Cara Inreyen Yang Baik dan Benar Pada Motor Baru

Cara Inreyen Yang Baik – Nah, sob apakah kalian baru saja membeli motor baru? Dan apakah kalian bingung saat menggunakan motor baru? Hal ini pastinya selalu terjadi ketika kita memiliki motor baru. Namun kalian jangan kawatir karena ada beberapa Tips dan Cara menggunakan motor baru anda supaya motor bisa awet serta tahan lama. Nah pada masa motor baru tersebut biasa di sebut dengan masa Inreyen, pertanyaanya adalah Bagaimana cara inreyen yang baik dan benar? agar motor siap dikendarai tanpa mengalami kendala apapun serta awet.

Advertisement

Sebelum kita lanjut kepembahasan berikutnya kami akan terangka sedikit perngertian dari Masa Inreyen. Masa Inreyen atau yang disebut dengan masa Break-in adalah masa dimana komponen-komponen mesin motor sedang dalam masa penyusuaian. Pada masa tersebut bukan hanya bertujuan untuk membiasakan diri anda untuk mengendarai motor baru anda. Akan tetapi pada masa ini juga bertujuan agara komponen-komponen bagian dalam motor beradaptasi guna menguji kualitas dan kemampauanya dalam menunjang sarana transportasi anda.

Pada masa Inreyen memang sangat pentaing sekali untuk sebuah motor baru, karena pada dasarnya masa inreyen pada motor baru itu lebih mengarah kepada proses adaptasi komponen motor sebelum layak dan aman untuk digunakan. Sementara itu pentingnya masa inreyen pada motor baru adalah meskipun motor baru anda sudah mengalami proses pengujian yang ketat dipabrik, namun setiap produk yang mereka hasilkan belum tentu sepenuhnya langsung bisa digunakan tanpa melakukan pengujian lebih lanjut oleh penggunanya.

Selain itu hal tersebut dimaksudkan agar motor baru anda pada nantinya akan menjadi lebih awet serta komponen-komponen pada bagian dalam mesin motor baru anda akan berfungsi dengan baik dan bekerja sebagai mana mestinya sehingga perfoma motor baru anda bisa menjadi optimal. Nah kali ini ada beberapa Tips ataupun cara inreyen yang baik dan benar pada motor baru anda, mungkin dengan informasi ini akan membatu anda dalam mereyen motor baru anda agar menjadi lebih optimal serta awet. Berikut ulasanya.

Cara Inreyen Yang Baik dan Benar Pada Motor Baru

Cara Inreyen Yang Baik dan Benar Pada Motor Baru

Cara Inreyen Yang Baik dan Benar Pada Motor Baru

1. Tidak Memperlakukan Motor Secara Ektrim

Advertisement

Dalam melakukan inreyen yang baik dan benar pada motor baru anda usahakan untuk tidak memperlakukan motor secara extrem pada saat 500 Km pertama. Seperti menekan tuas gas secara penuh saat melakukan start, berkendara dengan kecepatan tinggi, dan melakukan pengereman secara mendadak. Sementara itu kesalahan penggunaan motor baru anda hanya akan berakiabat komponen yang terbentuk akiabat gesekan ataupun tumbukan tidak akan bekerja secara optimal.

2. Atur Putaran Mesin Secara Teratur

Untuk menjaga motor anda tetap awet, dalam melakukan inreyen yang baik dan benar anda harus memperhatikan cara menagtur putaran mesin. Melakun putaran mesin secara baik dan benar akan menjaga mesin anda dari hal-hal fatal yang berakibat mesin cepat rusak. Untuk itu anda haru benar-benar memeperhatikan pengendalian RPM motor anda di angka yang stabil dan tidak melebihi batas aturan yang dianjurkan pada buku pedoman. Selain itu memaksa motor anda untuk melaju dengan kecepatan tinggi sejak awal digunakan hanya akan memperpendek usia komponen-komponen pada motor baru anda.

3. Hidari Berjalan di Jalanan Yang Extrime

Advertisement

Mnehindari jalanan Extrem adalah salah satu cara inreyen yang baik dan benar pada motor baru anda. Terutama ialah menhindari berkendara secara extrime di jalan ataupun disaat kondisi jalan yang besah dan licin. Hal tersebut disebabkan ban motor baru anda masih mengalami proses adaptasi, sehingga grip yang dihasilkan dijalanan yang masih belum optimal dan beresiko mengalami slip pada motor baru anda. Apa lagi disaat kondisi jalanan yang basah dan licin, jadi sebisa mungkin hindarkan motor baru anda berjalan dikondisi jalanan yang extrime.

4. Hindarkan Motor Baru Anda Mengangkut Beban Yang Berat

Hal tersebut disebabkan karena komponen-komponen pada motor baru anda masih dalam keadaan proses adaptasi, sehingga melakukan inreyen dengan cara inreyen yang baik dan benar harus benar-benar dilakukan agar motor baru anda tetap awet dan tahan lama. Memberikan beban secara berlebihan pada motor baru anda hanya akan memperpendek usia komponen-komponen motor terutama pada sektor suspensi. Dengan memberikan beban secara berlebihan pada motor baru anda dimungkinkan suspensi pada motor anda akan menjadi cepat lembek dan rusak.

5. Mengganti Oil Motor Secara Teratur

Segeralah mengganti Oil pada motor baru anda dengan yang beru setelah menempuh jarak sekitar 1.000 Km pertama atau 2 bulan setelah motor baru digunakan. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa partikel yang disebabkan karena gesekan antar komponen seperti serpihan logam pembentuk komponen dapat larut dan dibuang bersamaan oil bawaan motor anda. Selain itu jangan ragu untuk menguras oil pada motor baru anda meskipun jarak tempuh motor baru anda belum begitu jauh.

6. Patuhi Setiap Pedoman Yang Terdapat Pada Buku Pandauan

Mematuhi setiap pedoman yang terdapat pada buku panduan motor baru anda merupakan salah satu cara inreyen yang baik dan benar pada motor baru anda. Karena mesikpun motor baru anda tekah teruji kulaitasnya dengan baik oleh pihak pabrik, namun pada akhirnya andalah yang harus menguji perfoma motor baru anda sejak pertama digunakan.  Hal ini bertujuan agar anda bisa mengetahui secara benar kualitas motor baru anda dan anda juga harus merawat motor baru anda dengan benar agar tetap awet dan bertenaga.

7. Membiasakan Anda Dengan Motor Baru Anda Sendiri

Cara inreyen yang baik yang terakhir adalah dengan membisakan diri anda dengan motor baru anda sendiri bertujuan agar anda bisa memahami karakter motor baru anda, sehingga anda akan lebih tahu dengan kualitas kendaraan anda di kondisi maupun medan apapun. Dalam hal ini, masa inreyen bukan hanya berlaku pada motor baru anda saja, akan tetapi pengendara juga harus beradaptasi dengan motor baru anda guna mencagah resiko kelalaian si pengendara. Sementara itu seperti yang kita ketahui, setiap jenis motor pasti memiliki perbedaan antara jarak stang motor dan jok motornya sehingga akan sangat mempengaruhi handling yang dihasilka  terutama saat berbelok dan meliuk-liuk dijalanan.

Baca Juga : 4 Motor 2-Tak Terbaik di Indonesia

Nah sobat otomotif diatas merupakan beberapa Tips dan cara inreyen yang baik dan benar pads motor baru anda. Melakuakn inreyen dengan cara yang baik dan benar akan memberikan perfoma yang baik pada motor baru anda. Selain itu komponen-komponen dalam motor juga akan menjadi awet tahan lama jika digunakan dalam waktu dan jarak yang panjang. Meskipun pihak pabrik telah menguji kualitas produk motornya dengan baik namun untuk perfoma motor serta keawetan motor namun anda sendirilah yang akan menguji perfoma motor dan merawat motor agar tetap awet dan bertenaga. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi anda semua. “SALAM OTOMOTIF”.

Advertisement

Advertisement