Cara Mengencangkan Rantai Motor Yang Kendor (MUDAH)

Advertisement

Cara Mengencangkan Rantai Motor – Rantai merupakan sebuah komponen dalam sepeda motor yang sangatlah penting. Sebagai salah satu komponen yang menyalurkan tenaga penggerak dari mesin ke roda tentunya keberadaan Rantai motor sangatlah penting. Dengan sistem kerjanya tersebut pastinya suatu saat rantai motor akan mengalami kendor, terlebih pada motor harian yang sering digunakan.

Pasatinya lambat lain motor tersebut akan mengalami masa kendur. Penggunaan motor yang sering bukak tutup gas sesuka hati juga akan mengakibatkan Rantai Motor menjadi cepat kendur. Jika di biarkan tentu saja akan berdampak buruk, mulai dari tenaga yang berkurang sampai dengan rawan terjadinya slip yang akan berakibat berbahaya kepada pengguna. Maka dari itu Perawatan rantai motor juga harus diperhatikan di samping juga umur rantai motor tersebut.

Rantai pada motor bebek dan motor sport pastinya memiliki mekanisme yang sama dan perawatan yang tidak berbeda jauh. Meskipun untuk mengencangkan rantai motor biasanya sobat menunggu servis bulanan namun mengencangkan rantai motor sangatlah mudah. Maka dari itu sobat Otomotif perlu nih mencoba untuk mengencangkan rantai motor sendiri. Karena pada dasarnya sangartlah mudah.

Advertisement

Untuk “Mengencangkan Rantai” motor sobat Otomotif wajib memiliki alat-alat seperti kunci ring dan kunci pas. Jika alat-alat tersebut maka langkah selanjutnya adalah tinggal mencari tempat yang memiliki permukaan yang rata dan cukup lapang untuk melakukan pengencangkan Rantai Motor. Berikut adalah beberapa tahapan yang perlu di persiapkan untuk Mengencangkn Rantai Motor Yang kendor.

Mudah Cara Mengencangkan Rantai Motor

Cara Mengencangkan Rantai Motor

Cara Mengencangkan Rantai Motor

1. Persiapkan Alat

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan alat-alat untuk mengencangkan rantai motor. Adapun alat-alat yang di perlukan adalah kunci ring dan kunci pas sesuai dengan ukuran baut as roda dan mur pengencang rantai di bagian ujung lengan ayun. Bisa juga dengan menambahkan martil atau sejenisnya.

2. Lokasi Yang Rata

Selanjutnya adalah dengan mencari lokasi yang rata. Jika sudah menemukan lokasi yang kiranya nyaman dan rata maka sobat Otomotif bisa melanjutkan dengan memasang standar tengah pada motor. Jangan Lupa saat melakukan standar tengah tersebut perseneling dalam keadaan netral, Jika perlu menggunakan tatakan maka bisa menggunakan tatakan. Hal ini wajib digunakan apabila tempat yang digunakan labil atau tidak rata, Gunakan tatakan seperti kayu.

3. Ukur Tingkat Kekenduran Rantai

Langkah selanjutnya adalah dengan mengukur seberapa kendur rantai motor. Cara ini di lakukan agar natinya sobat Otomotif bisa mengira berapa tepatnya roda ditarik kebelakang. Dengan menggunakan kunci ring angkat bagian rantai bawah untuk mengetahui seberapa kendur rantai motor.

4. Mengendurkan Baut as Roda

Jika memang rantai cukup kendur dan melewati batas toleransi maka langkah selanjutnya adalah dengan mengendurkan baut as roda. Jangan lupagunakan kunci ring agar baut as roda tidak slek atau lanas. Selanjutnya sesuaikan juga ukuran baut dengan besar kecilnya kunci yang digunakan. Lakukan putaran melawan jarum jam.

5. Sesuaikan

Setelah dirasa cukup maka langkan selanjutnya adalah mengatur Kencangnya rantai sesuai keinginan pengguna. Untuk mengatur kekencangan dan kendurnya rantai maka sobat hanya perlu memutar baut penyetelan dibagian ujung lengan ayun. Samakan posisi baut dengan garis-garis penanda yang terdapat pada lengan ayun agar posisi ban lurus.

6. Kencangkan Rantai

Jika di rasa sudah lurus bagian kanan kiri dan rantai juga sudah kencang maka langkah selanjutnya adalah dengan mengencangkan kembali rantai motor. Kencangkan rantai motor dengan benar menggunakan kunci pas. Jangan Lupa lakukan dahulu kencangkan kembali baut as roda dan baut penyetelan rantai tadi dengan benar dan kencang.

7. Cek Putaran Roda

Langkah selanjutnya adalah melakukan penggecekan pada putaran roda, pastikan roda masih memiliki putaran yang aman. Dimana rantai masih memiliki jarak yang aman, tidak terlalu kencang dan juga tidak terlalu kendur. Jika dirasa sudah memuasakan jangan lupa berikan sedikit cairan pelumas rantai motor supaya tarikan semakin enteng.

Mengencangkan rantai motor bukanlah masalah yang sulit bahkan bagi sobat Otomotif yang masih pemula dan jauh dari pengetahuan Otomotif juga pastinya bisa mengencangkan Rantai Motor sendiri dirumah. Asalakan tahu step-step yang benar dan tepat maka untuk melakukan cara tersebut sangatlah mudah. Atau bahkan memasang Rantai motor baru juga sangat mudah loh. Bisa di cek Juga Harga Rantai Motor Terbaru Berkualitas Terbaik.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membersihkan Mesin Mobil Yang Benar Harga Minyak Rem Mobil Terbaru

Nah itu dia beberapa tahapan yang perlu sobat Otomotif ketahui dan lakukan dalam mengencangkan rantai motor. Rantai motor selain harus kencang juga wajib memiliki durability yang oke, maka dari itu saat sudah waktunya melakukan pergantian rantai motor karena umur rantai motor maka segeralah melakukan pergantian. Demi memberikan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

5/5 (1 Review)
Advertisement