Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil Agar Tetap Awet

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil – Bagi anda pecinta otomotoif pastinya tak akan bingung ketika ditanya satu persatu komponen yang ada disebuah motor. Namun akankah sobat otomotif tau bagaimana cara merawat komponen-komponen tersebut agar tetap bisa awet ? Yapz pertanyaan inilah yang mungkin perlu kita pahami agar kita sebagai pemilik kendaraan bermotor selalu bisa menjaga kondisi motor tetap dalam kesempurnaan. Dan dari sekian banyakanya komponen yang paling sering dilupakan adalah knalpot. Pada dasarnya komponen yang satu ini merupakan komponen yang cukup vital untuk setiap kendaraan.

Advertisement

Karena komponen yang satu ini merupakan komponen yang memiliki tugas untuk memproses hasil pembakaran antara oksigen dan juga bahan bakar yang terjadi diruang bakar untuk dimanfaatkan sebagai penyuplai tenaga tambahan. Dengan semakin seringnya sobat melakukan perawatan pada knalpot tentu saja kondisi normal akan selalu sobat dapatkan. Bahkan dari beberpa informasi jika kondisi knalpot yang ada pada motor sobat mulai loyo dapat mengakibatkan tenaga yang akan dikeluarkan pun terasa semakin kurang maksimal.

Akan tetapi bagi sobat yang tetap ingin merasakan sensasi mengesankan dari kanlpot orisinil dalam jangka waktu lama ada beberpa cara merawat knalpot motor orisinil yang perlu sobat perhatikan. Dalam perawatan yang sering sobat lakukan ini selain bisa berpengaruh pada performa yang akan diberikan, tampilan motor sobat pun akan tetap sempurna. Sehingga bepergian menggunakan motor akan terasa lebih percaya diri. Bahan dari beberpa cara merawat knalpot motor orisinil yang akan kita bahas dibawah ini ada beberpa point yang perlu benar-benar perhatikan.

Namun ada beberpa cara yang paling mudah untuk bisa kita lakukan setiap hari, dan apalagi kalau bukan mencucinya. Namun akankah dengan mencuci setiap hari kondisi knalpot tersebut akan tetap awet ? Untuk itulah ada beberpa cara yang bisa kita lakukan agar tak selamanya kita harus mencuci setiap hari motor yang kita miliki. Jadi bagaimana cara merawat knalpot motor orisinil yang paling benar ? berikut dapat sobat simak langkah-langhanya untuk bisa membuat kondisi knalpot motor orisinil sobat tetap berkualitas.

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil dengan Benar

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil Agar Tetap Awet

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil Agar Tetap Awet

1. Memanaskan motor memang menjadi salah satu hal yang paling penting kita lakukan untuk bisa membuat mesin tetap terjaga dalam kondisi sempurnanya. Namun perlu diperhatikan sebenarnya melakukan pemanasan mesin motor yang memakan waktu terlalu lama akan berpengaruh terhadap kondisi knalpot. Karena dalam beberpa pengujian dengan semakin lamanya memanaskan motor dapat membuat karat dan kekuningan pada bagian kanalpot yang diakhibatkan oleh menempelnya kotoran yang ada disekitar. Untuk itu panaskan mesin motor dengan secukupnya dan pastikan jangan terlalu lama.

Advertisement

2. Cara merawat knalpot motor orisinil yang kedua bisa dibilang juga merupakan langkah yang cukup mudah, karena kita hanha perlu membersihkan lubang buang pada silincer dengan hanya memberikan oli secukupnya. Dan cara ini disarnkan untuk lebih maksimal sobat lakukan 2 bulan sekali. Dengan dibersihkannya lubang buang pada silincer secara rutin membuatnya akan tetap awet dan pastinya mencegah terjadinya kebocoran karena keroposnya knalpot dibagian silincer ataupun leher knalpot yang dapat mengakibatkan kualitas suara semakin jelek.

3. Nah bagi sobat yang saat membaca informasi ini ternyata kondisi knalpot sudah mulai berkarat, ada baiknya untuk segera membersihkan dan membuat karat yang menempel pada knalpot dengan menggunakan sikat serta sabun untuk lebih mudahnya. Hal ini tentu saja membuat kondisi knalpot semakin terlihat bersih tanpa adanya warna kekuningan yang ditimbulkan dari kerak kotoran yang menempel. Namun jika dirasa cukup susah untuk dibersihkan karena sudah menempel, ada bagiknya gunakanlah sikat kawat untuk membersihkannya.

4. Dengan menggunakan cara diatas tentu saja tampilan yang akan dimiliki kenalpot motor orisinil sobat jauh lebih bersih dan nyaman dipandang. Adapun setelah selesai dibersikan dan dipastikan sudah tak ada lagi karat yang menempel, sebaiknya segeralah oleskan oli bersih pada leher knalpot secara merata dan segeralah hidupkan mesin untuk sedikit memberikan panas pada bagian-bagian knalpot sehingga oli yang dioleskan sedikit demi sedikit mulai menghilang dan meresap alhasil tampilan pun semakin bersih.

5. Kemudian cara merawat knalpot motor orisinil agar tetap bersih dan tetap terjaga kualitasnya yang paling mudah adalah bersihkan setiap kali motor anda terkna air hujan. Karena kebanyakan dari para pengguna motor selalu enggan untuk segera membersihkan lapisan leher knalpot ketika sudah terkena air hujan. Bahkan jika perlu bersihkan dengan air lalu keringkan dan segeralah semprot dengan cairan anti karat untuk menjaga knalpot orisinil yang ada tak mudah terkena karat atau kekuningan.

Advertisement

6. Dari begitu banyaknya motor yang ada dipasar saat ini memang membuat banyak produsen juga menghadirkan tipe kanalpot yang berbeda-beda. Dan salah satu yang paling sering kita jumpai adalah knalpot orisinil yang terbuat dari bahan chrome. Adapun cara merawat knalpot motor orisinil tipe knalpot seperti ini bisa dibilang cukup mudah karena anda hanya perlu membersihkannya dengan kain lap halus dan bersih agar tak menimbulkan bekas seperti goresan.

7. Jika menggunakan cara-cara diatas masih belum juga bisa hilang mungkin langkah terakhir yang perlu sobat lakukan adalah membersihkan karat yang menempel dengan menggunakan cairan protex sehingga kotoran, karat serta korosi yang menempel akan sangat mudah dihilangkan. Hanya saja perlu sobat perhatikan bahwa penggunaan metode ini dapat membuat cat blok mesin atau yang berada disekiarnya terkena akan langsung luntur. Jadi berhati-hatilan saat mengunakan cairan ini.

8. Periksalah lubang pembuangan air yang terdapat dibagian bawah silincer setiap kenalpot motor. Jika saat diperiksa kondisi lubang pembuangannya tertutup segeralah buka menggunakan alat tusuk seperti paku atapun sejenisnya. Hal ini dimungkinkan untuk memberikan akses pembuangan air yang lebih lancar.

Tips Merawat Knalpot Motor

Tips Merawat Knalpot Motor

9. Nah cara merawat knalpot motor orisinil yang terakhir adalah selalu periksalah kebocoran paking kanalpot serta jangan lupa selalu periksa pula kekencangan baut yang ada disekitar knalpot. Hal ini perlu sering-sering sobat lakukan karena ketika terjadi kenodor pada baut yang ada bisa membuat suara yang dikeluarkan tak sempurna dan juga membuat proses pembuangan gas yang tidak sempurna dan dapat mengakibatkan penggunaan bahan bakar yang boros.

Baca Juga : Cara Merawat Pintu Geser Mobil

Nah itulah beberapa tips dan cara merawat knalpot motor orisinil agar tetap awet dan tetap bisa memberikan performa serta mampu menjalankan fungsi dan tugasnya secara sempurna. Adapun untuk sobat yang mungkin tak sempat melakukan perawatan secara berkala pada kendaraan yang anda milki mungkin akan leibh baik untuk sesering mungkin melakukang service pada tempat-tempat service yang ada disekitar sobat. Hal ini tentu saja akan memberikan kinejra knalpot semakin sempurna dan tetap bisa beroperasi dengan baik. Nah demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar tips dan cara merawat knalpot motor orisinil semoga bisa bermanfaat untuk sobat. “SALAM OTOMOTIF”

Advertisement

Advertisement