7 Penyebab Aki Mobil Tekor / Rusak dan Solusinya

Advertisement

Penyebab Aki Mobil Tekor – Untuk menghidupkan mesin mobil dibutuhkan aki yang bertugas untuk menyalurkan energi listrik. Jadi apabila aki rusak atau tekor, maka mobil tidak bisa distarter. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya sangat mudah. Kita bisa melakukan jumper menggunakan aki mobil lain atau power bank jumper yang saat ini banyak dijual dipasaran.

Jumper aki memang manjur untuk menghidupkan mesin mobil yang mogok. Namun sering kali daya listrik tetap tak mau tersimpan, sehingga mobil akan kembali mogok ketika dihidupkan. Kami yakin sebagian besar pemilik mobil sudah pernah mengalaminya. Alhasil jalan satu-satunya adalah membeli aki mobil baru yang otomatis membutuhkan biaya cukup besar.

Harga aki mobil berkisar antara 500 ribuan hingga jutaan rupiah tergantung merek serta kapasitasnya. Semakin tinggi kapasitasnya, tentu semakin mahal harganya. Memilih aki mobil baru juga tak boleh sembarangan. Kita harus menyesuaikan kapasitasnya dengan aki sebelumnya yang telah rusak. Sobat juga bisa membeli aki yang kapasitasnya lebih besar, namun harus dalam batas normal.

Advertisement

Membeli aki baru merupakan opsi terakhir untuk mengatasi mobil yang mogok. Namun sebelum memutuskan membeli aki baru, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa yang penyebab aki mobil tekor atau rusak. Hal ini sangat penting agar hal serupa tak terjadi lagi setelah kita membeli aki baru. Nah untuk mengetahui apa saja penyebab aki mobil tekor, silahkan simak dibawah ini.

Penyebab Aki Mobil Tekor / RusakPenyebab Aki Mobil Tekor / Rusak

1. Mobil Jarang Digunakan

Salah satu penyebab aki mobil soak atau rusak adalah karena mobil jarang digunakan. Hal ini disebabkan karena aki tidak mendapatkan suplai kelistrikan yang cukup sehingga membuat kapasitas aki kurang optimal. Oleh karena itulah sobat wajib membawa mobil berpergian paling tidak satu kali seminggu agar asupan listrik ke aki selalu optimal yang otomatis membuat masa pakainya lebih lama.

2. Penggunaan Mobil Yang Terlalu Intens

Penyebab aki mobil tekor lainnya adalah dikarenakan intensitas penggunaan mobil yang tinggi. Mobil yang digunakan secara terus-menerus membutuhkan daya listrik yang besar, sehingga aki bekerja terlalu ekstra yang otomatis akan mengurangi umur pakainya. Semua komponen mobil memang memiliki masa pakai, dan akan cepat rusak apabila dipakai secara terus menerus.

3. Lupa Isi Air Aki

Salah satu kelebihan aki basah adalah bisa diisi ulang sehingga membuat masa pakainya lebih lama dan perawatannya lebih mudah. Namun sering kali pemilik aki basah lupa melakukan pengecekan. Tau-tau air aki sudah habis, sehingga membuat aki tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Apabila hal ini dibiarkan saja maka aki bisa soak, jadi kami sarankan untuk selalu mengecek air aki sebelum berpergian.

4. Kapasitas Aki Mobil Terlalu Kecil

Seperti yang kami sampaikan di atas, kita jangan asal memilih aki. Pastikan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan kelistrikan mobil yang kita miliki. Apabila aki yang digunakan kapasitasnya terlalu kecil maka bisa mengakibatkan over supply yang bisa berakibat usia pakai aki mobil berkurang.

5. Aksesoris Mobil Yang Terlalu Berlebihan

Memodifikasi mobil merupakan salah satu hobi yang mengasyikan. Sering kali pemilik mobil melakukan modifikasi dengan menambahkan audio system tanpa memperhatikan kapasitas aki. Audio System memang membutuhkan daya listrik cukup besar, sehingga kita harus menyesuaikannya dengan kapasitas aki yang digunakan. Apabila hal tersebut dibiarkan saja, maka lama-kelamaan daya aki tersedot habis, sehingga berpontensi merusak aki menjadi tekor atau soak.

6. Penggunaan Lampu Projector

Tak hanya audio system, penggunakan lampu yang tak sesuai standar juga menjadi salah satu penyebab aki mobil tekor. Sebelum memodifikasi mobil dengan menambakan audi system dan lampu projector, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu berapa daya yang dibutuhkan, sehingga kita bisa mengganti aki mobil dengan ampere yang lebih besar agar kebutuhan dayanya sesuai.

7. Usia Aki Terlalu Tua

Semakin bertambahnya usia aki, tentu kemampuan menyimpan dayanya semakin berkurang. Alhasil kitar harus membeli aki baru yang kondisinya masih normal. Setidaknya penggantian aki mobil bisa dilakuakn setiap 2-3 tahun sekali, sehingga mobil bisa terhindar dari mogok dikarenakan tidak bisa distarter.

Baca Juga Informasi Lainnya
Fungsi Fuel Pump Cara Memperbaiki Motor Injeksi

Na itulah beberapa penyebab aki mobil tekor atau rusak. Mungkin selama ini sobat tak memperpedulikan soal aki dan membiarkannya tak diurus. Padahal aki mobil juga harus dirawat agar tetap awet dan terhindar dari soak atau rusak. Sobat bisa mengikuti tips-tips yang kami sampaikan di atas, sehinga nantinya kita tak perlu bolak balik membeli aki baru.┬áMeski begitu aki tetap memiliki usia pakai, jadi dalam beberapa tahun kita tetap harus menggantinya dengan yang baru. “Salam Otomotif”

0/5 (0 Reviews)
Advertisement