Cara Mudah Mengganti Minyak Rem Tanpa Harus Ke Bengkel

Advertisement

Cara mudah mengganti minyak rem – Mengganti minyak rem pada kendaraan memang harus dilakukan, agar perfoma rem pada setiap kendaaraan selalu baik. Selain itu, menggati minyak rem juga salah satu perawatan kendaaraan yang harus di lakukan secara rutin, hal ini tentu saja mengingat jika fungsi dari Rem ini sangat lah vital.

Sebenarnya ada beberapa cara merawat rem yang harus di perhatikan yakni perhatikan dan cek pula kampas rem, apakah masih tebal ataukah sudah habis? jika sudah habis maka segeralah ganti kampas rem tersebut agar rem bisa berfungi dengan makimal dalam menahan laju kendaraan.

Untuk kali ini kami akan sedikit mengulas mengenai beberapa cara mudah mengganti minyak rem pada sepeda motor tanpa harus pergi ke bengkel. Ya, megganti minyak rem sepeda motor memang bisa kalian lakukan dirumah asalkan kalian mengerti dan tahu cara-caranya.

Advertisement

Namun sebelum kalian mengganti minyak rem pada motor anda, kalian harus mempersiapkan beberapa peralatan yang di butuhkan seperti obeng, kunci ring 10, selang kecil, penampung, kain lap dan minyak rem baru. Lalu bagaimanakah cara mudah mengganti minyak rem pada motor kita? berikut informasi lengkapnya.

Cara Mudah Mengganti Minyak Rem

Cara mudah mengganti minyak rem motor

Dalam mengganti minyak rem kita memang harus memperhatikan langkah-langkahnya agar minyak rem yang akan kita ganti tidak tumpah pada body motor kita. Sebaiknya sebelum menggatinya kalian mempesiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, agar pergantian minyak rem ini berjalan dengan cepat. Nah berikut adalah cara mudah menggatu minyak rem motor tanpa harus pergi ke bengkel.

1. Pasang Selang Pada Niple Bledder

Langkah petama yang harus diperhatikan adalah kalian harus memasang selang kecil pada baud bledder. Hal ini digunakan untuk menguras minyak rem yang akan kita melalui baut ini. Pertama kita buka penutup baut bledder lalu posisikan kunci ring 10 pada baut bledder. Setelah itu, anda bisa menancapkan ujung selang kecil pada niple bledder sementara ujung lainya anda letakan pada penampung minyak rem bekas.

2. Buang Minyak Rem Yang Lama

Selnjutnya anda perlu membuka niple bledder dengan memutar baut bledder ke arah kebalikan jarum jam (mengendorkan). Putar hingga baut dirasa kendur, lalu tekan rem hingga beberapa kali. Pada proses ini, minyak rem dari dalam saluran hidrolis akan keluar melalui niple bledder melewati selang dan tiba pada penampung. Terus kocok rem hingga aliran minyak rem terhenti. Nah, setelah minyak rem habis, maka tuas rem akan terasa ringan dan ngeplos.

3. Buka Skrup Reservoir

Setalah itu, kalian harus membuka tutup reservoir dengan menggunakan obeng yang ujungnya plus (+). Bagi yang belum familiar pasti akan bertanya apa itu reservoir? Ya, reservoir merupakan tangki penyimpan cadangan minyak rem. Reservoir biasanya memiliki bentuk kotak dan pada penututupnya terdapat dua buah baut skrup. Reservoir ini biasanya juag terdapat pada bagian stang motor dan diposisikan agak masuk kedalam head cover motor. Jadi kami sarankan berhati-hatilah saat melepaskan tutup reservoir tersebut.

4. Isi Reservoir Dengan Minyak Rem Baru

Untuk langkah yang selanjutnya ialah isi minyak rem yang baru pada reservoir tersebut. Sama seperti yang diatas, minyak rem baru juga memiliki zat asam yang mampu membuat cat motor terkelupas. Jadi sebaiknya kami sarankan untuk berhati-hati dalam menggnati minyak rem tersebut dan jangan sampai tumpah kepada body motor tersebut.

5. Kocok Tuas Rem

Setelha resevoir terisi penuh, maka kalian perlu kocok tuas rem hingga beberapa kali, dengan kondisi baut niple bledder masih terbuka. Ini akan menyebabkan minyak rem baru pada reservoir masuk kendalam saluran hidrolis dan mendorong minyak rem lama keluar menuju niple bledder. Akan tetapi perhatikan juga volume minyak rem pada reservoir dan disarankan jangan sampai habis. Oleh karena itu, hentikan mengocol tuas rem hingga minyak rem pada reservoir hampir habis.

6. Tutup Niple Bledder dan Isi Lagi Minyak Rem

Selanjutnya, tutup kembali niple bledder dengan menggunakan kunci 10 ring yang masih tertempel. Namun bisarkan selang menempel pada niple bledder. Lalu, isi juga minyak rem pada reservoir hingga penuh.

7. Lakukan Bledding Rem

Nah langkah selanjutnya kita akan melakukan bledding rem atau membuang angin pada rem cakram. Caranya ialah setelah minyak rem terisi penuh kita kocok dan tekan tuas rem beberapa kali hingga terasa berat. Jika tuas rem sudah dirasa berat maka tehan tuas rem lalu buka baud bledder. Saat anda membuka baut bledder maka minyak rem yang ada pada saluran hidrolis akan keluar bersama dengan gelembung udara dan tuas rem yang anda tahan akan melemah. Kemudian kencangkan lagi baut niple bledder ketika tuas rem sudah menyentuh stang.

8. Penuhi Minyak Rem dan Tutup Reservoir

Nah, jika rem sudah normal dan tidak ada gelembung udara yang keluar dari niple maka kencangkan baut bledder dan lepas selang dari niple bledder lalu tutup lagi niple bledder dengan baut penutupnya. Sementara itu, dibagian atas isi lagi minyak rem hingga penuh, kemudia tutup kembali reservoir dan kencangkan kedua baut skrup menggunakan obeng. Selanjutnya kalian cek apakah ada minyak rem yang menetes pada body motor atau tidak. Jika ada maka segeralah untuk mengelap dengan kain yang bersih.

Nah sobata otomotif, itulah beberapa cara mudah dalam menggati minyak rem pada motor. Kalian bisa melakukanya sendiri dirumah tanpa harus pergi kebengkel, dengan mempersiapkan semua alat-alat seperti kunci 10 ring, obeng serta beberapa perlengkapan lainya kalian sudah bisa mengganti minyak rem sendiri dirumah. Namun sebelum mengganti minyak rem tersebut, sebaiknya kalian pilih minyak rem yang memiliki kualitas yang bagus.

Baca Juga Informasi Lainnya
Penyebab Mobil Alami Body Roll Harga Minyak Rem Mobil Terbaru

Ada dua piliha mintyak rem untuk motor yakni DOT3 dan DOT4. Untuk minyak rem DOT4 memang memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan minyak rem DOT3. Hal ini menandakan jika minyak rem DOT4 memiliki kualitas yang lebih bagus. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mudah mengganti minyak rem motor, semoga informasi ini bisa bermafaat bagi kalian semua.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement