Harga BMW R 1200 R dan Spesifikasi Desember 2016

Harga BMW R 1200 R – Pengin tampil gagah dihadapan banyak orang ? ada satu motor BMW yang bakal mendukung sobat untuk lakukan hal itu, yakni BMW R 1200 R. Pada beberapa waktu lalu kami sudah pernah membahas seri diatas motor satu ini, yang menggunakan nama BMW R 1200 RS. Dimana dirinya tampil dengan body jenis Half Fairing. Sedangkan untuk sekarang kami bakal bahas serie “R” tanpa “S”. Perbedaanya terlihat pada bagian body, karena pada moge satu ini tampil dengan desain Naked Street Bike.

Advertisement

Kerennya lagi, sesuai dengan tema yang dibawa oleh BMW R 1200 R, dirinya tampil lebih berotot yang diperlihatkannya melalui rangka tubular tanpa dibalut akan body. Selain itu, untuk menguatkan tampang gagahnya dihadapan para pecinta otomotif. Bagian depan dipasangkan suspensi berukuran ekstra besar jenis up side down berwarna gold untuk varian warna abu-abu dan ban gambot pada bagian depan maupun belakang. Selain mengutamakan penampilan, BMW R 1200 R juga tidak lupa memperhatikan akan dapur pacu.

Meski kelihatannya kubikasi mesin yang digunakan olehnya memiliki ukuran sama dengan serie Scrambler atau tepatnya R Nine T Scrambler yakni sebesar 1170cc. Akan tetapi untuk performa yang dihasilkan jelas jauh berbeda. Selisihnya juga terbilang lumaya, dari 110 HP yang bisa diperoleh Scrambler, sedangkan BMW R 1200 R memperoleh skor lebih tinggi dengan 125 hp. Sehingga bisa kita tarik kesimpulan sementara, jelas disini BMW R 1200 R lebih powerfull ketika mengaspal dijalanan.

Tetapi bila kita compare bersama versi BMW R 1200 RS, power yang dihasilkan oleh varian “R” ini terbilang sama, begitu pula untuk teknologi yang digunakan olehya. Sehingga buat sobat otomotif yang pengen bawa pulang ini motor, tak perlu ragukan lagi akan kemampuan yang dimilikinya, yang tentunya akan memberikan sensasi jauh lebih seru dijalanan. Selanjutnya di sektor lain, lebih detail plus jelas, sobat bisa simak ulasan yang telah kami buat dalam Spesifikasi dan Harga BMW R 1200 R dibawah ini.

Spesifikasi dan Harga BMW R 1200 R

Spesifikasi dan Harga BMW R 1200 R

Spesifikasi dan Harga BMW R 1200 R

Spesifikasi BMW R 1200 R

Mesin
  • Tipe mesin : 4-stroke in-line 6-cylinder engine, two overhead camshafts, four valves per cylinder
  • Kapasitas mesin : 1,649 cc
  • Sistem Pendingin : Oil-/watercooled
  • Diameter X Langkah : 72 mm x 67.5 mm
  • Perbandingan Kompresi : 12.2:1
  • Max power : 118 kW (160 hp) / 7,750 rpm
  • Max Torsi : 175 Nm / 5,250 rpm
  • Sistem transmisi : 6-speed, helical, gearbox
  • Tipe kopling : Multiple-disc clutch in oil bath
  • Engine management : Electronic intake pipe injection
  • Emisi : Closed-loop 3-way catalytic converter, emission standard EU-3
Dimensi
  • Panjang : 2,489mm
  • Lebar : 1,000 mm
  • Tinggi : 1,465 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.720 mm
  • Tinggi tempat duduk : 750 mm
  • Berat kosong : 360 kg
  • Kapasitas bahan bakar : 26.5 liter
Rangka
  • Tipe Frame : Bridge-type frame, cast aluminium, load-bearing engine
  • Suspensi Depan : BMW Motorrad Duolever; central spring strut
  • Suspensi Belakang : BMW Motorrad Paralever
  • Rem Depan : Dual disc brake, diameter 320 mm, 4-piston fixed calipers
  • Rem belakang : Single disc brake, diameter 320 mm, double-piston caliper
  • Rim Depan : 3.50 x 17″
  • Rim Belakang : 6.00 x 17″
  • Roda Depan : 120/70 ZR 17
  • Roda Belakang : 190/55 ZR 17
Kelistrikan
  • Alternator : three-phase alternator 580 W
  • Batteray : 12 V / 19 Ah, maintenance-free
Review BMW R 1200 R

Review BMW R 1200 R

Desain dan Dimensi

Advertisement

Seperti yang sempat kami katakan disela-sela pembukaan, BMW R 1200 R tampil dalam konsep naked street bike yang lebih menonjolkan bagian rangka dibanding bagian body. Kemudian lebih menguatkan akan konsep yang dibawanya, handle bar dbuat dalam ukuran cukup panjang, tempat bahan bakar atau biasa disebut sebagai Tangki BBM dibuat dalam ukuran cukup besar dengan daya tampung 18 Liter, serta tempat duduk / jok dibuat lebih rendah. Dengan adanya hal demikian, tentunya mau tidak mau, posisi riding BMW R 1200 R akan memaksa pengendaranya untuk lebih tegap.

Sementara di posis pembonceng, jok terpisah dan lebih tinggi dibanding pengemudi dibentuk oleh BMW terhadap moge milknya ini. Dan tidak ketinggalan behel bergaya tanduk ditempatkan pada bagian belakang, yang bukan hanya berfungsi sebagai pegangan pembonceng, juga akan sangat mempantu ketika kita akan memasangkan paddock pada motor. Kembali lagi ke bagian depan, ada beberapa yang ketinggalan, muali dari bagian head lammp dibentuk dalam tampilan lebih gagah dengan lampu sein desain strip ditempatkan pada bagian atasnya, lalu ada pula speedometer dengan tingkat akurasi tinggi serta user friendly, yang disajikan dalam tampilan analog + digital.

Kemudian menyingkap akan dimensi tubuh dari BMW R 1200 R, bisa dikatakan cukup besar, apalagi mesin yang di usungnya jelas lebih dari 1000, dan itu dibuktikannya dengan ukuran panjang tubuhnya yang emncapai 2165mm, lebar 880mm, dan tinggi keseluruhan 1300mm. Meski demikian, apabila sobat senagai pengendara bertubuh pendek minimal 160 cm, masih bisa kok mengendarai motor garapn BMW dengan nyaman, pasalnya untuk tinggi jok pengendara hanyalah setinggi 790mm. Sedangkan untuk urusan berat, BMW R 1200 R cukup lumayan dengan berat kosong 231 kg.

Performa Mesin

Advertisement

Menyoal akan dapur pacu yang ada pada BMW R 1200 R terbilang gahar dan super mantabs. Apalagi dengan dibekalkannya mesin tipe 4 tak, 2 silinder berdesain flat, dan one balance shaft, serta menggunakan pendinginan mesin udara + liquid cooled, yang memiliki kubikasi sebesar 1170cc. Tak hanya itu saja, untuk memaksimalkan performa yang ada, pihak BMW mensetting bagian bore x stroke dalam ukuran 101 mm x 73 mm dan menggunakan rasio kompresi dengan perbandingan 12.5 : 1. Adanya hal demikian, tentunya moge Naked satu ini dapat menghasilkan power begitu besar.

Dirinya mampu menghasilkan power sebesar 125 hp pada oputaran mesin 7750rpm dan torsi maksimum 125 Nm pada 6500rpm, dimana dengan demikian, sobat bisa mendapatkan top speed lebih dari 200 km/jam hanya dalam hitungan detik saja. Lalu pada handling BMW R 1200 R, dapat terbilang sangat enak dan mantap, plus smooth, yang akan menjamin kenyamanan dari penggunanya menjadi lebih. Kemudian untuk konsumsi bahan bakar, memang si power yang diperoleh dari bagian dapur pacu sangatlah besar, tetapi sobat otomotif tak perlu khawatirkan hal itu. Dikarenakan BMW menyematkan teknologi Electronic intake pipe injection.

Berkat teknolologi tersebut, tak hanya membuatnya lebih ramah terhadap lingkungan, tetapi sekaligus membuat dirinya lolos uji emisi Euro 3. Bahkan dalam pengujian yang dilakukan oleh BMW, menhasilkan estimasi pemakaian bahan bakat yang cukup mengejutkan. Pasalnya untuk menempuh jarak 100 km/jam, sobat hanya memerlukan BBM sebanyak 3.9 liter bila berada pada kecepatan 90 km/jam. Tapi, bila sobat memacu motor hingga kecepatan 120 km/jam untuk menempuh jarak yang sama yakni 100 km/jam, paling tidak sobat butuh BBM sebanyak 5.4 liter. Menurut sobat, bagaiaman akan konsumsi BBM dari BMW R 1200 R ? irit bukan?

Desainn BMW R 1200 R

Desainn BMW R 1200 R

Suspensi dan Frame

Tampang garang yang dimilikinya sebenarnya bukan hanya berasal dari besarnya mesin maupun headlam yang dimiliki olehnya, tetapi lebih dikarenakan penggunaan suspensi up side down dengan diameter ekstra besar mencapai 45 mm. Lalu pindah ke bagian belakang, menampilkan ciri khas Moge Garapan BMW dan menyesuaikan akan Harga BMW R 1200 R yang tidaklah murah, membuatnya diberikan single sided swing arm berbahan dasar aluminium. Dan tak ketinggalan, lebih memaksimalkan akan fungsionalitasnya, suspensi hidrolik diberikan oleh BMW terhadapa 1200 R ini, degan daya redam tinggi dikelasnya.

Eitsss, tapi jangan salah, biarpun alumunium, tetapi untuk ketahanannya jelas sangatlah kuat. Apalagi dipadukannya bersama rangka tubular yang menonjol keluar bak otot begitu kuat. Adanya hal demikian membuat perjalanan terasa nyaman dan stabil meskipun menempuh jarakan hingga ribuan kilometer. Kemudian sebagai penopang inti dari tubuh R 1200 R, BMW membalut velg racing miliknya dengan ban gambot dengan ukuran besar 120/70 ZR 17 (Depan) dan belakang menggunakan ukuran 180/55 ZR 17. Dan perlu diketahui, jarak sumbu roda BMW R 1200 R memiliki jarak 1511 mm, jadi untuk menikung tajam pada saat berhenti atau berada pada posisi gang sempit, kemungkinan besar sobat haruslah memiliki teknik tersendiri agar lebih mudah ketika mengarahkan motor sesuai dengan kehendak secara mudah.

Fitur unggulan

Ada banyak fitur unggulan yang suadah satu persatu kami jelaskan di atas. Lantas belumlah membuat BMW puas dengan apa yang dibuatnya, terbukti produsen otomotif asal jerman ini melengkapi kedua kakinya dengan Dual disc brake berdiameter 320mm piston radial yang terbagi ada dua bagian (kanan dan kiri), dan disc brake 276mm lengkap bersama double piston floatng caliper. Tentunya dengan demikian sobat dapat melakukan pengereman secara maksimal diberbagai kondisi yang ada dilapangan.

Menariknya lagi, guna membuat lebih akan pengereman yang di usung oleh BMW R 1200 R, pihaknya tampak menempatkan BMW Motorrad Integral ABS (part-integral) atau sering kali dikatakan rem ABS, Dengan begitu, sobat otomotif sebagi pengguna dapat melakukan pengereman secara mendadak, sekalipun berada pada kecepatan tinggi maupun ketika berada pada posisi menikung tajam, sobat otomotif sebagai pengguna akan terp merasakan nyaman berlebih ketika menggunakan BMW R 1200 R.

Harga BMW R 1200 R

Harga BMW R 1200 R

Daftar Harga BMW R 1200 R

Harga BMW R 1200 R Baru
  • Rp634.000.000,-
Harga BMW R 1200 R Terbaru

Note : 

  • Harga BMW R 1200 R diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Harga BMW R 1200 R dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu
  • Dan di setiap daerah memiliki harga Harga BMW R 1200 R yang berbeda-beda

Performa yang dihasilkan dari dalam dapur pacu BMW R 1200 R, boleh dikatakan sangatlah memuaskan dan berhasil memukau para pecinta otomtif yang melihatnya. Apalagi dengan ditanamkannya teknologi terkini pada bagian dapur pacu, menjadikan tenaga yang bakal sobat peroleh begitu powerfull. Tapi untungnya disini, berkat adanya sistem suplaibahan bakar berupa fuel injeksi, menjadikan moge besutan BMW ini mampu menekan pemakaian bahan bakar menjadi jauh lebih irit atau dengan kata lain ramah dengan BBM.

Baca juga : Harga BMW K 1600 GTL EXCLUSIVE

Kemudian di sektor keamanan, BMW telah tambahkan BMW Motorrad Integral ABS (part-integral), yang dengan jelas dapat menghentikan laju kendaraan secara sempurna plus aman sekalipun mendadak. Maka wajar-wajar saja jika nantinya Harga BMW R 1200 R dipatok pada angka jual tinggi yang mencapai Rp.635 jutaan. Masihkah tertarik dengan moge BMW ini ? atau malah setelah mendengarkan ulasan serta Harga BMW R 1200 R yang kami cantumkan diatas, malah justru membuat sobat otomotif semakin ingin memilikinya secara utuh ? Tapi over all, jika menginginkananya, sebaiknya sediakan bduget banyak terlebih dahulu, karena Harga BMW R 1200 R itu tidaklah murah.

Advertisement

Advertisement