dan benar agar kondisi dari setiap komponen tetap dalam keadaan yang baik dan menghasilkan kinerja yang maksimal. “SALAM OTOMOTIF”