Fungsi Fuel Pump Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Fungsi Fuel Pump Pada Mobil – Dalam sebuah kendaraan mesin akan bisa bekerja secara maksimal apabila terjadi proses pembakaran yang baik sesuai dengan apa yang memang telah di perhitungkan. Namun tahukah sobat bahwa ternyata pada saat proses pembakaran yang terjadi didalam mesin juga ada beberpa persyaraat yang haru terpenuhi. Salah satunya adalah harus tersedianya bahan bakar yang berupa bensin ataupun solar.

Oleh sebab itu dalam pembuatan sebuah kendaraan hampir setiap pabrikan selalu membuatkan satu wadah khusus untuk menjadi tempat penampungan bahan bakar yang dibutuhkan mesin atau juga bisa di sebuah tangki bahan bakar (fuel tank). Dan biasanya pada kendaraan mobil yang masih mengusung sistem bahan bakar konvensional, biasanya pabrikan yang membuat mobil tersebut selalu meletakan tangki bahan bakar berada di bawah karburator.

Sehingga dalam proses pembakara di ruang bakar yang mengharuskan adanya sebuah BBM membutuhkan pompa bahan bakar atau yang biasa di sebuat dengan “Fuel Pump”. Lalu apa sih sebenarnya fungsi fuel pump dan bagaimana cara kerjanya? sebenarnya jika di logikakan, sama seperti pompa air yang mana ia akan berfugnsi untuk mengalirkan cairan yang akan digunakan dari bawah ke atas tanpa kita harus cape-cape mengangkatnya.

Nah seperti itulah kiranya gambaran fungsi fuel pump atau pompa bahan bakar pada sebuah kendaraan mobil. Menariknya lagi meski untuk saat ini sudah ada sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI), namun fungsi fuel pump tetap masih di butuhkan karena dalam proses pembakarannya, bahan bakar harus memiliki tekanan agar dapat dikabutkan oleh injektor diruang bakar. Untuk lebih jelasnaya bagaimana cara kerja dan fungsi fuel pump pada sebuah mobil berikut kami rangkumpan secara rinci mengenai dua hal tersebut.

Cara Kerja dan Fungsi Fuel Pump Pada Mobil

Fungsi Fuel Pump pada Mobil

Fungsi Fuel Pump pada Mobil

Cara Kerja Fuel Pump (Pompa Bahan Bakar)

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai fungsi fuel pump pada sebuah mobil, mari kita pahami terlebih dahulu cara kerja dari fuel pump atau pompa bahan bakar ini. Sebenarnya prinsip kerja dari pompa bahan bakar baik itu yang mekanis ataupun elektrik adalah sebagai media ntuk menarik bahan bakar yang ada pada tangki penyimpanan bahan bakar untuk kemudian di alirkan pada sebuah sistem bahan bakar yang untuk saat ini baik itu karburator ataupun juga injektor dengan lancar dan tentunya dengan memiliki tekanan udara.

Melihat dari penjelasan diatas, sebenarya cara kerja dari fuel pump sendiri sangatlah simple, hanya saja ada beberapa perbedaan yang ada untuk fuel pump jenis mekanis dan fuel pump jenis elektrik. Dimana untuk jenis elektrik, fuel pump tersebut akan bekerja secara maksimal karena digerakan oleh motor listrik yang terdapat di dalamnya dengan aliran listrik sebagai enegri penggeraknya. Letak dari fuel pump jenis ini juga biasanya berada dekat dengan tangki bahan bakar.

Oleh karena itu, sistem kerja dari fuel pump elektrik ini juga aka mampu mempertahankan setiap volume yang dari bahan bakar sekaligus juga sebagai media untuk mendinginkan pompa. Dengan mengandalkan sistem elektronik untuk bisa bekerja, maka dalam pembuatannya fuel pump jenis elektrik ini sudah di lenadilan sepenuhnya oleh sistem komputer. Hal inilah yang dapat menjadikannya jauh lebih baik di bandngkan dengan tipe mekanis karena rasio bahan bakar, udara, posisi throttle serta kandungan didalam gas buang tetap stabil.

Cara Kerja Fuel Pump

Cara Kerja Fuel Pump

Meski jauh lebih baik bila di bandingkan dengan fuel pump mekanis, yang jelas fungsi fuel pump itu sendiri tetaplah sama. Lalu bagaimana cara kerja dari fuel pump mekanis? untuk yang satu ini biasanya terbagi lagi menjadi dua metode penggunannya atau cara kerjanya yaitu dengan di gerakan menggunakan belt yang tersambung dan terhubgung langsung dengan putaran mesin, dan biasanya metode ini diterapkan untuk mobil bermesin disel.

Sedangkan metode yang satunya adalah dengan memanfaatkan mekanisme camshaft (cam mesin) yang berada pada bagian silinder head di mesin mobil yang kita gunakan. Dan umumnya untuk metode yang kedua ini biasanya di berikan untuk fuel pump atau pompa bahan bakar pada mobil bermesin bensin. Dan untuk cara kerjanya pun sangatlah simple karena pada pompa bahan bakar sudah dilengkapi adanya diafragma karet yang di apit oleh dua bagian serta ditekan menggunakan lengan camshaft elektrik.

Fungsi Fuel Pump (Pompa Bahan Bakar)

Setelah sobat otomotif mengerti bagaimana cara kerja atau prinsip kerja dari Fuel Pump (pompa bahan bakar) pada mobil seperti kami sampaikan diatas, maka ini saatnya untuk kita membahas mengenai fungsi fuel pump pada sebuah kendaraan itu sendiri. Melihat dari cara kerja yang sudah kami sampaikan, bisa di ambil kesimpulan bahwa fungsi pompa bensin pada kendaraan adalah sebagai alat untuk memberi pasokan kepada mesin di ruang bakar ketika tengah terjadinya sistem pembakaran.

Jadi apabila pada sebuah mobil dan fungsi fuel pump yang dibawanya tidak berkerja secara sempurna, biasanya akan mendapatkan banyak masalah. Salah satunya tentu saja pembakaran yang terjadi tidak akan sempurna karena tekanan atau pasokan bahan bakar baik itu bensin ataupun solat kurang memadai diruang bakarnya. Tidak saja hanya sampai disitu, ternyata fungsi lain dari pompa bahan bakar adalah sebagai penjaga tekanan bahan bakar yang keluar agar tetap dakam kondisi yang stabiil.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang MogokKomponen Transmisi Manual

Dan itulah penjelasan mengenai fungsi fuel pump serta cara kerja dari masing-masin jenis pompa air yang ada saat ini untuk beberpa jenis mobil yang ada dipasaran. Dengan adanya banyak sekali komponen yang pada sebuah mobil, maka dari itu tidak ada salahnya sobat juga harus mengerti tentang bagaimana cara kerja sekaligus fungsi fuel pump itu sendiri.

Dan agar kondisinya tetap dalam keadaan yang prima serta sehat, maka sobat juga harus rutin memeriksa kondisinya, yang pasti perawatan yang baik dan benar akan membuat masa pakai fuel pump pada mobil bisa lebih lama. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat. “SALAM OTOMOTIF”