Cara Merawat Pintu Geser Mobil Supaya Awet

Cara Merawat Pintu Geser Mobil – Pada umumnya mobil yang menggunakan pintu geser adalah mobil-mobil kelas MPV, seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya jika pintu geser dari mobil ini sangatlah membutuhkan perawatan exstra karena jika sampai gancet di jalan biasanya akan sulit di perbaiki pada hari itu, butuh penanganan sang ahli untuk membuat pintu Geser yang rusak menjadi baik seperti sedia kala, alangkah baiknya jika sobat bisa merawatnya dengan baik sehingga tidak kawatir dengan resiko tersebut.

Advertisement

Pintu geser pada mobil MPV sangatlah memberi kesan premium pada kendaraan MPV,  tentu saja ada beberapa perawatan dan cara membuat pintu mobil supaya dapat tertutup dan terbuka dengan rapat. untuk membuka pintu sliding pada mobil MPV biasanya ada dua cara yakni secara otomatis dan cara manual, kedua cara ini tentunya sama-sama membutuhkan perawatan exstra, dimana pada mobil MPV yang menggunakan cara otomatis pada sistem pembukaanya juga sama-sama membutuhkan perawatan yang exstra.

Pada mobil yang menggunakan pintu geser biasanya merupakan mobil-mobil MPV Premium, contoh saja seperti Honda Freed, Daihatsu Luxio, Toyota Alphard dan masih banyak lagi. pastinya selain memiliki pintu geser mobil-mobil tadi juga dibalut dengan body yang super premium, tampilan pintu geser pada mobil-mobil tadi memang layaknya pemanis namun pada umumnya perannya sangatpenting, tapi sayangnnya sebagian dari pemilik mobil-mobil dengan pintu geser tersebut belum merawat pintu gesernya dengn baik.

Mobil dengan menggunakan pintu geser pastinya lebih menarik dibandingkan mobil yang menggunana desain pintu biasa, meskipun menggunakan pintu geser bagusnya pasti mobil ini memiliki kemudahan dalam menggeser pintunya, pada sebagian mobil pastinya menggunakan pintu geser otomatis, namun perawatannya sebenarnya sama yakni pada masalah roda-roda pada pintu gesernya. untuk sobat yang penasaran bagaimana cara merawat pintu geser yang baik berikut adalah tips Cara Merawat Pintu Geser Mobil Supaya Awet.

Cara Merawat Pintu Geser Mobil Supaya Awet

Cara Merawat Pintu Geser Mobil Supaya Awet

Cara Merawat Pintu Geser Mobil Supaya Awet

1. Kondisi Rel Pintu Geser

Cara Merawat Pintu Geser Mobil salah satunya adalah dengan memperhatikan kondisi rel pintu geser, saat membersihkannya sebaiknya menggunakan lap khusus yang lebih halus karena kotoran kecil saja bisa mempengaruhi kondisi rel pintu geser, gunakan lap bersih untuk membersihkannya jangan lupa semprotkan cairan khusus seperti pelumas semprot hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan sisa pelumas. jangan lupa perhatikan juga bagian-bagian dalam rel pintu geser barang kali ada kotoran seperti daun yang masuk dalam bagian rel pintu geser.

Advertisement

2. Pelumas Gemuk

Cara Merawat Pintu Geser Mobil yang kedua adalah jika proses pertama sudah dilakukan setidaknya dua kali ya sob, Setelah rel dibersihkan pastinya tinggal kita olesi dengan gemuk (sejenis pelumas pasta yang menggandung paraffin), hindari penggunaan gemuk yang menggandung oli karena oli sendiri akan membuat debu mudah menempel, jangan gunakan juga oli semprot untuk rante motor ya sob itu beda lah, jangan lakukan perawatan dengan menggunakan oli untuk melumasi rel pintu sliding karena hanya akan cepat kotor dan nantinya akan berpengaruh dengan perfoma.

3. Bearing

Cara Merawat Pintu Geser Mobil yang berikutnya adalah cek dan rawat kondisi bearing, Bila pintu geser mulai menggeluarkan bunyi yang tidak biasa maka sudah saatnya sobat melakukan perawatan pada bearing, maka lumasilah bearing dengan hati-hati usahakan jika pelumasnya menetes ke body mobil maka langsunglah bersihkan dengan kain halus lalu siram dengan air lalu bilas lagi sampai kering. pada saat membersihkan bearing ini sobat haruslah cukup berhati-hati jangan sampai pelumas yang digunakan jadi menetes kemana-mana.

4. Untuk Menghemat Aki

Cara Merawat Pintu Geser Mobil kali ini untuk sobat yang pintu gesernya menggunakan sistem elektrik, sebagai tips saja sob saat kondisi mesin mati usahakan pintu geser jangan sering di buka tutup, dengan melakukan buka tutup pada pintu geser elektrik  pada saat mesin mati akan menyebabkan aki tekor alias berkurang banyak, saat sedang di buka atau di tutup sebaiknya jangan mempercepat gerakan pintu geser, biarkan sistem kerja elektrik bekerja dahulu sampai selesai, jika hal ini sering dilakukan pastinya akan merusak sistem kerja elektriknya.

5. Hindari Benturan

Cara Merawat Pintu Geser Mobil yang berikutnya adalah dengan menggurangi benturan, benturan yang dimaksud adalah jangan ada benturan keras saat menutup pintu mobil, dengan hentakan yang keras akan merusak pintu mobil bukan hanya pintu saja tapi bisa berakibatkan pada pengait pintu yang bisa rusak ataupun patah, labih baik tutup pintu dengan pelan saja biasanya pada pintu geser modern menutup pintunya sangatlah mudah, selain itu perhatikan juga siapa tahu ada benda di dekat pintu gesernya.

Advertisement

Tips Merawat Pintu Geser Mobil

Tips Merawat Pintu Geser Mobil

Salah satu keunggulan pintu geser pada mobil diantaranya Keuntungan yang utama tentu lebih praktis. Terlebih cara pengoperasiannya sederhana hanya dengan menarik hendel pintu atau hanya menekan tombol untuk yang elektrik. Bandingkan saja dengan model pintu biasa yang terkadang harus sering diulang karena kurang kencang dan menutupnyapun haruslah keras sampai menggeluarkan bunyi . mobil dengan model pintu geser atau yang juga disebut sliding door ini ternyata juga akan mempermudah saat berada di parkiran. kita sering menjumpai bebrapa mobil kesulitan di dalam parkiran karena tempat parkir yang sempit sehingga untuk membuka pintu saja kesulitan.

Baca Juga : 9 Motor Terbaru di Indonesia

Penggunaan pintu mobil dengan model sliding door sendiri ada dua pilihan tipe, yakni tipe manual dan tipe elektrik. Untuk model manual memang sedikit membutuhkan tenaga untuk buka dan menututup pintunya. sedangkan untuk model elektrik, sobat akan lebih dimanjakan dengan hanya membuka hendel pintu yang secara otomatis akan diikuti dengan bergesernya pintu ataupun dengan tombol yang ada di dasboard mobil. salah satu mobil yang menggunakan pintu geser adalah Toyota Alphard, Toyota NAV1,Previa.Honda  Freed dan Nissan Serena yang kebanyakan merupakan mobil MPV, demikian tips dan Cara Merawat Pintu Geser Mobil Supaya Awet semoga bisa bermanfaat untuk sobat.

Advertisement

Advertisement