12 Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil / Motor 2019, Murah & Cepat

Advertisement

Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor – Melihat cat pada bodi kendaraan yang kita miliki tentunya menjadi satu kepuasan tersendiri. Apalagi setelah kita melakukan perjalanan jauh dan terkena hujan, pastilah mobil kita kotor, lalu kita cuci untuk membersihkannya. Akan tetapi setelah itu biasanya setelah kering, bakal terlihat goresan – goresan seperti helaian rambut yang rapat. Alhasil mejadikan bodi mobil nampak kurang perfect, atau lebih tepatnya tidak kinclong lagi seperti baru turun dari dealer.

Hal tersebut bukan hanya berlaku pada mobil saja, tetapi juga motor. Namun kini sobat otomotif tidak perlu khawatir, pasalnya ada banyak cara untuk menjadikan bodi kembali mengkilat dengan cepat. Seperti cara praktisnya dengan menggunakan compound, yang nantinya tinggal oleskan terhadap bagian bodi, lalu di lap secara berulang sampai goresan tersebut hilang. Tapi tentunya sobat tau, hal tersebut berlaku untuk goresan tipis, atau hanya terjadi pada lapisan atas car.

Berbeda halnya bila goresan yang ada pada bodi mobil atau motor sampai dengan lapisan dalam, tentunya tidak hanya cukup dengan mengelap saja, dimana disini sobat harus menggunakan cara beda selain compound itu tadi. Sebut saja dengan mengandalkan scratch remover, yang penggunaannya sama seperti saat menggunakan stabilo pada sebuah kertas, sampai bagian yang terkena goresan benar – benar tertutup. Selanjutnya ada juga cara menghilangkan goresan pada mobil ataupun motor menggukan cara yang lebih murah.

Advertisement

Pasalnya kita ketahui bersama, untuk mendapatkan 2 penghilang goresan diatas, sobat harus mengeluarkan budget yang cukup lumayan. Nah, kalau yang ini sobat hanya perlu membeli obat nyamuk cair, dengan penggunaan kurang lebih sama seperti menggunakan compound. Lalu masih ada cara lain juga yang mungkin belum sobat tau, selengkapnya bisa sobat cek langsung beberapa Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor yang telah kami rangkum dibawah ini.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor

Cara menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor

Cara menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor

1. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan Obat Nyamuk Cair

Tak disangka – sangka, selain menjadi pembunuh nyamuk yang ampuh, obat nyamuk cair juga bisa di gunakan sebagai penghilang goresan atau baret pada bodi kendaraan milik sobat, yang caranya sangatlah mudah, karena cukup mengoleskan cairan tersebut terhadap bagian goresan secara merata, lalu kemudian tunggu dalam waktu 20 detik, lalu bilas dengan air, barulah di lap menggunakan kain halus atau dengan kanebo. Cara tersebut sebaiknya dilakukan berulang, agar hasilnya maksimal.

2. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan Cairan Amonia

Kalau tadi diatas menggunakan anti nyamuk, sekarang sobat bisa mencobanya dengan cairan amonia, yang sebelumnya di campur air. Mengenai takarannya, 15 ml airan amonia untuk ½ liter air, kemudian di campur atau di kocok sampai merata, baru masukan kedalam botol semprot agar lebih simpel, dan sekarang sobat tinggal semprotkan ke bagian goresan pada bodi mobil maupun motor, setelah itu gosok dengan kain halus atau kain microfiber sampai goresan yang ada benar – benar hilang.

Advertisement

3. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan Pasta Gigi

Disamping sebagai pemutih gigi, kini pasta gigi ternyata dapat kita andalkan sebagai penghilang goresan pada bodi. Dimana nantinya sobat tinggal mengoleskan pasta ke bagian baret, lalu biarkan sebentar, kurang lebih 1 menit, lalu barulah di gosok dengan kain halus. Cara ini sobat sebaiknya di ulang – ulang, hingga baret tersebut hilang. Tentunya sebagai catatan, kain yang sobat gunakan harus benar – benar halus jika menginginkan hasil terbaik.

4. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan Minyak Rem

Kita ketahui bersama kalau pada dasarnya minyak rem kalau terkena bagian kulit bakal terasa panas. Untuk itu, nantinya sebelum digunakan sebagai penghilang goresan, ada baiknya sobat otomotif siapkan dua kanebo kering, dikarenakan kanebo kering pertama bakal di kasi minyak rem yang selanjutnya di gosok searah pada bagian baret, setelah itu bilas menggunakan air, lalu baru bersihkan dengan kanebo kering yang kedua, dan seperti biasa, cara seperti ini harus dilakukan secara berulang kali.

5. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan Scratch Repair Pen

Lain halnya beberapa cara di atas, scratch repair pan memang dibuat sebagai penghilang goresan pada bagian cat bodi, dan hal itu berlaku untuk goresan yang dalam sekalipun. Caranya amat sangat mudah, karena sobat otomotif hanya perlu menggoreskannya pada bagian yang baret sampai dengan bagian tersebut tertutup rapi. Dan tidak perlu khawatir nantinya goresan pen ini hilang, karena scratch repaint pen bersifat permanent, jadinya bodi bakal terlihat perfect setiap saat, dan cara ini merupakan yang tercepat.

Advertisement

6. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan Spray

Cara ke lima ini sebaiknya sobat haruslah benar – benar bisa melakukannya, pasalnya “Spray” ini merupakan cat semprot yang bilamana penggunaannya asal, dapat memberikan efek kurang baik pada bagian bodi, jadi ada baiknya sobat otomotif langsung serahkan pada ahlinya. Namun tenang, proses keringnya sendi bakal berjalan singkat, jadi tidak perlu lagi menunggu lama setelah menggunakannya.

7. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan Compound

Compound sendiri merupakan zat pemoles yang bersifat abrasi, yang sangat ampuh untuk menghilangkan goresan tipis pada bagian bodi mobil maupun motor. Tetapi perlu sobat waspadi, karena zat yang ada pada penghilang goresan ini bakal membuat bagian cat yang ada semakin tipis, sehingga bila digunakan terlalu sering, malah memberikan efek kurang baik pada bagian cat bodi.

8. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan Amplas

Memang pada umumnya amplas digunakan untuk menghaluskan sebuah benda padat, dan hal itu juga bisa di terapkan bila baret atau goresan terdapat pada bagian bodi mobil maupun motor yang sobat miliki. Namun tentunya bukan amplas biasa, melainkan amplas khusus, dan cara penggunaannya juga harus ekstra hati – hati, dikarenakan kalau terlalu keras saat menggosoknya, bakal berakibat fatal.

9. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan Air

Selain digunakan untuk mencuci, air menjadi salah satu media yang ampuh guna menghilangkan goresan tipis pada bagian bodi. Terutama saat bodi motor maupun mobil kotor terkena lumpur setelah hujan – hujanan. Caranya sangatlah mudah, tapi dengan catatan, sobat diwajibkan menggunakan kain microfiber saat akan mengelap bagian tersebut, dimana sebelumnya dibasahi air terlebih dahulu sebelum digunakan.

10. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan T-UP Automotive Paint

Produk yang di sebut sebagai T-UP Automotive Paint ini merupakan cat khusus yang terbuat dari bahan sintesis nitro-cellulose dan epoxy, dimana kita ketahui bersama epoxy sendiri merupakan bahan dasar dempul. Dengan adanya perpaduan dua bahan tersebut terbukti efektif untuk menutup goresan pada bagian bodi, dan mantapnya lagi, bukan hanya goresan tipis, tapi juga berlaku untuk goresan yang dalam. Disamping itu untuk mendapatkannya juga terbilang mudah, serta harganya berada di kisaran 100 ribuan.

11. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan Turtle Wax

Turtle Wax bisa dikatakan sebagai penghilang goresan yang cukup efektif dan pastinya murah untuk mendapatkannya. Untuk saat ini turtle wax polishing bisa di dapatkan hanya dengan kocek 60 ribuan. Selain sebagai penghilang goresan, wax yang satu ini dapat memperhalus permukaan cat. Kerennya lagi, bahan pembuatan wax ini dilengkapi formula khusus yang mampu membersihkan sisa – sisa aspal, kotoran, dan debu.

12. Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor Dengan Mothers California Gold

Bagi sobat otomotif yang memiliki budget lebih dan tidak sungkan mengeluarkan uang, bisa membeli produk yang memiliki sifat abrasif tinggi ini. Dengan bahan yang terkandung didalamnya terbukti ampuh menghilangkan baret pada bagian yang sering tersentuh. Tapi sobat tidak perlu khawatir, meski demikian, salah satu keluarga dari scratch remover ini termasuk soft, sehingga tidak akan merusak lapisan cat yang ada.

Baca juga : Cara Memasang Rear Camera Pada Mobil Dengan Benar

Banyak juga kan cara untuk menghilangkan goresan pada mobil maupun motor. Pastinya dari cara yang kami katakan di atas terbukti efektif, dan bisa disesuaikan dengan kondisi kantong. Lantas untuk mendapatkannya juga sangatlah mudah, bahkan ada di sekitar kita, serta pastinya masih masuk dalam kategori terjangkau. Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor di atas dapat membantu anda ketika menginginkan bagian paling luar ini terlihat bersih serta kinclong setiap waktu.

Advertisement

loading...