Kelebihan Ban Tubeless Dan Kekurangannya

Kelebihan Ban Tubeless – Saat ini rata-rata motor terbaru sudah menggunakan ban tubeless yang dipercaya lebih baik dibandingkan ban tubetype. Namun sebenarnya ban Tubeless tetap memiliki kekurangan. Sebelum sobat memakainya lebih baik sobat mengetahui terlebih dahulu apa saja kekurangan dan kelebihan ban tersebut, sehingga nantinya bisa memutuskan apakah ban yang digunakan sudah tepat atau belum.

Yang menarik dari ban tubeless adalah tidak membutuhkan ban dalam. Alhasil perawatannya lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan tak terlalu banyak. Sayangnya harga ban tubeless rata-rata dibanderol lebih mahal dibandingkan ban tubetype. Hal ini tak lepas dari konstruksi ban tubeless yang lebih kuat, sehingga pada prakteknya tidak membutuhkan ban dalam untuk menyimpan angin.

Konstruksi ban tubeless memang berbeda dari ban tubetype. Ban tersebut dibuat dengan beberapa lapisan yang memungkinkan angin tidak bocor. Dibalik kelebihan tersebut tentu ada kekurangan. Nah salah satu kekurangan ban tubeless adalah tidak bisa dipakai pada velg jari-jari. Kekurangan tersebut membuat ban jenis ini tidak cocok digunakan pada motor trail ataupun motor lainnya yang masih menggunakan velg jari-jari.

Sebenarnya ban tubeless tetap bisa digunakan pada velg jari-jari. Namun untuk melakukan itu dibutuhkan trik khusus dengan cara menambahkan Manset atau karet tambahan yang nantinya digunakan untuk menutupi celah pada velg sehingga anggin tidak keluar. Trik tersebut bisa menjadi alternetif bagi sobat yang ingin menggunakan ban tubeless pada velg jari-jari. Akan tetapi dari segi ketahanan kami tidak menganjurkannya.

Bagi pemilik velg jari-jari kami sarankan untuk tetap memakai ban tubetype yang sudah dirancang sesuai peruntukannya. Sobat jangan asal memilih ban, karena sangat berpengaruh terhadap keselamatan dalam berkendara. Nah bagi sobat yang lebih tertarik menggunakan ban tubeless, silahkan simak terlebih dahulu apa saja kelebihan ban tubeless serta kekurangan yang dimiliki ban tersebut. Langsung saja silahkan cek dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless

Kelebihan Ban Tubeless dan Kekurangannya

Kelebihan Ban Tubeless dan Kekurangannya

Kelebihan Ban Tubeless

  1. Salah satu kelebihan ban tubeless yang paling utama adalah memiliki daya cengkram aspal yang lebih kuat, sehingga cocok untuk berkendara pada kecepatan tinggi. Selain itu, ban ini akan terasa lebih nyaman saat dipakai bermanuver atau menikung dikarenakan daya cengkramnya lebih lebih menggigit ke atas aspal.
  2. Ban jenis ini sangat cocok dipakai pada kondisi jalanan basah, karena rata-rata ban tubeless memiliki desain groove atau kembangan yang lebih dalam sehingga lebih cepat mengalirkan air saat dipakai berkendara pada kondisi jalanan basah.
  3. Soal daya tahan juga lebih kuat. Terbukti ban tubeless tidak langsung bocor saat terkena paku ataupun benda tajam lainnya. Hal ini tak lepas dari konstruksi yang kuat, sehingga membuat angin keluar sedikit demi sedikit. Apabila mengalami hal tersebut kami sarankan untuk tidak langsung mencabut paku yang menempel agar ban tubeless tidak langsung bocor. Sobat bisa mencabutnya saat berada dibengkel atau tukang tambal ban terdekat.
  4. Seperti yang kami sampaikan di atas, ban tubeless tidak membutuhkan ban dalam. Alhasil kita tidak perlu menambah biaya untuk membeli ban dalam
  5. Ban tubeless sangat cocok untuk motor bertenaga besar karena akan membuatnya lebih stabil saat berakselerasi ataupun bermanuver
  6. Proses menambal ban tubeless juga lebih mudah. Kita tidak perlu mencopot ban terlebih dahulu sesuai tips yang sudah kami sampaikan berikut ini : “Cara Menambal Ban Tubeless

Kekurangan Ban Tubeless

  1. Soal harga, harga ban tubeless rata-rata lebih mahal dibandingkan ban tubtype. Selisihnya bisa mencapai 20-50% tergantung dari ukuran serta merek ban yang dibeli
  2. Kekurangan lainnya adalah tidak bisa digunakan pada sembarang velg. Ban tubeless hanya akan optimal saat dipakai pada velg racing. Sedangkan untuk velg jari-jari dibutuhkan penyesuaikan terlebih dahulu.
  3. Usia pemakaian ban tubeless cenderung lebih pendek dibandingkan ban biasa. Pasalnya ban jenis ini menggunakan compound yang lebih lunak sehingga lebih cepat aus.
  4. Ban tubeless bisa merusak velg apabila melewati jalanan berlubang ataupun medan rusak lainnya. Pasanya ban tersebut tidak memiliki ban dalam yang bisa menjadi bantalan untuk menahan benturan
  5. Tidak adanya ban dalam juga membuat ban ini kurang optimal saat dipakai mengangkut beban yang berat.

Meski memiliki banyak kelebihan, namun ban motor ini tetap harus dirawat agar bisa digunakan secara optimal. Ada beberapa tips dalam merawat ban tubeless. Salah satunya adalah dengan mengontrol tekanan angin. Sobat bisa menyesuaikan tekanan angin ban tubeless sesuai kendaraan yang digunakan. Pada setiap mobil ataupun motor biasanya telah tertulis beberapa tekanan angin yang sesuai dengan bobot kendaraan.

Baca Juga Informasi Lainnya
Fungsi Oli GardanModifikasi Supermoto

Dalam menggunakan ban tubeless juga harus mempertimbangkan medan yang dilalui setiap harinya. Pasalnya ban tubeless kurang optimal saat dipakai melewati medan yang rusak. Apabila mengalami hal serupa lebih baik sobat mengganti ban tubeless yang digunakan dengan ban biasa alias tubetype. Nah itulah beragam kelebihan ban tubeless beserta kekurangannya yang wajib sobat ketahui. Sekian informasi otomaniac.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.