7 Tips Membeli Mobil Bekas Taksi Murah dan Terbaik

Tips Membeli Mobil Bekas Taksi – Hampir setiap lima tahun sekali perusahaan Taksi mengganti armadanya dengan mobil baru. Inilah kesempatan bagi sobat otomotif yang mencari mobil mewah dengan harga murah, karena rata-rata perusahaan Taksi menjual mobil bekas dengan harga sangat murah. Harganya tergantung dari tipe mobil dan tahun produksinya, namun rata-rata dibanderol antara 70 Jutaan sampai 85 Jutaan. Bahkan untuk tipe mobil yang kurang populer, seperti Kia Rio dan Nissan Sunny dibanderol dengan harga juah lebih murah.

Advertisement

Rata-rata mobil bekas Taksi baru berumur 5 tahun sampai 6 tahun. Umur tersebut tergolong sangat mudah untuk ukuran mobil bekas. Namun sobat harus hati-hati, karena tak semua mobil bekas Taksi memiliki kondisi mesin yang baik. Pasalnya, mobil ini sudah melewati ratusan kilometer dan sering kali harus menerjang kondisi banjir yang otomatis akan mempengaruhi kinerja mesin serta berbagai sektor lainnya, seperti kaki-kaki, suspensi, sasis, dan bagian interior.

Namun harga mobil bekas Taksi yang dibanderol sangat murah membuat mobil ini tetap laris manis diminat konsumen tanah air. Harganya bisa setengahnya mobil baru, dan desainnya tetap keren layaknya mobil baru. Pasalnya setiap mobil bekas Taksi telah melawati beragam restorasi, seperti pengecetan ulang, upgrade velg, hingga penambahan bumper dan bodi kit. Alhasil tampilannya tetap terlihat keren dan tidak menunjukan mobil bekas Taksi yang telah melewati ratusan ribu kilometer.

Tak hanya disuguhkan desain keren, para peminat mobil bekas Taksi juga diberikan kemudahan pembayar secara kredit ataupun cash. Selain itu, tersedia pula beragam tipe mobil mewah yang bisa dipilih sesuai budget yang sobat miliki. Bahkan mobil mewah sekelas Mercedes Benz, Toyota Vellfire, Camry, Honda Accord, Honda CRV, dan Toyota Alphard juga dijual secara bebas dengan membawa Plat Hitam. Namun sebelum sobat membeli mobil bekas Taksi Blue Bird ataupun perusahaan Taksi lainnya, silahkan simak tips membeli Mobil Bekas Taksi berikut ini.

Tips Membeli Mobil Bekas Taksi 

Tips Membeli Mobil Bekas Taksi

Tips Membeli Mobil Bekas Taksi

1. Jangan Terlena Harga Murah

Harga mobil bekas Taksi memang sangat murah, namun hal ini jangan sampai membuat sobat otomotif terlena. Pasalnya, harga mobil bekas Taksi akan mempengaruhi kondisi mobil yang sobat beli. Semakin mahal harganya tentu kondisinya semakin prima dan sobat akan mendapatkan mobil bekas dengan tahun produksi lebih muda. Selain itu, sobat juga harus menyiapkan uang lebih apabila nantinya ingin memodifikasi mobil yang sobat beli, karena rata-rata tampilan mobil bekas terlihat apa adanya, meski sudah melewati berbagai restorasi dari pihak penjualnya.

Advertisement

2. Pilih Perusahaan Yang Punya Reputasi Baik

Ada banyak sekali perusahaan Taksi di Indonesia, seperti Blue Bird, Silver Bird, Gamya, Kosti, Express, dan lain-lain. Setiap perusahaan tentu memiliki metode perawatan berbeda-beda terhadap armada Taksi miliknya. Lebih baik sobat mencari perusahaan Taksi yang sudah terbuktim melalukan standarisasi tinggi terhadap perawatan mobilnya, sehingga sobat akan mendapatkan mobil dengan kondisi mesin terbaik. Tentunya sobat tak ingin mendapatkan mobil bekas yang hanya mulus diawal, namun akhirnya akan rewel ketika dipakai beberapa tahun kedepan, jadi lebih baik cari yang terbaik dari yang terbaik.

3. Cek Kondisi Mesin

Mesin merupakan bagian paling fital dari sebuah mobil. Walaupun rata-rata kilometer setiap mobil bekas Taksi mencapai 300 ribu kilometer, namun sobat tetap harus mengecek secara mendetail kehalusan mesin serta tenaga yang bisa dikeluarkannya. Jangan sampai membeli mobil bekas yang mengalami kerusakan pada bagian mesin, karena nantinya membutuhkan biaya perbaikan dan perawatan sangat banyak. Cara termudah untuk mengecek kondisi mesin adalah dengan cara mendengarkan suaranya, karena biasanya akan terdengar suara yang mengganggu apabila terjadi sebuah kerusakan.

4. Cek Kondisi Sasis dan Suspensi

Ratusan ribu kilometer yang dilalui mobil Taksi , pastinya akan mempengaruhi kondisi sasis dan kaki-kakinya. Sering kali bagian inilah yang paling rewel dan membutuhkan biaya perbaikan tidak sedikit. Hal ini tak lepas dari medan jalan yang dilalui mobil Taksi , karena sering kali melalui jalan berlubang ataupun jalan bergelombang yang nantinya akan merusak bagian kaki-kaki ataupun suspensinya. Casis juga patut sobat perhatikan, jangan sampai membeli mobil Taksi bekas banjir yang nantinya membuat casis keropos dan berkarat.

5. Lakukan Pengecekan Pada Fitur dan Interior

Tak hanya bagian luar dan mesin, sobat juga harus melakukan pengecekan pada ruang kabin mobil ini. Lihat sekeliling ruang kabin, apakah ada kerusakan ataupun cacat lainnya. Saran kami, sobat harus mengecek bagian AC dan sektor audio, karena kedua sektor tersebut merupakan bagian penunjang utama ketika sobat mengendarai mobil secara nyaman. Sering kali, AC mobil bekas Taksi mengalami kerusakan setelah kita pakai beberapa tahun, sehingga lebih baik cek terlebih dahulu kedinginannya apakah sempurna atau tidak.

Advertisement

6. Periksa Surat-Surat Kendaraan

Tips membeli mobil bekas Taksi selanjutnya adalah melakukan pengecekan terhadap surat-surat mobil yang akan sobat beli. Kondisi surat harus sesuai dengan nomer rangka, nomer mesin, dan pastinya STNK serta BPKB. Biasanya perusahaan Taksi akan langsung membuat plat Hitam atas nama pembelinya, sehingga semakin mempermudah proses pembelian. Namun ada beberapa perusahaan yang mengharuskan balik nama sendiri, sehingga terasa lebih ribet.

7. Lakukan Test Drive

Nah yang paling terpenting dari tips membeli mobil bekas Taksi adalah melalukan test drive. Setelah semua kondisi mesin, kaki-kaki, chasis, fitur, dan interiornya soba cek, sekarang giliran sobat melakukan test drive untuk merasakan langsung kenyamanan mobil yang akan sobat beli. Rasakan pula tenaga dan torsi yang dikeluarkan. Jangan sampai sobat membeli mobil ngempos yang kurang bertenaga dan tarikannya terasa loyo. Rasakan pula suspensinya, apakah masih empuk atau keras, sehingga nantinya sobat tak perlu melakukan banyak perawatan setelah membelinya.

Baca Juga : Daftar Motor Big Bike Terbaik di Indonesia

Nah itulah 7 tips membeli mobil bekas Taksi yang bisa sobat lakukan sebelum membeli mobil yang sobat idam-idamkan. Harga mobil bekas Taksi yang murah memang sangat menggoda, namun sobat harus melakukan pengecekan secara mendetail agar mendapatkan mobil bekas dengan performa terbaik yang nantinya akan mengoptimalkan kenyamanan ketika sobat mengendari setiap harinya. Masih banyak lagi tips membeli mobil bekas Taksi yang harus sobat lakukan, namun paling tidak informasi yang kami sampaikan diatas bisa menjadi referensi. “Salam Otomotif”

Advertisement

Advertisement