Persiapan Sebelum Touring Yang Wajib Diperhatikan 2019

Advertisement

Persiapan Sebelum Touring – Touring merupakan kegiatan yang mengasikan bagi sebagian orang bahkan banyak yang mengatakan touring sebagai pelepas penak akan rutinitas harian. Maka tidak jarang kita akan menjumpai banyak rombongan touring pada saat hari libur Nasional. Seperti sobat Otomaniac ketahui juga Touring juga semakin menyenangkan bila dilakukan bersama sama baik dengan komunitas, Teman dan Saudara.

Namun Perjalanan Touring yang jauh pastinya membutuhkan persiapan, baik dari orangnya sendiri sampai dengan motor yang akan di ajak Touring haruslah prima karena akan digeber untuk perjalanan jauh. Persiapan Sebelum Touring sendiri membutuhkan banyak hal pelengkap seperti pengetahuan menggenai Touring jangan asal-asalan karena ada beberapa peraturan melakukan touring secara berkelompok.

Baik Touring menggunakan motor besar maupun motor bebek sekalipun pstinya harus memperhatikan kendaraan yang akan sobat gunakan, Mulai lakukan pengecekan dari ganti Oli, Kondisi ban, Mesin yang prima sampai dengan kelengkapan motor supaya nantinya tetap aman tanpa khawatir terhadap resiko kena tilang polisi karena motor tidak standar.  Menembus batas wilayah dan menyambangi tempat baru dengan menggunakan motor kesayangngan merupakan hal yang sangat mengasikan.

Advertisement

Meskipun mengasikan nyatanya sobat perlu melakukan Persiapan Sebelum Touring agar nantinya tidak menemui kendala di jalan. Kali ini OTOMANIAC.COM akan memberikan informasi menggenai Tata cara dan Pesiapan Sebelum Touring yang wajib di perhatikan oleh para rider baik yang menggunakan MOGE maupun menggunakan motor bebek sekalipun.

Persiapan Sebelum Touring Yang Harus Diperhatikan

Persiapan Sebelum Touring Yang Wajib Diperhatikan

Persiapan Sebelum Touring Yang Wajib Diperhatikan

1. Helm

Persiapan Sebelum Touring yang pertama adalah HELM, helm merupakan perangkat wajib hukumnya untuk digunakan baik saat touring atapun berkendara sehari hari, pastikan juga helm yang sobat gunakan merupakan helm dengan label Standar Nasional Indonesia (SNI). Baik nanti helm halfface maupun helm full face haruslah memiliki label SNI. Untuk menggunakan helm pun tidak bisa sembarangan pastikan helm yang sobat kendarai merupakan helm yang sesuai dengan ukuran kepala, pastikan juga tali pengikat dan kancingnya bisa digunakan dnegan baik.

Pastikan juga helm yang digunakan bisa dikunci dengan baik. Dengan mengunakan helm yang tidak pas dengan ukuran kepala membuat helm akan tidak maksimal dalam melindungi kepala kita bila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Berikut juga rekomendasi HELM TERBAIK UNTUK TOURING yang mungkin bisa menjadi referensi terbaik untuk sobat.

2. Jaket

Menggunakan jaket merupakan salah satu persiapan yang wajib diperhatiakan. Pemilihan jaket yang tepat untuk Touring juga menjadi salah satu hal penting, usahakan menggunakan jaket yang menggunakan bahan kuat, mampu menutupi bagian badan bahkan sampai leher dan pergelangan tangan. Selain itu gunakan juga jaket yang memiliki proteksi tambahan yang lebih selain juga menggunakan jaket dengan ukuran yang pas untuk tubuh kita.

3. Jas Hujan

Akan menjadi hal yang cukup menggelikan rasanya jika sedang Touring terjadi hujan dan kita lupa membawa jas hujan. Oleh karena itu Jas Hujan juga sangat layak masuk dalam Persiapan Sebelum Touring. Disini sobat harus membawa jas hujan yang usahakan berwarna terang agar mampu memberikan pandangan yang lebih pada kendaraan lain terhadap posisi sobat. Pasalnya pada saat hujan pandangan mata akan sangat terbatas.

4. Pakaian Ganti

Persiapan Sebelum Touring selanjutnya adalah pakaikan ganti, wajib hukumnya membawa pakaian ganti terutama untuk sobat yang akan touring ke tempat yang cukup jauh bahkan sampai bermalam maka wajib hukumnya membawa pakaian ganti. Satu hal yang perlu diperhatikan bawalah atau kenakanlah pakaian yang mampu menyerap keringat dengan maksimal karena di perjalanan pastinya kita akan banyak terkena sinar matahari yang membuat kulit gampang berkeringat.

5. Sepatu

Motor Terbaik Untuk TouringKurang lengkap rasanya jika Touring tidak menggunakan sepatu. Selain untuk memberikan style maksimal bagi rider dengan menggunakan sepatu otomatis akan memberikan perlindungan pada kaki dari terik sinar matahari dan juga panasnya mesin motor. Gunakan sepatu yang terbuat dari kulit, tahan air dan pastinya nyaman saat digunakan. Karena pentingnya menggunakan sepatu maka hal ini termasuk dalam Persiapan Sebelum Touring.

6. Kendaraan

Periksa semua komponen dalam mesin sebelum memasikan ikut Touring. Perjalanan Touring yang jauh pastinya membutuhkan kendaraan yang Prima, akan sebagus apapun motornya bila tidak diperlakukan jor-joran bahkan untuk perjalanan jauh pastinya akan sangat tidak baik. Mulailah dengan melakukan pengecekan terhadap Roda, Ban, Mesin, Pemeriksaan dapat dilakukan di bengkel resmi, agar lebih terpercaya.

7. Obat-obatan

Persiapan Sebelum Touring Selanjutnya adalah mempersiapkan obat-obatan dan bekal yang diperlukan. Karena obat-obatan bisa menjadi hal penolong penting pada berbagai kondisi yang tak terduga hal ini juga sangat penting mengingat belum tentu kita akan dengan mudah menemukan klik dengan bila terjadi hal yang tidak di inginkan tersebut.

8. Ketahui Medan Jalan Dan Lokasi

Mengathui medan jalan dan lokasi merupakan salah satu hal yang cukup bijak saat akan memutuskan mengikuti Touring. Dimana dengan mengetahui medan yang tepat tersebut pastinya kita bisa mengambil banyak keputusan dan memikirkan hal-hal terburuk saat melakukan touring di lokasi tersebut. Bahkan Persiapan Sebelum Touring yang matang saja rasanya akan kurang tanpa mengetahui lokasi dan medan jalan yang akan dilalui.

9. Kondisi Fisik

Persiapan Sebelum Touring Yang Wajib DiperhatikanPersiapan Sebelum Touring yang paling akhir adalah kondisi fisik, meskipun mengasikan nyatanya Touring merupakan aktifitas yang sangat melelahkan oleh karena itu pastikan juga sobat sedang bugar dalam melakukan perjalanan Touring. Salah satu hal yang penting ini diupayakan untuk menghindari kecelakaan pada saat berkendara karena kondisi fisik yang sedang lemah. Pastikan juga lakukan isirahat yang cukup sebelum ikut serta Touring.

Baca Juga : Penyebab Motor Brebet Dan Solusinya

Sobat para rider juga pasti tahu melakukan Touring merupakan hal yang mengasikan, namun untuk bisa menikmati Touring dengan maskimal dan agar tidak merepotkan rombongan maka perlu dilakukan persiapan yang matang. Lakukan persiapan yang matang mulai dari kendaraan, perlengkapan dan juga kondisi fisik yang prima merupakan hal yang perlu diperhatikan. Demikian ulasan menggenai Persiapan Sebelum Touring Yang Wajib Diperhatikan semoga bisa bermanfat.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement