13 Penyebab Motor Brebet dan Solusi Tepat Mengatasinya 2019

Penyebab Motor Brebet – Beberapa kasus motor yang sering terjadi salah satunya adalah Brebet, dimana hal tersebut bukan hanya bisa terjadi pada RPM rendah saja, akan tetapi kadangkan kejadian ketika motor sobat otomotif berada pada RPM tinggi. Tentu bila hal ini terjadi ketika di jalanan bakal terasa menyebalkan, selain itu juga menjadikan sobat tidak merasa nyaman sewaktu berkendara, karena putaran mesin menjadi tersendat, dan bisa – bisa malah waktu berada di tanjakan atau ketika berjalan mesin bakal mati secara tiba – tiba.

Kejadian seperti itu bukan hanya tidak nyaman, akan tetapi juga dapat membahayakan sobat sebagai pengendara, pasalnya ketika mesin mati dan itu terjadi waktu berada pada kecepatan tinggi serta berada pada kondisi jalanan ramai, dapat terjadai satu hal yang tidak di inginkan. Nah sebelum itu semua terjadi terhadap sobat, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini yang masuk dalam penyebab motor brebet, sekaligus cara tepat mengatasinya agar nantinya motor tetap berada pada kondisi prima pada ulasan dibawah.

Penyebab Motor Brebet dan Solusi Tepat Mengatasinya

Penyebab Motor Brebet

Penyebab Motor Brebet

1. Bahan Bakar Tidak Sesuai Standar

Hal yang paling utama dan bisa sobat cek yaitu bahan bakar, apakah BBM yang sobat gunakan pada motor itu sesuai dengan yang ditunjuk oleh pabrikan, karena beberapa motor disarankan dengan BBM RON tinggi, apalagi motor baru yang ada pada sekarang ini di haruskan menggunakan BBM minimal RON 91 atau 92 yang di miliki oleh Pertamax, jangan lagi menggunakan BBM bensin yang notabennya mempunyai RON terendah, dimana hal tersebut menjadi salah satu penyebab motor brebet, untuk itu ikutilah petunjuk pemakaian bahan bakar yang sesuai dan di tunjuk oleh pabrikan sebagai BBM harian jika menginginkan motor tidak mengalami hal – hal yang tidak di inginkan.

2. Filter BBM Kotor

Disamping diawajibkan menggunakan BBM dengan RON tinggi, filter BBM yang kotor juga menjadi penyebab motor brebet, karena bagian ini merupakan salah satu bagian utama dari jalan masuknya BBM ke sektor mesin, maka jika terjadi brebet, bagian ini menjadi wajib sobat bersihkan terlebih dahulu sebelum mengecek bagian lainnya. Tapi bila tidak tau caranya, sobat langsung saja bawa ke beres (bengkel resmi) atau bengkel teruji untuk melakukan pembersihan.

3. Fuel Pump Kotor

Selain filter, bagian lain yang ada pada satu segmen BBM ada Fuel Pump yang berfungsi sebagai pompa bahan bakar. Jika bagian fuel pum kotor dapat menjadi penyebab motor brebet, pasalnya tekanan bensin menjadi tidak beraturan, bisa lebih tinggi dan juga kebalikannya yakni tekanan menjadi lemah. Selain di bersihkan, kekencangan fuel pump juga harus di cek kembali, jika kendor, sobat bisa mengencangkannya lagi untuk menormalkan tekanan bahan bakar.

4. Kotornya Filter Udara

Jika BBM yang sobat pakai pada motor kesayangan sudah benar, tetapi brebet masih saja terjadi, kali ini ada baiknya sobat cek bagian filter udara, dimana bagian ini kalau dalam kilometer rendah biasanya belum berpengaruh, karena biasanya masih bersih, tetapi jika motor yang sobat gunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh dan kilometer sudah begitu banyak, filter atau saringan udara bakal menjadi kotor karena diakibatkan udara yang masuk dari luar, jika itu sudah terjadi sobat wajib membersihkannya, namun bila menginginkan hasil yang sempurna, filter di ganti dengan yang baru atau dengan filter bermerek yang memiliki kualitas jauh lebih baik dibanding apa yang dibawakan oleh pabrikan.

5. Sensor Injeksi

Jaman modern ini semua menjadi lebih simple, termasuk diantaranya pada bagian suplai bahan bakar ke dalam ruang pacu, kalau dulu menggunakan karburator, yang bila bagian tersebut kotor bakal membuat aliran BBM tidak lancar masuk ke mesin, nah sekarang motor sudah menggunakan teknologi Injeksi yang mengandalkan sebuah sensor untuk mengatur keluar masuk bahan bakar kedalam mesin. Bila motor injeksi sobat mengalami brebet, ceklah bagian sensor injeksi yang biasanya kotor atau tertutup material tertentu sehingga menghalangi sensor untuk membaca berapa banyak BBM yang bakal masuk kedalam mesin, jika hanya kotor sobar dapat membersihkannya, tetapi jika rusak, sebaiknya gantilah dengan sensor original bawaan pabrik untuk menjamin performa agar selalu terjaga.

6. Posisi Klep Mesin Bergeser

Bagian inti mesin seperti “Klep” bisa jadi bergeser dari tempat awalnya, yang menjadi satu penyebab motor brebet. Hal itu terjadi disebabkan karena lamanya pemakaian, dan wajar saja terjadi, karena untuk itu bila sudah merasakan brebet, sobat langsung saja bawa ke bengkel resmi untuk melakukan perbaikan posisi Klep seperti awal. Perlu sobat ketahui, bagian klep ini mengatur keluar masuknya gas masuk kedalam bagian mesin, dan tidak perlu khawatir, bengkel resmi atau bengkel profesional bisa mengatasinya, serta sobat harus hindari untuk memasukan motor kedalam bengkel abal – abal jika tidak ingin motor menjadi lebih parah.

7. Salahnya Putaran Stasioner

Stasioner memiliki pengaruh besar terhadap kenyamanan berkendara, karena bila stasioner terlalu tinggi atau terlalu rendah membuat putaran mesin menjadi terganggu, disamping itu menjadi penyebab motor brebet, maka sobat harus benar – benar dalam mengatur putaran stasioner pada posisi yang tepat, tapi jika tidak mengetahui lebih lanjut, sobat otomotif dapat membanya terhadap sang ahli, seperti bengkel resmi ataupun bengkel dengan mekanik ahli.

8. Tangki Kemasukan Air

Air dengan BBM jelas merupakan dua hal yang berbeda dan dipastikan tidak akan bisa bersatu dengan BBM yang sobat pakai pada kendaraan motor. Dan bila sudah terlanjur bahan bakar kecampur dengan air yang bakal menjadi sumbatan kepada jalan masuknya BBM, alhasil motor terasa brebet. Solusi tepat mengatasi masalah tersebut bisa dengan menguras tangki, dan bila sudah di kerjakan, sebaiknya sobat perhatikan saran kami, agar tidak terjadi hal yang kami ceritakan tadi di atas, isilah BBM di tempat jual yang resmi, jangan isi dengan BBM eceran, tapi isilah di tempat pompa BBM resmi.

Solusi Tepat Atasi Motor Brebet

Solusi Tepat Mengatasi Motor Brebet

Solusi Tepat Mengatasi Motor Brebet

9. Gunakanlah BBM sesuai dengan yang di tunjuk oleh sebuah merek
10. Rajin bersihkan motor dari debu atau ketika terkena hujan
11. Jaga kebersihan kendaraaan motor
12. Service teratur di semua bagian, jangan lupa ganti oli sesuai yang di tentukan, jangan sampai telat, agar performa motor tetap powerfull
13. Setelah melakukan treatmen tersebut pastikan bahan bakar yang digunakan memiliki RON sesuai yang di tentukan oleh pabrikan, kalau bisa di atasnya

Baca juga : Motor Untuk Gojek Online Terbaru

Dengan melakukan semua hal diatas, dan menjaga motor tetap dalam keadaaan bersih bakal meminimalisir kerusakan yang ada akibat termakan usia pemakaian. Kemudian guna mendapatkan hasil maksimal, cek busi secara berkala dan jangan lupa ganti filter berkualitas, karena hal tersebut dapat menjaga performa motor. Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga ulasan Penyebab Motor Brebet beserta solusinya, semoga bermanfaat. “SALAM OTOMOTIF”