6 Cara Menambal Ban Tubeless Motor Sendiri Paling Mudah

Advertisement

Cara Menambal Ban Tubeless – Meski sering dianggap tahan bocor, namun nyatanya ban tubeless tetap saja bisa bocor. Bedanya angin tidak akan langsung keluar asalkan paku atau benda tajam yang menancap tidak langsung dicabut. Beda cerita jika kita menggunakan ban tubetype. Pastinya ban lansung bocor dan bisa membuat pengendara mengalami kecelakaan, karena motor menjadi tidak stabil saat dikendarai.

Apabila disuruh memilih antara ban tubetype atau ban tubeless, tentu kami akan memilih ban tubeless. Banyaknya sekali kelebihan memakai ban tersebut. Selain tidak mudah bocor, ban tubeless juga lebih stabil saat dipakai berakselerasi pada kecepatan tinggi. Tak hanya itu, ban tubeless juga tidak membutuhkan ban dalam sehingga perawatannya lebih mudah dan tidak perlu menambah biaya saat terjadi kebocoran.

Dibalik semua kelebihan ban tubeless tersebut, tentu ada kekurangan. Salah satu kekurangan ban tubeless adalah bisa merusak velg jika terlalu sering melewati jalanan rusak atau berlubang. Pasalnya ban tubeless tidak memiliki ban dalam yang notabennya akan membantu untuk meminimalisir daya bentur saat melewati jalanan rusak. Jadi apabila medan yang dilalui masih jalanan bebatuan, maka kami sarankan memakai ban tubetype.

Advertisement

Apapun ban yang digunakan, tentu tetap membutuhkan perawatan. Dalam merawat ban juga sangat gampang. Yang paling penting jangan sampai ban mengalami aus atau gundul. Pasalnya ban yang sudah gundul gampang bocor. Nah apabila hal ini terjadi, maka sobat harus cepat-cepat membeli ban yang baru. Namun jika keadaan tidak memungkinkan untuk membeli ban baru, mau tidak mau kita harus menambalnya.

Langkah dan Cara Menambal Ban Tubeless

Cara Menambal Ban Tubeless

Cara Menambal Ban Tubeless

Untuk menambal ban tubeless bisa datang ke tukang tambal ban ataupun ke bengkel terdekat. Cara menambal ban tubeless tersebut bisa kita gunakan jika berada di keramaian. Lalu bagaimana jika saat berpergian jauh dan tidak menjumpai tukang tambal ban? Sobat tak perlu khawatir, karena sobat bisa menambal ban tubeless sendiri dengan alat khusus yang bisa kita dapatkan dengan mudah di toko spare-part. Nah untuk lebih jelasnya bagaimana cara menambal ban tubeless silahkan simak dibawah ini

1. Beli Tire Repair Kit

Alat Menambal Ban Tubeless

Alat Menambal Ban Tubeless

Cara menambal ban tubeless sendiri dibutuhkan alat khusus yang sering disebut sebagai “Tire Repair Kit”. Alat tersebut dijual bebas di toko spare-part motor atapupun toko online. Harga alat tambal ban tubeless tersebut juga sangat murah. Kita hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 15-50 Ribu. Alat tersebut dijual satu set, dan didalamnya sudah ada pengait, karet penambal, lem, dan alat membuka lubang atau kikir.

Tire Repair Kit bisa dibeli untuk berjaga-jaga jikalau mengalami ban bocor saat dapat perjalanan. Selain itu, sobat harus menyiapkan pompa agar nantinya bisa mengisi angin pada ban yang bocor. Tentu sangat ribet membawa pompa saat berpergian. Namun saat ini sudah ada pompa portable yang bentuknya ringkas, sehingga mudah dibawa untuk dimasukan ke bagasi ataupun di dalam tas.

2. Copot Paku

Cabut Paku

Cabut Paku | Gambar : Wikihow

Ban bocor bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Asalkan alat di atas sudah siap, maka sobat tak perlu khawatir. Sobat bisa menambal ban tubeless sendiri tanpa perlu datang ke bengkel. Nah cara menambal ban tubeless yang pertama adalah mencabut paku atau benda tajam yang menancap menggunakan tang ataupun pengait lainnya. Pastikan semua penyebab kebocoran dicabut semua sebelum nantinya kita melanjutkan cara menambah ban tubeless selanjutnya.

3. Lubangi Titik Yang Bocor

Longgarkan Titik Bocor

Longgarkan Titik Bocor | Gambar : Wikihow

Setelah paku dicabut, jangan lupa memberi tanda dimana kebocoran berasal. Sobat juga bisa langsung memperlebar lubang tersebut menggunakan alat pembuka lubang atau kikir yang bentuknya seperti mur atau kepala bor. Kemudian masukan alat tersebut pada titik yang bocor dan gerakan maju mundur sampai lubang longgar. Cara menambal ban tubeless ini bertujuan untuk melonggarkan titik kebocoran agar memudahkan kita dalam memasukan karet penambal.

4. Masukan Karet Penambal

Masukan Karet

Masukan Karet | Gambar : Wikihow

Pada paket penjualan Tire Repair Kit sudah disediakan karet penambal yang nantinya kita gunakan untuk menambal titik kebocoran. Biasanya disediakan tiga karet. Silahkan sobat ambil salah satunya lalu potong menjadi setengah. Kemudian masukan karet tersebut ke titik kebocoran menggunakan pengait yang telah dilumuri lem. Masukan hingga setengah inci, kemudian cabut alat pengait secara pelan-pelan.

5. Tunggu Hingga Kering

Tunggu Karet Hingga Kering

Tunggu Karet Hingga Kering | Gambar : Wikihow

Hati-hati saat memasukan karet ke titik kebocoran. Jangan sampai karet tersebut masuk ke dalam ban. Nah setelah karet menempel, lalu kita tunggu hingga kering. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit hingga akhirnya benar-benar mengering. Setelah itu gunting sisa karet yang menonjol agar hasil tambalan terlihat rapih dan tidak menganggu performa ban saat dipakai berkendara.

6. Isikan Angin

Isikan Angin

Isikan Angin | Gambar : Wikihow

Cara menambal ban tubeless yang terakhir adalah tinggal mengisi angin menggunakan pompa atau kompresor. Pastikan tidak ada angin yang keluar dari cela-cela titik kebocoran. Apalagi angin masih keluar, itu artinya kita gagal menambal ban. Silahkan ulangi langkah di atas sampai kebocoran ban benar-benar teratasi. Setelah itu kita bisa kembali berkendara ke tempat yang ingin dituju.

Baca Juga Informasi Lainnya
Alarm Mobil TerbaikAlarm Mobil TerbaikFungsi Relay Pada MobilFungsi Relay Mobil

Setelah sampai ditempat tujuan ada baiknya kita pergi ke bengkel terdekat untuk mengecek kondisi ban yang habis ditambal. Bisa saja karet yang kita masukan kurang kuat sehingga beresiko kembali mengalami kebocoran. Jika ban memang sudah gundul, maka lebih baik menggantinya dengan yang baru agar kita bisa berkendara dengan nyaman tanpa perlu takut kembali mengalami kebocoran ban. Nah demikianlah informasi otomaniac.com mengenai cara menambal ban tubeless, semoga bermanfaat. “Salam Otomotit”

0/5 (0 Reviews)
Advertisement