5 Penyebab Mesin Motor Overheat (Cepat Panas)

Advertisement

Penyebab Mesin Motor Overheat – Salah satu masalah yang sering terjadi pada sepeda motor adalah mengalami overheat atau panas berlebihan. Apabila hal ini terjadi maka mesin terasa cepat panas sehingga akan menggangu performa motor serta kenyamanan saat mengendarainya. Kami yakin hampir semua pengendara sepeda motor pernah mengalami hal tersebut dan merasa kurang nyaman karena panasnya bisa sampai ke kaki.

Overheat tidak hanya terjadi pada motor ber-cc besar, namun juga motor bebek ataupun motor matic yang kapasitas mesinnya sangat kecil. Biasanya hal ini terjadi karena kerusakan pada komponen pendingin yang membuatnya tidak bisa menstablikan suhu mesin, sehingga panas akan langsung terasa ke luar. Selain karena faktor sistem pendingin, rupanya masih ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan motor overheat.

Sebenarnya overheat bisa diatasi asalkan kita rajin merawat motor. Service rutin secara berkala juga bisa mencegah overheat pada motor, karena nantinya semua komponen akan dicek apakah masih berfungsi normal atau mungkin harus diganti dengan komponen yang baru. Namun apabila sudah terlanjur mengalami overheat, maka yang harus kita lakukan adalah terlebih dahulu mengetahui apa penyebab overheat pada motor.

Advertisement

Dengan kita mengetahui apa penyebabnya, maka kita bisa tahu bagian mana yang harus diperbaiki. Pengetahuan akan hal itu juga bisa mecengah hal yang sama terulang lagi. Tentunya kita tak ingin mengeluarkan uang lagi untuk mengatasi hal yang sama, jadi lebih baik mencegah dari pada harus mengeluarkan banyak uang. Nah untuk mengetahui apa saja penyebab motor overheat, silahkan simak informasi berikut ini.

Penyebab Mesin Motor Overheat

Penyebab Motor Overheat

Penyebab Motor Overheat

1. Oli Belum Diganti

Penyebab motor overheat yang sering terjadi adalah dikarenakan sirkulasi pada oli yang kuran baik. Asal sobat ketahui, oli tidak hanya berfungsi sebagai pelumas, namun juga untuk mendinginkan mesin. Cara kerjanya adalah dengan menyerap panas mesin dan menyalurkannya ke seluruh komponen mesin agar suhu mesin selalu stabil. Jadi apabila kondisi oli sudah tidak bagus, maka bisa menyebabkan overheat pada mesin. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mengganti oli secara rutin sesuai dengan jarak tempuh dan kenyamanan motor.

2. Sirkulasi Air Pendingin Yang Tidak Baik

Motor jaman sekarang sudah banyak yang menggunakan sistem pendingin Liquid Cooled. Teknologi ini membutuhkan air pendingin (liquid coolant) yang berfungsi untuk menyerap panas dan mendinginkan mesin. Tak jarang ada beberapa kasus sirkulasi air pendingin tersumbat, sehingga sistem pendingin tidak bekerja secara maksimal. Alhasil suhu mesin akan meningkat drastis dan terjadi overheat. Kami sarankan untuk segera memperbaikinya apabila terhadi hal serupa, karena dikhawatirkan akan menggangu performa mesin dan membuatnya bisa rusak.

Advertisement

3. Kipas Radiator Rusak

Penyebab motor overheat selanjutnya adalah dikarenakan kerusakan pada kipas radiator. Jangan biarkan hal ini terjadi, karena nantinya radiator tidak akan bekerja secara maksimal dan menyebabkan suhu mesin naik dratis. Untuk mengeceknya juga cukup gampang. Apabila saat menghidupkan motor, namun kipas tidak berputar maka besar kemungkinan terjadi kerusakan pada kipas radiator. Bisa saja hal ini terjadi karena kipas yang mati atau ada rangkaian yang terputus. Untuk memperbaikinya kami sarankan untuk datang ke bengkel terdekat agar masalah tersebut cepat teratasi.

4. Beban Motor Terlalu Berat

Masalah ini cukup sepele, namun bisa memuat motor mengalami overheat. Pasalnya motor yang membawa beban terlalu berat akan bekerja cukup keras. Hal ini tak lepas dari beban piston untuk bergerak naik turun semakin besar, sehingga menyebabkan panas yang dihasilkan proses pembakaran mesin akan terarah ke blok mesin. Sistem pendingin juga akan bekerja semakin ekstra dan apabila tidak bisa mengimbanginya maka akan terjadi overheat. Jadi lebih baik kita sesuaikan beban yang dibawa dengan kemampuan sepeda motor.

5. Melewati Jalur Menanjak

Sama halnya dengan membawa beban terlalu berat, mesin motor akan bekerja semakin ekstra saat melaju di jalur menanjak ekstrim. Tak jarang hal ini menyebabkan motor langsung mati karena mesin terlalu panas. Agar hal ini terjadi lebih baik sobat terlebih dahulu mengganti oli apabila berencana pergi ke medan menanjak, seperti pegunungan ataupn medan ekstrim lainnya. Jangan lupa melakukan pengecekan pada sistem pendingin sehingga nantinya motor terhindar dari overheat.

Advertisement

Baca Juga : Biaya Membuat Sim Terbaru

Nah itulah beberapa faktor yang menyebabkan overheat atau mesin cepat panas. Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, maka dapat disimpulkan bahwa mengatasi overheat bisa dilakukan dengan rutin mengganti oli dan melakukan pengecekan pada sistem pendingin. Apabila kerusakan yang menyebabkan overheat dibiarkan saja, tak menutup kemungkinan motor harus turun mesin karena kerusakan merambat ke bagian komponen motor lainnya. Jadi lebih baik kita harus selalu menjaga kondisi motor agar performanya selalu optimal.

Advertisement

loading...