Fungsi Radiator Pada Mobil Dan Cara Kerjanya 2019

Advertisement

Fungsi Radiator Pada Mobil 2019 – Hai guys, setelah kita membahas beberepa komponen penting pada sepeda motor kali ini kita akan membahas fungis radiator pada mobil. Nah, sebagai pemiliki kendaraan khususnya mobil atau kendaraan roda 4 pastinya kita tak asing lagi dengan komponen mobil yang memiliki nama Radiator. Apa sih radiator itu ? Radiator adalah alat pengikur panas yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainya yang tujuanya untuk mendinginkan ataupun memanaskan.

Radiator yang kita kenal umumnya digunakan pada kendaraan bermotor yakni roda dua maupun roda empat. Namun tidak jarang radiator juga digunakan pada mesin yang memerlukan pendimginan esktra. Seperti pada mesin produksi atau mesin-mesin lain yang bekerja dalam kondisi berat atau lama. Nah, pada kendaraan bermotor maupun mobil radiator biasanya teletak pada bagian depan dan berada didekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi sistem pendingin.

Seperti namanya sistem ini bertujuan untuk mendinginkan suhu pada kendaraan motor maupun mobil yang sedang meninggi. Dengan kata kalian radiator mampu menjaga kestabilan suhu pada mesin motor maupun mobil anda. Selain memalui radiator anda juga bisa menggunkan cara untuk menjaga ketabilan suhu mesin pada kendaraan anda yang lainya. Nah, di dunia otomotif ada tiga macam sistem pendinginan yakni sistem pendingin dengan oil, sistem pendingin dengan udara dan sistem pendingin dengan air.

Advertisement

Namun yang umum dan sering kita jumpai pada mobil ataupun motor masa kini, sistem pendingin yang digunakan adalah sistem pendingin dengan air. Dan salah satu komponen yang berperan penting bagi sistem pendingin adalah Radiator. Dan seperti yang kita ketahui radiator berfungsi untuk menurunkan suhu cairan pendingin ketika suhunya sedang tinggi melewati water jacket. Nah ingin tau lebih lengkap mengenai fungi radiator pada mobil berikut informasi lengkapnya.

Fungsi Radiator Pada Mobil

Fungsi Radiator Pada Mobil

Fungsi Radiator Pada Mobil

1. Fungsi Radiator Pada Mobil

Komponen radiator sangatlah penting untuk mewujudakn fungsi radiator. Radiator sendiri tersusun dalam 5 bagian yakni upper tank, reservior tank, radiatore core, lower tank dan drain. Dan semua komponen radiator tersebut bekerja sama untuk mendinginkan mesin. Upper tank biasanya berada dibagian atas radiator. Fungsi dari upper tank sediri adalah sebagai jalan masuk dan menampung air pendingin sebelum masuk kepusat radiator.

Upper tank sendiri terdiri dari dua bagian yaitu tutup radiator dan saluran reversior. Tutup radiator berguna untuk mengendalikan suhu air, melalui tutup radiator jugalah anda bisa menuangkan air radiator. Sementara itu saluran reversior berguna untuk meneruskan air radiator ke reversior tank jika pada cooling terjadi kelebihan tekanan. Seperti yang kalian ketahui pusat radiator terdiri dari beberapa pipa yang bentuknya pipih dan memanjang.

Dengan desain pipa yang pipih maka proses pelepasan panas akan terjadi secara cepat. Dan dengan diameter yang kecil juga akan memperlambat aliran air dari atas kebawah supaya suhunya bisa didinginkan secara merata. Pipa-pipa ini menghubungkan antara upper tank hingga lower tank. Jumplahnya juga cukup banyak dan cukup untuk menampung air pendingin. Ada tiga jenis pusat radiator yakni corrugated fin type, plate fin type dan horrison type.

Untuk komponen yang ketiga adalah sirip pendingin. Sirip-sirip ini dituruh disela pusat radiator, dan biasanya juga berbentuk zig-zag agar proses pelepasan panas pada air terjadi lebih cepat. Air pendingin yang suhunya masih tinggi dialirkan lewat sirip pendingin radiator. Dan suhu panas tersebut akan dibuang ke udara sehingga airnya dingin. Dan yang keempat ada lower tank, komponen ini menjadi salah satu pendukung fungsi radiator pada mobil, ini bertujuan menampun air dingin yang telah diproses pada pusat radiator.

Dan dibawah lower tank ada pipa air yang berguna untuk menyalurkan air yang telah didinginkan kemesin-mesin mobil. Nah guys, reversior tank merupakan salah satu komponen yang mendukung fungsi radiator pada mobil. Seperti yang dijelaskan diatas fungsi reversior tank adalah untuk menampung air radiator. Dan itulah beberapa fungis radiator pada mobil yang harus kalian ketahui agar kalian bisa tau berapa pentingnya radiator pada sebuah kendaraan.

2. Cara Kerja Radiator Pada Mobil

Selain mengetahui fungsi radiator pada mobil, kalian juga harus mengetahui dan memahami cara kerja radiator agar agar bisa memahami fungsi radiator sepenuhnya. Cara kerjanya yakni mendinginkanm air panas yang datang ke upper tank dan mendinginkannya di pipa-pipa radiator lalu disalurkan lagi melalui lower tank. Sebenarnya cara kerja radiator ini tidak jauh berbeda dengan penertian dan prinsip sirkulasi pada umumnya.

Meskipun begitu anda perlu memahami proses kerja yang lebih detail. Air bersuhu tinggi dari mobil masuk ke upper tank, kemudian air bersuhu tinggi masuk ke radiator untuk didinginkan dengan bantuan kipas radiator. Panasnya dilepas melalui tiupan angin sirip-sirip radiator. Air yang sudah dingin turun menuju ke lower tank, dan saat thermostat mesin sudah terbuka air sudah diap untuk mengalirkan mesin-mesin yang sedang bekerja.

Setelah anda membaca fungsi radiator pada mobil, tentu anda akan menyadari bahwa pentingnya radiator untuk mendinginkan mesin, mencegah overheat dan mencegah mobil mogok. Bicara temperatur suhu mobil yang naik, temperatur suhu mobil naik saat tanjakan juga patut anda ketahui. Dan jika radiator tidak berfungsi dengan baik airnya habis, terjadi kebocoran dan bercampurnya air dengan oil, maka anda harus siap terjadi kemungkinan buruk pada mobil anda.

Seperti mobil yang overheat karena mesin terlalu panas dan mogok. Overheat mengakibatkan mobil berpotensi turun mesin dan untuk memahami overheat anda perlu tau ciri-ciri mobil overheating dan penyebab mesin mobil cepat panas. Biaya untuk turun mesin memang tidaklah murah dan prosesnya pun memakan waktu yang cukup lama. Karena itu rutinlah dalam mengecek serta merawat kondisi radiator mobil anda secara berkala agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan ketika anda sedang mengenendarai mobil tersebut.

Baca Juga Informasi Lainnya
Pilihan Warna R15 V3 Fungsi GearBox Motor

Demikian informasi mengenai fungsi radiator pada mobil dan cara kerjanya. Semoga setelah anda membaca ulasan ini anda akan lebih rutin dalam merawat mobil anda terutama untuk mengecek radiator mobil anda. Hal ini mengingat sangat penting sekali fungsi dari radiator mobil, karena radiator bocor maupun adanya kerusakan pada radiator yang membuat air pada radiator bercampur dengan oil akan mengakibatkan mesin overheat dan anda juga harus turun mesin. “SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (2 Reviews)
Advertisement