Pengertian dan Prinsip Kerja Motor Diesel 4 Langkah

Prinsip Kerja Motor Diesel – Didalam industri otomotif, kita mengenal setidaknya ada dua jenis motor bakar yaitu motor pembakaran dalam atau sering disebut internal combustion engine dan juga motor pembakaran lua atau external combustion engine. Dua jenis motor tersebut sampai dengan saat ini masih menjadi pilihan yang di gunakan bagi sebagian besar pabrikan otomotif. Akan tetapi mungkin bisa di katakan jenis motor pebakaran dalam adalah yang paling banyak bisa kita temui.

Beberapa contoh motor pembakaran luar adalah motor diesel dan motor bensin. Bicara dual tipe motor pembakaran dalam tersebut tentu saja kita akan langsung mengarah pada motor dan mobil. Hanya saja untuk jenis motor biasanya hanya menggunakan motor bensin. Sedangkan motor diesel akan sering kita jumpai pada kendaraan roda empat atau mobil. Maka dari itu pada kesempatan kali ini, akan kita jelaskan secara terperinci mengenai pengertian motor diesel dan juga bagaimana prinsip kerja motor diesel tersebut.

Motor diesel atau mesin diesel sendiri pada dasarnya merupakan sebuah mesin yang sama dengan mesin bensin, yang dimana tekanan hasil pembakarannya akan membuat piston bisa bergerak naik dan turun. Dalam industri otomotif, gerakan tersebutlah yang akan digunakan untuk bisa menggerakan berbagai macam roda gigi yang saling berkaitan sehingga akan bisa menggerakan sebuah kendaraan.

Tentunya dalam mesin diesel ini juga banyak sekali komponen-komponen yang akan saling berkaitan dan saling membutuhkan untuk bisa berkerja secara sempurna. Namun ada beberapa bagian komponen yang memang di buat berbeda dengan motor bensin, oleh karena itu untuk sobat yang penasaran apa itu motor diesel dan bagaimana prinsip kerja motor diesel atau mesin diesel, silahkan simak informasi terbaru dari otomaniac.com terlengkapnya berikut ini.

Pengertian dan Prinsip Kerja Motor Diesel

Prinsip Kerja Mesin Diesel 4 Langkah

Prinsip Kerja Motor Diesel 4 Langkah

Namun sebelum kita masuk dalam pembahasan utamanya, sebaiknya kenali dulu beberapa perbedaan yang paling mendasar dan paling utama dalam proses operasi mesin, yang mana perbedaan-perbedaan tersebut antara lain

  1. Pada mesin diesel hanya udara yang dimampatkan pada tekanan tinggi yaitu 2492 kPa/30kgf/cm, dengan menggunakan tekanan tinggi tersebut akan membuat suhu atau temperatur meningkat setidaknya 300 hingga 500 derajat. Disaat suhu berada pada tingkat tertinggi, bahan bakar akan langsung di injeksikan yang mana pengapan atau igntion spontan akan terjadi dan membuat langkah pembakaran
  2. Katup gas atau throttle valve pada mesin diesel tidak digunakan untuk mengontrol jumlah udara yang masuk, karena pada hal ini jumlah saluran seluruh udara sudah masuk disaat langkah awal
  3. Kemudian Outputnya akan di kontrol oleh peningkatan dan peurunan penginjeksian bahan bakar

Diatas merupakan beberpa perbedaan utama yang akan dalam proses operasi mesin diesel, setelah mengetahui hal tersebut mari kita pahami terlebih dahulu apa itu pengertian mesin diesel sebelum kita membahas mengenai topik utama kita pada kesempatan kali ini seputar prinsip kerja motor diesel.

Pengertian Mesin Diesel

Mesin diesel merupakan penemuan yang di dapat pada tahun 1892 oleh seorang bernama Rudolf Diesel, dan menerima paten pada tanggal 23 Februari 1893. Mesin diesel sendiri merupakan sejenis mesin pembakaran dalam atau sebuah pemicu kompresi yang dimana bahan bakar akan dinyalakan oleh suhu tingi gas yang dihasilkan dari kompresi, dan bukan merupakan hasil pembakaran yang di buat oleh alat berenergi lain sepertihalnya busi yang ada pada mesin bensin.

Mesin diesel sendiri biasanya lebih banyak di gunakan pada mobil-mobil yang memiliki kapasitas mesin besar serta membutuhkan tenaga yang besar seperti truk, bus, fuso, dan kendaraan besar lainnya. Hal ini ini bertujuan agar perjalaan jarak jauh yang di tempuh oleh kendaraan dengan mesin jenis ini bisa bertahan lama dan tidak mudah panas seperti mesin bensin. Sehingga tidak heran apabila kita menjumpai banyak mobil-mobil besar termasuk truk dan bus menggunakan mesin diesel.

Prinsip Kerja Motor Diesel 4 Langkah

Sebenarnya prinsip kerja motor diesel 4 langkah bisa di katakan sama persis dengan cara kerja mesin bensin 4 langkah, perbedaan yang paling mendasar hanya terletak pada bagian proses pembakarannya. Pada mesin diesel bahan bakar yang digunakan akan dibakar melalui panasdan tekanan yang tinggi atau juga sering disebut self combustion. Ini jelas beda dengan mesin bensin yang mana pada proses pembakarannya bahan bakar akan di bakar melalui percikan api listrik dari busi. Adapun untuk cara kerja mesin diesel 4 langkah antara lain,

1. Langkah Hisap

Prinsip kerja motor diesel 4 langkah yang pertama adalah langkah hisap, yang dimana proses ini akan membuat katup hisap mulai terbuka dengan diikuti piston yang bergerak turun dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB). Pada proses ini, udara muri secara otomatis akan masuk ke dalam ruang bakar karena adanya gerakan naik turun dari piston yang membuat ruang di dalam silinder akan vakum dan secara otomatis udara pun akan terhisap dan masuk kedalam.

2. Langkah Kompresi

Setelah langkah hisap selesai, maka prinsip kerja motor diesel 4 langkah yang selanjutnya ini adalah langkah kompresi. Dimana pada langkah ini piston akan bergerak sebaliknya yaitu dari Titik Mati Bawah (TMB) ke Titik Mati Atas (TMA), dan pada saat ini katup hisan dan katup buang masih berada pada kondisi tertutup sehingga udara yang sudah masuk kedalam silinder akan di kompresikan atau di mampatkan.

Hal tersebut secara tidak langsung akan membuat tekanan meningkat menjadi 16-20 kg/cm atau 16-20 bar serta membuat suhu temperatur pun meningkat drastis hingga 600 celcius lebih. Dan sesaat sebelum piston akan mencapai Titik Mati Atas (TMA) secara otomatis bahan bakar akan di kabutkan melalui injector masuk kedalam ruang bakar, dengan kondisi didalam yang cukup panas, maka bahan bakar tersebut akan langsung terbakar dengan sendirinya (self-combustion).

Cara Kerja Mesin Diesel 4 Langkah

Cara Kerja Mesin Diesel 4 Langkah

3. Langkah Usaha

Kemudian prinsip kerja motor diesel 4 langkah yang selanjutnya adalah langkah usaha, pada proses ini atau pada saat proses pembakaran sedang dan masih berlangsung, katup hisap dan katup buang masih dalam keadaan tertutup. Alhasil dari pembakaran yang terjadi tersebut membuat tekanan yang sangatlah tinggi dan menjadikan piston kembali ke Titik Mati Bawah (TMB) dari Titik Mati Atas (TMA). Dan biasanya proses langkah usaha ini berlangsung hingga katup biang mulai terbuka hingga kurang lebih 25 derajat sudut engkol sebelum piston mulai memasuki Titik Mati Bawah (TMB).

4. Langkah Buang

Selanjutnya yang terjadi dalam prinsip kerja motor diesel adalah langkah buang. Langkah ini akan kembali membalikan piston dari Titik Mati Bawah (TMB) ke Titik Mati Atas (TMA) yang mana secara otomatis katup buang akan mulai terbuka dan katup hisap akan tertutup. Sementara gas sisa hasil pemabaran akan terdorong keluar melalui mainfold yang akan menuju ke knalpot.

Dan pada langkah buang ini akan kita jumpai dua katup dalam keadaan terbuka, dan biasanya terjadi pada saat awal langkah hisap dan akhir langkah buang, dalam dunia otomotif, hal ini di sebut dengan overlapping yang mana bertujuan untuk melakukan pembilasan pada gas buang.

Baca Juga : Cara Membersihkan Radiator Mobil Dengan Mudah

Itulah prinsip kerja motor diesel 4 langkah yang bisa kita jelaskan pada kesempatan kali ini, semoga saja dengan kalian menyimak mengenai pengertian mesin diesel dan juga prinsip kerjanya sobat akan lebih bisa memahami alur kerja dari salah satu jenis mesin pembakaran dalam ini. Jangan lupa untuk terus mengunjungi otomaniac.com utnuk selalu mendapatkan informasi terbaru dan terupdate seputar dunia otomotif, sekian dan kami ucampkan terimakasih. “SALAM OTOMOTIF”