Tips dan Cara Merawat Motor Sport Agar Lebih Awet

Tips dan Cara Merawat Motor Sport – Memiliki sebuah motor untuk sebagian orang tidak hanya untuk alat transportasi saja, namun terdapat banyak juga yang memiliki sebuah motor untuk memenuhi gaya hidup yang semakin maju. Terutama untuk pecinta otomotif yang sangat menyukai dengan motor sport, pastinya tidak hanya sebagia alat transportasi, melainkan sebagian dari hobi atau juga sebagai motor impian. Terlebih untuk sekarang banyak sekali motor sport dengan cc diatas 150, yang mana silih berganti disetiap produsen motor yang sudah ada di tanah air yang saling berkemunculan pada pasar otomotif tanah air.

Advertisement

Semakin berkembangnya industri otomotif, banyak produsen motor ternama di Indonesia yang menawarkan beberapa motor sportnya dan setiap motor yang ditawarkan telah mengusung beberapa fitur-fitur berteknologi canggih agar para konsumen tertarik untuk meminatinya. Nah untuk sobat otomotif yang sangat menyukai dengan motor sport, pastinya harus mempunyai tips dan cara merawat motor sport kesayangannya itu agar tetap awet atau tidak sering rusak. Dimana merawat motor sport tidak semudah merawat motor berjenis matic atau bebek yang dapat dilakukan sendiri dirumah.

Berbeda dengan motor sport yang tidak semuanya dapat sobat lakukan sendiri, terlebih pada bagian vitalnya yakni mesin yang harus ditangan oleh ahlinya. Untuk mencegah hal seperti tersebut alangkah baiknya sobat mencegah hal tersebut dengan cara melakukan tips dan cara merawat motor sport yang akan kami sarankan, apabila sobat tidak melakukan hal seprti tersebut akan berakibat hal yang tidak di inginkan. Yang mana bila pada sektor mesin terjadi kerusakan harus dibawa ke bengkel-bengkel khusu motor sport dan biaya yang dibutuhkan untuk service juga tidak sedikit loh sob.

Tentunya sobat tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada motor kesayangannya kan ? untuk itu sobat lakukan beberapa langkah-langkah yang kami akan sarankan ini agar motor sport kesayangan sobat tetap awet dan tidak cepat rusak. Mungkin untuk mengetahui lebih lengkap akan tips dan cara merawat motor agar lebih awet, sobat dapat simak informasi yang akan sampaikan. Baiklah langsung saja kami informasikan Tips dan Cara merawat Motor Sport agar lebih awet berikut ini.

Tips dan Cara merawat Motor Sport

Tips dan Cara merawat Motor Sport

Tips dan Cara merawat Motor Sport

1. Hidukan Mesin Motor Tiap hari

Advertisement

Untuk tips dan cara merawat motor sport yang pertama, sobat dapat melakukan dengan mudah yakni dengan cara menghidupkan mesin motor setiap harinya. Meskipun motor jarang digunakan atau jarang bepergian, alangkah baiknya sobat menghidupkan mesin secra rutin maxsimal 15 menit lamanya. Hal tersebut agar komponen-komponen yang terdapat didalam motor tetap bekerja sesuai tugasnya masing-masing, selain itu juga mencegah terjadinya karatan atau kerak.

2. Cek Oli Mesin

Kemudian langkah yang kedua sobat cukup mengecek ketinggian oli mesin, apakah oli mesin motor kesayangan sobat masih tinggi atau sudah rendah. Yang mana oli sangat penting untuk melumasi seluruh bagian mesin agar tetap bersih, oli juga dapat sobat ganti secara berkala atau 1smapi 2 bulan sekali. Hal tersebut tergantung dari sobat sendiri, apakah motor sering digunakan atau tidak, namun alangkah baiknya sobat lakukan pergantian oli mesin sebulan sekali untuk menjaga kondisi mesin lebih awet.

3. Gunakan Bahan Bakar Yang berkualitas

Advertisement

Tips dan cara merawat motor sport berikutnya ialah dengan cara menggunakan bahan bakar dengan kualitas baik, dimana disetiap motor sport telah tertanam sebuah mesin yang terdiri dari komponen-komponen yang memiliki kualitas tinggi. Selain itu juga harga setiap motor sport dibanderol dengan harga yang mahal, tentunya gengsi donk bila menggunakan bahan bakar dengan kualitas rendah, paling tidak sobat menggunakan bahan bakar berjenis Pertamax yang diketahui memiliki kualitas tinggi.

4. Cek Sistem Kelistrikan

Untuk selanjutnya sobat perlu memperhatikan kelistrikan dimana pada bagian tersebut memiliki peran sangat penting disetiap alat transportasi, terlebih untuk motor sport yang mana diketahui hanya menggunakan sistem starter electric saja. Jadi sobat harus memperhitungkan sekali kondisis kelisrtikan, sobat dapat melakukan dengan cara menegcek kondis aki apakah masih layak pake atau juga dibersihkan dua terminal pada aki motor kesayanganya itu agar tidak berkerak atau hal yang menghambat arus listriknya.

5. Service Secara Rutin

Tips dan cara merawat motor sport berikutnya dengan service motor secara rutin, hal tersebut memang harus diwajibkan agar sobat mengetahui apa sajakah yang perlu mendapat perawatan atau juga apa sajakah yang perlu untuk diganti. Sobat juga harus service ditempat yang benar-benar megetahui akan tenatang motor sport atau ke bengkel resmi dari motor sobat. Apabila sobat melalaikan hal tersebut akan berakibatkan kekecewaan serta tidak kepuasan dan bahkan akan tambah lebih rusak loh.

6. Perhatikan Kondisi Ban dan Rantai

Untuk tips dan cara merawat motor sport yangterakhir ialah menegecek kondisi ban dan rantai motor, dimana kedua komponen tersebut memiliki peranan sangat penting, terutama pada bagian bannya yang menjadi tumpuan terakhir disetiap motor. Sedangkan untuk rantainya juag perlu perawatan seperti dilumasi denga pelumas khusus rantai, selain itu juga cek apakah ranta masih kencang atau sudah kendor. Bila rantai sudah waktunya diganti, sebaiknya ganti rantai motor kesayang sobat dengan originalnya.

Baca Juga : 7 Tips Membeli Mobil Bekas Taksi Murah dan Terbaik

Semoga beberapa tips dan cara merawat motos sport diatas dapat berguna dan juga bermanfaat untuk semua, terutam para pecinta otomotif yang sangat menyukai atau bahkan memiliki motor sport. Diantara tips dan cara merawat motor sport yang kami informasikan dapat dilakukan dirumah, dimana tidak memerlukan keahlian khusus maupun alat-alat yang lengkap. Seperti Mengecek kondis ban dan rantai serta menghidupkan motor setiah harinya, beberap tips tersebut juga sangat berpengaruh terhadap kondisi motor sport kesayangan sobat semuanya, jadi alangkah baiknya bila tips tersebut dilakukan secara rutin.

Advertisement

Advertisement