6 Cara Menyetel Rem Cakram Motor Dengan Benar Terbaru 2019

Cara menyetel rem cakram motor – Bagi anda yang memiliki sepeda motor pasti tidak asing lagi dengan yang namanya rem. Ya, rem merupakan salah satu fitur keamanan yang sangat penting bagi sebuah kendaraan. Rem memiliki fungsi yang sangat penting bagi kendaraan, karena dengan rem motor maupun mobil mampu berhenti dengan baik jika keadaan fungsi rem bekerja dengan baik. Dalam dunia otomotif rem dibagi menjadi dua jenis yakni rem tromol dan rem cakram, kedua jenis rem ini sering kali kita jumpai pada kendaraan bermotor maupun mobil.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit informasi mengenai cara menyetel rem cakram pada motor. Menyetel rem memang gampang-gampang mudah, akan tetapi jika penyetelan rem ini salah maka bisa berakibat fatala bagi sang pengendara, pasalnya rem tidak berfungsi dengan baik sehingga rem tersebut tidak mampu menahan laju kendaraan bermotor yang anda tunggangi. Rem menjadi sebuah fitur keselamatan yang benar-benar di perhatikan baik dalam kondisi maupun fungsinya.

Kalian bisa banyangkan jika motor yang ada tunggangi tidak memiliki rem yang berkerja dengan baik atau dalam istilahnya remnya blong, pasti kalian tidak dapat mengendalikan motor tersebut karena tidak ada fitur yang mampu menahan laju motor tersebut. Selain menjadi fitur keselamatan, rem juga memiliki banyak fungsi dalam sebuah kendaraan. Kerena dengan adanya rem kita bisa berhenti secara mendadak ataupun berhenti dengan pelan-pelan. Selain itu rem juga sangat berperan penting bagi dunai otomotif baik itu kendaraan bermotor maupun mobil.

Saat ini motor-motor varian terbaru sudah dilengkapi dengan rem cakram baik depan maupun belakang. Namun bisanya untuk jenis-jenis motor matik dan motor bebek biasanya rem cakram hanya berada pada posisi roda depan sedangkan roda belakang masih menggunakan rem tromol. Namun tidak untuk motor sport, umumnya motor sport saat ini telah dibekali dengan rem cakram baik roda depan maupun roda belakang. Nah jika rem cakram pada motor anda bermasalah anda diharapkan mampu menyetel rem tersebut sehingga bisa berfungsi dengan baik lagi. Dan berikut adalah Cara Menyetel Rem Cakram Motor Dengan Benar.

Cara Menyetel Rem Cakram Motor

Cara Menyetel Rem Cakram Motor

Cara Menyetel Rem Cakram Motor

1. Siapkan minyak rem

Langkah pertama yang perlu anda lakukan dalam menyetel rem cakaram motor adalah siapkan minyak rem dan peralatan untuk menyetel rem cakram tersebut seperti kunci ring 8 mm, 10 mm, obeng plus (+) serta kunci ring 12 mm. Setelah mempersiapkan perlatan untuk menyetel rem cakram tersebut anda bisa langsung lakukan penyetelan rem cakram motor ini dengan hati-hati namun pasti.

2. Buka tutup minyak rem

Langkah yang kedua adalah anda buka terlebih dahulu tutup minyak rem yang ada pada motor, untuk rem depan umumnya ada di stang motor dan untuk rem belakang biasanya ada di dekat sokbeker belakang. Setelah itu jika minyak rem tersebut dirasa kurang lebih baik di isi dulu, kemudian mulailah pada langkah ketiga dalam penyetelan rem cakram tersebut.

3. Kedurkan baud kunci 8 yang ada pada kaliper

Berikutnya kalian perlu mengendorkan baud kunci 8 mm yang berada pada kaliper, kendurkan hingga minyak rem bisa mengalir dengan lancar.

4. Kendurkan juga baud selang rem yang ada dikaliper

Tak hanya baud kunci ring 8 mm saja yang kalian kendorkan, namum baud ring 12 mm yang menghubungkan selang kaliper dan selang wadah minyak rem juga perlu kalian kendurkan. Dan jika minyak rem mampu mengalir dengan lancar maka segera kencangkan kembali baud tersebut. Namun jika mimyak rem tersebut tidak mengalir dipastikan ada sumbatan yang menghalangi laju minyak rem pada selang tersebut. Dan jika rusak disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

5. Genjot rem hingga minyak rem keluar dengan lancar pada kaliper

Nah guys, setelah minyak rem mampu mengalir dengan lancar, maka genjotlah rem tersebut berkali-kali hingga angin yang keluar bersama minyak rem muncrat dengan lancar. Setelah itu kecangkan baud ring 8 mm tersebut dan setelah rem tersebut sesuai dengan kenyamanan kalian, pada umumnya rem harus empuk dan ridak gancet.

6. Periksa kampas rem

Terakhir periksa kampas rem dikhawatirkan kampas rem tersebut telah aus dan tidak bisa menahan laju motor. Dan jika kampas rem sudah aus disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru mengingat fungsi rem yang sangat penting bagi keselamatan anda dalam berkendara.

Cara Perawatan Rem Cakram

Tidak hanyan penyetelan secara berkala saja namun rem juga membutuhkan perawatan yang maksimal sehingga rem bisa berfungsi dengan baik dan tidak cepat rusak. Dan berikut adalah babera langkah perawatan rem cakram dengan benar.

  • Menganti selang rem

Selang rem adalah komponen dari cakram yang memiliki fungsi sebagai penyalur minyak rem menuju ke kaliper rem. Selang rem bisa menggunakan yang biasa ataupun standart, namun bisa juga menggunakan varian racing.

  • Mengganti minyak rem

Untuk cara menyetel rem cakram motor adalah menggati minyak rem. Untuk motor dengan rem cakram umumnya pasti menggunakan minyak rem. Minyak rem sendiri berfungi untuk mendorong piston untuk menekan kampas rem.

  • Mengganti master rem

Selanjutnya adalah dengan mengganti master rem, perangkat yang satu ini memiliki fungsi yaitu mendorong minyak rem munuju kaliper agar lebih pakem.

  • Mengganti kaliper cakram

Cara menyetel rem cakram motor yang selanjutnya adalah dengan cara menggati kaliper cakram. Kaliper ini memiliki peranan yang sangat vital, karena kaliper juga memiliki fungsi atau tujuan akhir dari sekema rem hidraulis dimana tugas komponen ini adalah mendorong kampas rem untuk menekan cakram.

  • Mengganti cakram

Cakram adalah sebuah komponen yang biasa disebut dengan piringan yang mempunyai batas pemakaian. Untuk itu jika sudah saatnya diganti segeralah kalian ganti dengan ukuran yang standart agar bisa lebih nyaman dan aman saat dipakai.

  • Rajin merawat cakram

Untuk perawatan cakram yang bisa anda lakukan adalah dengan cara membersihkan rumah kaliper juga kampas rem dengan rutin. Begitu juga dengan selangnya harus sering dicek, hal ini juga bertujuan untuk meminimalisirkan terjadinya rem blong.

  • Mengganti kapas rem

Jika anda sudah mengganti semua komponen diatas, namun hasilnya kurang atau belum sesuai dengan yang kita inginkan maka dianjurkann untuk segera mengganti kampas rem motor anda dengan yang baru.

Setelah melakukan perawatan secara berkala maka dipastikan rem cakram tersebut akan bekerja dengan baik sebagaimana fungsinya. Sementara itu rem cakram merupakan komponen yang harus benar-benar diperhatikan kinerjanya, pasalnya jika tidak pernah diperhatikan rem cakram bisa mengalami gancet ataupun blong. Hal ini tentu sangat membahayakan para pengendaranya, apalagi jika pada kecepatan yang tinggi, kalian bisa-bisa menabrak ataupun yang lainya.

Baca Juga Informasi Lainnya
Fungsi Oli GardanKelebihan Ban Tubeless

Nah dari hal itulah kami sarankan untuk selalu menyetel rem cakram motor anda agar bias berfungsi dengan baik, selain penyetelan perawatan juga perlu di perhatikan agar kondisi rem tetap terjaga dengan baik. Demikian informasi mengenai Cara Menyetel Rem Cakram Motor Dengan Benar, semoga informasi ini bisa menjadi ilmu pengetahuan anda dalam dunia otomotif tanah air. “SALAM OTOMTIF”.