8 Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok 2019

Advertisement

Cara Memperbaiki Motor Injeksi – Injeksi merupakan suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Injeksi sendiri membutuhkan perangkat bersama injector, yang bertugas untuk menyupali campuran bahan bakar dengan udara. Jadi sistem injeksi adalah teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor. Nah, itulah pengertian injeksi yang kami lihat dari segi fungsi dan kegunaan teknologi injeksi tersebut.

Memiliki kendaraan bermotor saat ini memang menjadi kebutuhan bagi semua masyarakat di Indonesia baik masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Dan dengan banyaknya permitaan akan sepeda motor menjadikan pabrik-pabrik kendaraan bermotor belomba-lomba untuk menciptakan berbagai jenis dan varian sepeda motor dengan teknologi yangb terus terbarukan untuk memenuhi selera masing-masing individu di masyarakat.

Di Indonesia memang banyak terdapat berbagai macam jenis dan varian sepeda motor dari setiap merek tertentu seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasakisi serta masih banyak lagi merek kendaraan bermotor di tanah air. Saat ini juga terdapat berbagai jenis motor di seluruh dunia yang memiliki fungsi serta teknologi yang terus berkembang dari tahun ketahun. Salah satunya adalah pembaharuan pada sektor mesin yang kali ini mengandalkan teknologi Injection sebagai sistem bahan bakarnya.

Advertisement

Seperti yang kita sudah ketahui motor injeksi merupakan jenis mesin motor yang menggunakan mesin injeksi pada proses pembakaranya, sehingga tenaga yang dihasilkanya akan lebih meningkat dibandingkan dengan sepeda motor yang masih menggunakan karburator sebagai sistem bahan bakarnya. Lantas bagaimanakah Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok? berikut informasi lengkapnya.

Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok

Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok

Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok

1. Motor mogok karena kehabisan bahan bakar

Penyebab paling sederhana yang membuat motor mogok kita menyadari bahwa motor tersebut kehabisan bahan bakar. Sepeda motor yang kehabisan bahan bakar ini seringkali disebabkan oleh pemiliki kendaraan bermotor yang salah memprediks jumplah bahan bakar yang ditunjukan pada penanda dibagian spedometer. Dan cara memperbaiki motor Injeksi karena permasalahan tersebut adalah dengan mengisi kembali bahan bakar dengan jumplah yang sebaiknya cukup banyak.

Dan setelah motor terisi bahan bakar maka terkadang motor tidak langsung hidup dan membutuhkan beberapa kali proses starter. Dalam menstarter motor tersebut diusahakan hanya menggunakan starter manual saja agar tidak menyebabkan masalah pada starter elektinya nanti. Dengan cara yang satu ini diharapkan motor anda akan segera hidup kembali dan anda bisa langsung menggunakan motor tersebut tanpa kendala apapun.

2. Motor mogok karena Aki tekor

Mungkin untuk hal yang satu ini sering kali luput dari perhatian anda. Ya, aki memang memiliki fungsi yang sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena dengan tidak adanya aki maka motor anda tidak akan hidup. Memperhatikan kondisi aki merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan oleh para pemiliki kedaraan bermotor terutama pada motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi. Pasalnya aki yang bermasalah akan menyebabkan motor mati dan bahkan tidak dapat digunakan.

Aki pada motor injeksi memang sangatlah penting, pasalnya aki pada sepeda motor injeksi digunakan untuk membatu memompa bensi dan menstabilkan arus pada sistem kelistrikan dari sepeda motor serta membatu menstabilkan voltase agar berbagai macam komponen yang membutuhkan listrik tidak cepat mengalami kerusakan. Untuk cara memperbaiki motor injeksi yang berikuitnya adalah dengan selalu mengecek air aki apakah sudah habis ataupun belum.

3. Motor mogok karena fuel pump mati

Fuel pump merupakan salah satu komponen pada motor mesin injeksi yang berfungsi untuk memompa bahan bakar ke injektion yang akan diteruskan ke bagian pembakaran. Adanya kerusakan atau kodisi mati fuel pump dapat menyebabkan bahan bakar tidak terpompa masuk kedalam pembakaran sehingga menyebabkan sepeda motor tidak mempunyai tenaga saat dihidupkan. Untuk mengecek fuel pump berfungsi dengan baik yakni dengan mendengarkan bunyi dengungan yang dihasilkan sesaat setelah kunci motor dalam keadaan On.

Dan jika tidak terdengan bunyi dengungan tersebut maka dapat dipastikan bahwa fuel pump dalam kondisi yang bermasalah. Kerusakan pada fuel pump ini juga merupakan  salah satu penyebab gangguan pada sepda motor. Dan cara memperbaiki motor injeksi akibat masalah pada fuel pump ini cukup rumit, jadi disarankan untuk membawa sepeda motor anda tersebut ke bengkel resmi agar bisa segera diperbaiki oleh teknisi yang sudah benar-benar ahli.

4. Motor mogok karena Busi bermasalah

Salah satu penyebab motor mogok ialah masalah pada busi. Seperti yang kita ketahui busi juga merupakan komponen sepeda motor yang cukup penting, pasalnya busi memiliki tugas dalam memproses penyalaan pembakaran mesin. Selain itu busu juga memiliki peranan vital karen berperan langsung dalam proses pembakaran mesin. Tidak hanya motor dengan teknologi karburasi saja yang mogok karena busi bermsalah, namun motor terbaru dengan teknologi Injeksi juga kerap mengalami masalah pada busi.

Seperti yang kita ketahui penyebab utama busi mati ialah karena adanya pembakaran yang tidak sempurna, timbunan deposit pada ruang pembakaran, atau bahkan kesalahan dalam pemilihan busi ketinga mengganti busi sebelumnya. Dan cara memperbaiki motor injeksi yang bermasalah pada busi ialah dengan mengganti busi dengan yang baru agar menjadi lebih aman dan nyama, selain itu pilihlah busi yang bagus serta awet untuk dipakai dalam jangka panjang.

5. Motor mogok karena kerusakan pada salah satu sensor

Pada sistem Efi, juga menyertakan sensor yang berfungsi untuk mengecek keadaan pada area tertentu. Sensor ini akan mengirim data yang memuat aliran udara dan suhu aliran udara intake. Dan ketika ada kerusakan pada sensor maka akan berefek pada mesin yang hidup tidak sempurna hingga mati. Biasanya masalah ini diawali dengan lampu check engine yang menyala. Untuk mengetahui sensor mana yang mengalami kerusakan anda memerlukan scanner atau anda juga bisa membawanya ke bengkel resmi.

Untuk cara memperbaiki motor injeksi dengan kerusakan pada salah satu sensor lebih baik anda mengganti sensor yang rusak tersebut dengan yang baru agar tidak terjadi kemogokan lagi saat motor berjalan. Dan dalam memperbaiki motor ini disarankan untuk langsung ditangani oleh sang ahlinya agar motor bisa cepat diperbaiki serta bisa nyala kembali seperti sedia kala. Selain itu perawatan pada motor juga perlu diperhatikan agar fungsi komponen-komponen pada motor lebih terjaga.

6. Motor mogok karena terkena air/terjangan banjir

Untuk penyebab motor mogok karena terkena air memang hal yang cukup wajar. Air dapat masuk melalui lubang saringan udara yang bisa menyebabkan mesin motor menjadi mati. Meski saringann udara ini umumnya terlindungi, namun apabila anda menerjang banjir dengan volume air yang tinggi atau pun mencuci motor sembarangan maka air dapat mudah masuk kedalam mesin yang akan menyebabkan mesin motor menjadi mati total.

Dan solusi terbaiknya adalah anda perlu mengeringkan busi dan mengeringkan bagian dalam mesin. Caranya adalah dengan melepas busi motor anda, kemudian pastikan kunci motor pada posisi Off. Nyalakan motor anda dengan cara mengengkolnya hingga beberapa kali, langkah ini bertujuan untuk mengeringkan bagian dalam mesin. Terkahir pasang kembali busi dan nyalakan motor seperti sedia kala.

7. Motor mogok karena CDI

Motor mogok kerena masalah pada CDI, seperti yang kita ketahui CDI merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah sepeda motor. Terlebih pada motor injeksi, CDI berfungsi sebagai proses pengapian pada sistem pebakaran mesin. Dan dengan adanya masalah pada bagian ini menyebabkan pembakaran pada mesin menjadi tidak sempuran, hal ini mengakibatkan tenaga dan power yang dihasilkan juga tidak full sehingga motor menjadi tidak bertenaga.

CDI yang bermasalah umumnya ditandai dengan munculnya suara ledakan-ledakan dari mesin saat sepeda motor digunakan. Jika kondisi ini muncul maka segeralah bawa motor anda ke bengkel motor terdekat agar bisa langsung segera diperbaiki. Dan jika motor tersebut sudah terlanjut mati maka hal yang harus di lakukan adalah dengan mengganti CDI.

8. Tips agar motor tidak gampang mogok :

  • Gunakan bensi beroktan tinggi, ini dikarenakan motor injeksi sangat sensitif terhadap bensin berkualitas buruk.
  • Selalu panaskan motor setiap pagi sebelum melaju, agar aki dapat terisi dengan penuh.
  • Pastikan anda selalu servis motor dengan rutin, minimal 2 kali dalam setahun.
  • Jangan cuci motor sembarangan, agar air tidak masuk kedalam mesin.

Nah itulah beberapa Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok ataupun mati total. Dengan bebera cara tersebut diharapkan motor injeksi anda yang mogok bisa kembali menyala dan bisa digunakan seperti sedia kala. Saat ini motor menjadi kebutuhan setiap orang guna menjadi alat transportasi yang cukup efisien. Harga sebuah motor inipun bervariatif mulai dari puluhan juta rupiah hingga ada yang ratusan juta rupiah.

Baca Juga Informasi Lainnya
Modifikasi Japstyle TerpopulerBerapa Lama Cas Aki Mobil ?

Selain itu motor-motor terbaru saat ini juga sudah mengusung teknologi injeksi sebagai alat pencampur bahan bakar dengan udara. Dengan teknologi ini motor bisa memiliki kemampuaan yang lebih dibandingkan dengan motor-motor yang masih menggunakan teknologi karburator. Selain itu motor dengan teknologi injeksi ini juga dirasa lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan motor yang berteknologi karburasi. Demikian informasi dari kami., semoga bermafaat bagi kalian semua. “SALAM OTOMOTIF”.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement