Fungsi Power Steering Pada Mobil Terbaru 2019

Advertisement

Fungsi Power Steering Pada Mobil 2019 – Bagi anda para penggemar otomotif dan memiliki sebuah kendaraan rod empat atau biasa disebut dengan mobil, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata-kata Power Steering. Akan tetapi bagi anda yang tidak mengenal dunia otomotif, mendengar nama Power Steering pasti akan bertanya-tanya apa sih Power Steering itu ? dan apa sih fungsi dari power steerin ? Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasanya berikut ini.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai fungsi dari power steering, ada baiknya kita cari tahu dahulu apa itu power steering ? Power steering adalah sebuah alat ataupun komponen yang di pergunakan di sistem kemudi untuk meringankan putaran kemudi supaya lebih mudah saat di kemudikan. Didalam industri otomotif memang ada beberapa jenis power steering yang sering digunakan dalam sebuah kendaraan mobil dan berikut adalah beberapa jenis dan fungsi poer steering.

Fungsi Power Steering Pada Mobil

Fungsi Power Steering Pada Mobil

Fungsi Power Steering Pada Mobil

Power steering merupakan salah satu komponen sisitem kemudi pada mobil yang memiliki fungsi untuk memberikan kemudahn serta meringankan beban pada sistem kemudi. Dengan andanya sistem poer steeering ini kalian jadi lebih mudah dalam memarkiran sebuah mobil karena stir yang anda kendalikan akan menjadi terasa lebih ringan dibandingkan dengan sebuah mobil yang belum menggunakan sistem power steering.

Advertisement

Saat ini sistem power steering memang sudah mulai digunakan oleh kendaraan-kendaraan kecil seperti mobil-mobil MPV, SUV, Sedan dan mobil-mobil jenis kendaraan pick up. Dengan adanya sistem ini akan membuat mobil yang anda kendaraai akan menjadi lebih mudah untuk di kendalikan. Nah, Power steering ini juga memiliki beberapa jenis, fungi serta cara kerjanya, untuk lebih lengkapnya lagi mari kita simak penjelasanya dibawah ini.

1. Jenis Power Steering

Untuk jenis power steering ada dua jenis power steering yang ada saat ini yang pertama adalah power steering elektrik dan power steering Hidrolis. Kedua jenis power steering ini memiliki fungsi dan cara kerja yang sama. Hanya saja untuk power steering elektrik bekerja menggunakan motor listrik dan untuk power steering Hidrolis menggunakan tekanan fluid. Dan berikut pengertian power steering elektrik dan hidrolis.

  • Power steering elektrik adalah sebuah jenis power steering yang bekerja menggunakan motor listrik, jenis ini banyak digunakan pada mobil-mobil terbaru saat ini seperti Suzuki karimun, Honda Jazz dan Toyota yaris.
  • Power steering hidrolis adalah sebuah jenis power steering yang bekerja menggunakan tekanan fluid, untuk jenis power steering ini banyak digunakan oleh mobil-mobil seperti toyota kijang, Isuzu panter dan beberapa kendaraan jenis truk.

2. Fungsi Power Steering

Itulah beberapa jenis power steering yang bisa kalian ketahui, kemudian untuk fungsinya sebagai mana sudah kami jelaskan diatas bahwa fungsi secara sederhana adalah untuk meringankan sistem kemudi. Dan perlu kalian ketahui Power steering ini terbagi menjadi beberapa komponen yang akan membuat kinerja sistem power steering ini berjalan sesuai dengan fungisnya dan berikut adalah beberapa komponen pada power sterring.

  • Pompa berfungsi untuk memberikan tekanan pada fluida keseluruh rangkaian power steering.
  • Reserfoir mempunytai fungsi sebagai wadah cadangan oil didalam komponen ini.
  • Katup pengatur berfungsi untuk mengatur sirkulasi aliran oil sesuain arah.
  • Silinder tenaga berfungsi untuk menyalurkan aliran oil ke long tea rod yang menyesuaikan arah kemudi.

Itulah beberapa komponen yang ada pada sistem power steering. dengan adanya komponen-komponen tersebut maka kinerja power steering akan menjadi lebih baik dan berfungsi sebagai mana fungsinya. Power steering sendiri akan bekerja dengan baik jika aliran oil pada komonen ini berjalan dengan lancar, jadi kami sarankan agar kalian lebih memperhatikan dan selalu mengecek oil yang berada pada wadah oil pad komponen ini.

3. Cara Kerja Power Steering

Setelah menjelaskan mengenai jenis dan fungsi power steering, selanjutnya yang kami akan bahas yakni cara kerja power steering tersebut. Pada dasarnya cara kerja power steering ini sangat sederhanadan simple, dimana fluida berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain dan akan menyebabkan pergesaran kedudukan gigi pada sistem roda gigi atau transmisi kemudi. Dan karena pergeseran inilah yang akan menggerakan roda ke arah kanan atau kiri sesuai keinginan pengemudi.

Dan yang sering menjadi pertanyaan pemilik mobil adalah ? terus bagaimana dengan mobil yang tidak dibekali dengan power steering namun ingin menggunakan power steering pada sistem kemudinya. Jawabanya yakni sobat tinggal memasang power steering yang sesuai dengan sistem kemudi mobil anda. Dan untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa langsung datang kebengkel mobil untuk menanyakan dan berkonsultasi dengan mekanik mengenai pemasangan power steering pada sistem kemudi mobil kalian.

Baca Juga Informasi Lainnya
Fungsi Radiator Cara Over Kredit Mobil

Nah guys, mungkin itusaja yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua mengenai Fungsi power steering berserta cara kerjanya dan jenis-jenis power steering. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa menambah wawasan anda di dunia otomotif dalam negri, sehingga kalian bisa mengetahui betapa serunya perkembangan dunia otomotif saat ini. Demikian ulasan dari kami semoga bermanfaat bagi kalian semua dan “SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (1 Review)
Advertisement