Berapa Lama Cas Aki Mobil ? Ini Dia Jawabannya

Advertisement

Berapa Lama Cas Aki Mobil ? Pertanyaan ini sering dilontarkan para pemilik mobil yang ingin melakukan proses pengisian aki. Proses ini bertujuan untuk mengembalikan tegangan aki agar menjadi seperti sediakala lagi, yakni bertegangan 12 Volt. Jadi apabila tegangan aki terditeksi kurang dari 12 Volt, maka sobat harus melakukan pengecasan.

Pengecasan aki hanya bisa dilakukan pada aki yang kondisinya masih baik. Apabila sudah tekor, maka lebih baik sobat membeli yang baru. Percuma saja kita mengecasnya, karena daya listrik tidak akan masuk seperti semula. Hal ini tak lepas dari penurunan kapasitas yang otomatis menjadikan arus listrik yang disimpan terlalu sedikit.

Jika terpaksa membeli aki baru pastikan dayanya sesuai dengan kebutuhan mobil kita. Jangan sampai dayanya terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Ada baiknya kita menyesuaikan dayanya dengan aki lama yang kita miliki. Nah setelah mendapatkan aki baru, maka aki yang rusak bisa dijual atau ditukar tambah. Namun jangan harap harganya mahal, karena hanya berkisar 50 Ribu sampai 200 Ribu.

Advertisement

Membeli aki baru merupakan opsi terakhir. Opsi yang pertama adalah melakukan pengisian ulang (charging). Proses pengisian aki mobil pada dasarnya sama seperti kita mengecas baterai handphone. Semakin besar kapasitasnya, tentu semakin lama mengecasnya. Namun sobat jangan sembarangan saat cas aki mobil, karena harus disesuaikan dengan kapasitas aki mobil.

Kapasitas aki mobil menggunakan satuan AH (Ampere Hour) yang bisa kita lihat pada dinding aki sebelah samping. Nah setelah mengetahui kapasitasnya, lalu berapa lama cas aki mobil agar tegangan bisa terisi sepenuhnya ?. Soal waktu berapa lamanya tergantung proses pengisian yang kita pilih, karena ada dua jenis pengisian aki, yaitu pengisian lambat dan pengisian cepat. Untuk mengetahui perbedaannya silahkan simak dibawah ini.

Cara Menghitung Lama Cas Aki Mobil Yang Tepat

Lama Cas Aki Mobil

Pengisian Lambat

Proses pengisian lambat biasanya dilakukan saat pengecasan aki mobil dimalam hari. Hal ini bertujuan agar arus listrik yang masuk tak terlalu cepat, sehingga proses pengisiannya lebih aman dan bisa ditinggal tidur. Biasanya arus maksimal yang digunakan hanya 10%, jadi tak perlu takut overcharger apabila ditinggal tidur. Lalu berapa waktu yang dibutuhkan sampai aki terisi penuh ?

Advertisement

Lamanya cas aki mobil tergantung dari kapasitas akinya. Sebagai contoh aki berdaya 12Volt 40AH membutuhkan waktu pengisian sekitar 12 Jam. Lalu bagaimana cara menghitungnya ?, silahkan masbro simak rumus dibawah ini.

  • Langkah pertama yang harus kita hitung adalah besaran akrus pengisian yang kemudian dikalikan daya aki. Jadi 40 x 10% = 4 Ampere
  • Kemudian masukan hasil di atas ke rumus berikut (kapasitas Aki (AH) / Arus Pengisian) + (20% x Kapasitas Aki / Arus Pengisian).
  • Apabila kita hitung berarti (40Ah/4Ah)+(20% x 10) =10 + 2 = 2 Jam

Jadi lama cas aki mobil dengan arus sekitar 10% membutuhkan waktu pengisian sekitar 7 Jam. Bisa saja waktu yang dibutuhkan lebih cepat atau lebih lambat, namun yang pasti kita bisa melakukan pengisian aki sembari tidur.

Pengisian Cepat

Cara pengisian aki yang kedua adalah menggunakan teknik pengisian cepat. Teknik ini biasanya menggunakan arus yang lebih besar, hingga 40%. Alhasil waktu pengisian menjadi lebih cepat. Sedangkan untuk cara menghitungnya sama dengan cara di atas, namun besaran arusnya dirubah menjadi 40%.

Advertisement

  • 40×40%= 16 Ampere
  • Kemudian masukan ke dalam rumus menjadi (40Ah/16Ah) + (20% x 2.5) = 2.5 + 0.5 = 3 Jam

Melihat perhitungan di atas, berarti kita membutuhkan waktu sekitar 3 Jam untuk mengisi aki dengan arus sebesar 40%. Metode ini juga sering disebut sebagain pengisian Fast Charging. Walaupun lebih cepat, namun sering kali metode Fast Charging akan mempercepat kerusakan aki dikarenakan arus yang masuk terlalu besar. Jadi lebih baik menggunakan metode pengisian lambat agar aki tetap awet.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menghilangkan Kecoa Di MobilCara menyetel rem cakramĀ 

Aki menjadi bagian paling vital dari sebuah kendaraan. Jadi jangan sampai aki soak atau tekor, karena nantinya membuat sistem kelistrikan mobil terganggu dan menjadikan mobil tidak bisa distarter. Apabila hal tersebut terjadi, maka soba harus melakukan jumper aki agar nantinya mobil bisa kembali dihidupkan. Nah demikianlah informasi otomaniac.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement

loading...