Biaya Membuat Sim Terbaru Secara Nembak & Resmi 2019

Advertisement

Biaya Membuat Sim – Sudah menjadi kewajiban kita semua untuk mengikuti peraturan yang berlaku di Indonesia. Nah salah satu aturan yang wajib dipenuhi dalam mengendarai kendaraan bermotor adalah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Untuk mendapatkannya cukup mudah. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa berkas lalu membayar biaya adminstrasi dan mengikuti tes sesuai aturan yang berlaku.

Saat ini pemerintah sudah menyediakan layanan SIM Online yang akan mempermudah masyarakat Indonesia dalam membuat SIM baru ataupun perpanjangan SIM. Layanan tersebut bisa digunakan diseluruh Indonesia, tanpa perlu terikat domisili yang tertera pada KTP. Itu artinya kita bisa membuat SIM diseluruh Indonesia asalkan syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Salah satu syarat yang utama adalah sudah cukup umur dan memiliki KTP.

Syarat lainnya adalah sehat jasmani dan rohani yang akan dibuktikan dengan surat keterengan sehat (Kir Dokter). Selain itu, kita harus lulus dalam mengikuti ujian membuat SIM yang terdiri dari tes praktek, teori, dan simulator. Ketiga tes tesebut wajib diikuti sampai lulus agar bisa mendapatkan SIM yang diinginkan. Apabila tidak lulus, sobat bisa melakukan tes ulang satu minggu setelahnya hingga akhirnya dinyatakan lulus.

Advertisement

Yang paling sulit dalam tes membuat SIM adalah tes praktek. Banyak sekali yang mengalami kegagalan dan akhirnya harus mengikuti tes ulang. Lebih parahnya lagi, tak jarang ada yang menggunakan jasa calo sehingga tak perlu mengikut tes membuat SIM. Padahal biaya membuat SIM dengan jasa calo jauh lebih mahal, dan hal tersebut jelas-jelas melanggar peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Biaya membuat sim nembak dengan jasa calo bisa berkali-kali lipat lebih mahal. Namun banyak orang yang tak mempermasalahkan hal tersebut, dan rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan SIM yang diinginkan. Kami sendiri tidak menyarankan hal semacam itu, karena termasuk tindak kriminal atau kecurangan yang sudah seharusnya kita hindari. Lalu berapakah bianya membuat sim nembak ?

Daftar Biaya Membuat SIM Terbaru

Biaya Membuat SIM

Biaya Membuat SIM

1. Biaya Membuat SIM Nembak

Seperti yang kami sampaikan di atas, biaya membuat SIM nembak bisa berkali-kali lihat lebih mahal dibandingkan kita membuat SIM melalui jalur resmi. Sebagai contoh adalah membuat SIM C yang seharusnya hanya membayar 100 Ribu, namun di tangan calo biayanya bisa membengkak melebihi 500-700 Ribu Rupiah. Bahkan untuk saat ini biayanya bisa jauh lebih mahal, karena peraturan yang semakin ketat pada masing-masing kapolresta.

Yah, membuat SIM dengan cara nembak memang dilarang hukum karena sama saja dengan pungli (pungutan liar). Dibeberapa daerah mungkin praktek ini masih berjalan lancar, namun kami rasa pemerintah tidak akan tinggal diam dan akan menindak tegas semua aparat ataupun calo yang terlibat didalamnya. Dari pada membuat SIM secara nembak, lebih baik sobat membuatnya melalu jalur resmi yang biasanya jauh lebih terjangkau.

2. Biaya Membuat SIM Resmi

Walaupun harus bersusah payah dalam mengekuti tes, namun uang yang kita keluarkan untuk membuat SIM tak telalu besar. Bahkan menurut kami biaya membuat SIM resmi tergolong sangat terjangkau. Namun biayanya tergantung dari golongan SIM yang akan kita buat. Dimana ada Golongan SIM C, SIM A, SIM B1, SIM B2, SIM D1, SIM D2, dan SIM Internasional. Selain itu, ada pula SIM Umum yang dikhuskan untuk pengendara mobil umum. Nah untuk mengetahui berapa biaya membuat SIM secara resmi, silahkan simak dibawah ini.

Tarif Membuat SIM CRp. 100.000
Tarif Membuat SIM C1Rp. 100.000
Tarif Membuat SIM C2Rp. 100.000
Tarif Membuat SIM ARp. 120.000
Tarif Membuat SIM A UmumRp. 120.000
Tarif Membuat SIM B1Rp. 120.000
Tarif Membuat SIM B1 UmumRp. 120.000
Tarif Membuat SIM B2Rp. 120.000
Tarif Membuat SIM B2 UmumRp. 120.000
Tarif Membuat SIM D1Rp. 50.000
Tarif Membuat SIM D2Rp. 50.000
Tarif Membuat SIM InternasionalRp. 250.000

Seperti yang sobat lihat di atas, biaya yang dikeluarkan untuk membuat SIM hanya sebesar 50 Ribu – 250 Ribu, tergolong golongan SIM yang akan dibuat. Yah, bianya memang sangat murah. Namun biaya tersebut belum termasuk asuransi dan membakar kir Dokter. Soal biayanya memang tak perlu khawatir, karena biayanya jauh lebih murah dibandingkan menggunakan jasa calo yang bisa berkali-kali lipat lebih mahal.

Baca Juga : Pengertian dan Prinsip Kerja Motor Diesel 4 Langkah

Setelah mengetahui besaran biaya membuat SIM secara resmi rupanya sangat murah, tentu sebagian orang lebih memilih mengikuti tes dibandingkan membuat sim secara nembak ataupun menggunakan jasa calo. Pasti ada rasa bangga apabila berhasil membuat SIM tanpa melaui calo ataupun aparat berwajib yang nakal. Demikianlah informasi otomaniac.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

4.5/5 (2 Reviews)
Advertisement