Penyebab Mobil Alami Body Roll / Limbung Dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Penyebab Mobil Alami Body Roll – Dalam berkendara tentu ada begitu banyak yang mempengaruhi kenyamanan, salah satu permasalahan yang sering terjadi ketika mobil berjalan, terutama pada saat melaju pada kecepatan tinggi di tikungan, pada beberapa mobil mengalami body roll atau yang sering kita sebut dengan limbung.

Limbung sendiri terjadi karena pengaruh ketidak seimbangan pada mobil itu sendiri, sehingga efeknya ketika pengemudi berada di tikungan akan merasakan seolah terlempar ke arah sebaliknya, bahkan parahnya lagi hal ini membuat pengemudi merasa mobil yang dikendarainya akan terguling.

Adapun jenis mobil yang sering mengalaminya adalah mobil dengan ground cllearance tinggi seperti halnya Big SUV, Bus, Truck, tapi tidak menutup kemungkinan mobil mobil berukuran mini diantara tipe City Car juga mengalami hal ini, karena penyebab mobil alami body roll sendiri dipengaruhi banyak hal, mulai dari sisi desain, suspensi ataupun mesin.

Advertisement

Tetapi satu hal yang cukup mengerikan pada mobil yang mengalami body roll adalah sebuah kecelakaan, maka tidak heran jika kita sering mendengar sebuah mobil terguling pada saat melaju kencang di tikungan. Namun terlepas dari hal itu, dan untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak di inginkan, sebaikan simak langsung dari Penyebab Mobil Alami Body Roll / Limbung berikut ini.

Daftar Penyebab Mobil Alami Body Roll

Daftar Penyebab Mobil Alami Body Roll

1. Tekanan Angin Ban Tidak Sesuai

Selain ban tipis, penyebab mobil alami body roll pada ban juga bisa terjadi karena tekanan angin ban berkurang jauh dari ambang batas yang telah di tentukan. Di sisi lain tekanan ban yang berbeda antara pada sisi kanan kirinya juga menjadikan mobil limbung. Sehingga sangat disarankan sebelum bepergian jauh sebaiknya cek tekanan ban, dan sesuaikan dengan batas tekanan yang telah ditentukan.

2. Suspensi Bermasalah

Bagian kaki – kaki seringkali menjadi salah satu penyebab mobil mengalami body roll atau limbung. Terlebih bila suspensi sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama, yang mengakibatkan lemahnya daya redam suspensi, yang menyebabkan berkurangnya kestabilan sebuah mobil, sehingga menjadikan mobil alami body roll.

Namun perlu digaris bawaih, bukan hanya suspensi rusak saja yang bisa mengalami hal demikian, akan tetapi suspensi baru yang terlalu empuk juga menjadikan mobil tidak stabil / limbung, dimana hal ini akan begitu terasa ketika mobil melaju pada kecepatan tinggi dan menikung.

3. Kondisi Ban Tidak Fit

Ban merupakan salah satu komponen vital pada sebuah mobil, karena dengan bagian inilah mobil dapat berjalan dengan benar dan stabil, serta tentunya dapat memberikan kenyamanan terhadap pengguna ketika berkendara.

Akan tetapi kenyamanan tersebut dapat seketika hilang pada waktu ban sudah mulai menipis, yang mana daya cengkram terhadap jalanan terutama aspal menjadi berkurang, alhasil mobil akan terasa limbung sekalipun berada pada jalanan lurus.

4. Masalah Pada Pengereman

Rem bermasalah menjadi salah satu penyebab mobil alami body roll, hal ini tentunya akan sangat terasa ketika melakukan pengereman secara mendadak, jika mobil saat di rem bergoyang, ini menunjukan kalau mobil limbung, dan harus cepat – cepat melakukan pengecekan bagian pengereman.

Jika mengalami hal demikian, biasanya yang rusak adalah bagian rotor rem, bisa karena efek pemakaian yang sudah lama, juga bisa dikarenakan efek dari panas mesin, nah bila sudah sampai diakibatkan masalah seperti itu, segeralah kosultasikan ke mekanik terpercaya untuk mendapatkan perbaikan yang tepat, pasalnya pengereman yang bermasalah tentu akan membahayakan siapa saja yang berada di dalam mobil nantinya.

5. Masalah Pada Bagian Mesin

Ada banyak faktor yang membuat mobil terasa limbung, dan bagian mesin juga masuk kedalam salah satu diantaranya. Sebenarnya tidak terlalu ke arah kerusakan mesin, tetapi dikarenakan komponen penghubung antara mesin dengan chasis atau di sebut pula sebagai mounting, yang mana didalamnya terdapat karet untuk meredam getaran.

Bila karet pada mounting sudah keras atau aus, menyebabkan getaran mesin akan begitu terasa pada mesin, terutama pada kecepatan tinggi. Hal ini juga dapat pula terjadi karena mesin bermasalah karena kurangnya pasokan udara yang menyebabkan mobil berjalan tersendat – sendat, jika sudah demikian, tentu tingkat keseimbangan menjadi berkurang, dan menjadikan mobil limbung.

6. Desain Mobil

Limbung tidak serta merta disebabkan komponen mobil yang mengalami kerusakan, akan tetapi juga dapat dikarenakan bawaan, atau lebih tepatnya karena desain mobil itu sendiri. Misalnya pada mobil SUV yang memiliki ukuran besar dan memiliki ground clearance tinggi, dua hal tersebut menjadikan sebuah mobil limbung.

Untuk mengantisipasinya bisa dengan memasang stabilizer pada bagian kaki – kaki, baik itu pada bagian depan maupun belakang. Tapi dengan catatan, pilihlah stabilizer yang sudah teruji dan terbukti efektifitasnya, jangan asal pilih dan tergiur karena harga murah.

7. Karet Bushing Aus

Karet bushing ada pada beberapa bagian kaki – kaki, mulai dari arm, stabilizer, sampai dengan suspensi. Jika karet tersebut sudah longgar atau aus karena efek dari lama pemakaian akan menyebabkan tidak eteraturnya sistem kemudi, yang menjadikan mobil mengalami limbung.

8. Ball Joint Aus

Sama halnya dengan karet bushing, ball joint juga memiliki batas pemakaian, yang biasanya akan ditandai dengan bunyi tidak enak didengar ketika mobil melaju dijalanan atau ketika mobil berjalan menikung, selain itu jika ball joint sudah aus juga akan sangat mengurangi rasa nyaman ketika mobil akan berbelok, ataupun ketika melebihi kecepatan tertentu yang ditandai seolah mobil tidak stabil padahal stir kemudi pada kondisi yang lurus.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Ban Honda Scoopy Cara Mengencangkan Rantai Motor

Ada cukup banyak hal yang menjadi penyebab mobil alami body roll, ama dari itu jika mengalami salah satu tanda – tanda atau mengalami penyebab yang kami sebutkan diatas, ada baiknya sobat otomotif segeralah konsultasikan terhadap mekanik untuk melakukan perbaikan yang tebat, agar nantinya mobil dapat digunakan secara nyaman dan aman kembali. “SALAM OTOMOTIF”

5/5 (1 Review)
Advertisement