Cara Memasang Rear Camera Pada Mobil Dengan Benar

Advertisement

Cara Memasang Rear Camera – Sebelumnya apa itu Rear Camera? Ya, bagi kalian yang sudah membidangi dunia otomotif pasti sudah mengetahui Rear Camera, dan rear camera adalah kamera mundur pada mobil yang saat ini sedang sangat populer sekali di mobil-mobil terbaru saat ini. Dengan adanya kamera mudur ini kalian akan lebih berhati-hati dalam memarkir mobil anda terutama saat mundur. Namun apakah kalian tau cara memasang rear camera pada mobil yang benar?

Nah sebelum membahas lebih lanjut, memang banyak keluhan dari para pengemudi yang suka kesulitan dalam memarkir mobilnya, karena mereka tidak mengetahui apa yang ada dibelakang mobil ketika anda sedang parkir mundur. Nah untuk memberikan kemudahan bagi para pengemudinya mobil-mobil terbaru saat ini sudah banyak yang menggunakan rear camera, sehingga dalam posisi mundur pengemudi bisa melihat posisi belakang dengan lebih leluasa lewat layar yang ada di dashboar mobil.

Lantas bagaimana dengan mobil-mobil dulu yang belum menggunakan fitur rear camera? Ya, mobil-mobil yang belum menggunakan fitur rear camera pun dapat diberi rear camera tentun saja dengan cara pemasangan yang benar dan sesuai sehingga kamera mundur bisa berfungsi dengan baik. Dengan menggunakan fitur tersebut pastinya akan memudahkan para pengemudi dalam memarkir ataupun saat mundur terutama bagi kalian yang baru pemula.

Advertisement

Sebenarny cara pemasangan kamera mundur ini bisa dibilang gampang-gampang susah, pasalnya pemasangan kamera belakang ataupun kamera mundur ini memiliki rangkaian yang harus ditata atau dirakit sedemikian rupa agar kamera bisa berada diposisi yang pas sehingga akan memudahkan para pengemudi dalam memarkirkan mobil ke belakang/mundur. Nah bagi anda yang ingin memasang rear kamera pada mobil pribadi anda, berikut adalah Cara Memasang Rear Camera Pada Mobil Dengan Benar.

Cara Memasang Rear Camera Pada Mobil Dengan Benar

Cara Memasang Rear Cemera Pada Mobil Dengan Benar

Cara Memasang Rear Cemera Pada Mobil Dengan Benar

Sebagaimana dengan yang sudah dikatakan diatas bahwa topik mengenai cara memasang rear camera pada mobil ini akan menjadi pokok pembahasan yang cukup menarik bagi teman-teman yang menyukai dunia otomotif tanah air. Namun untuk memasang kamera mundur tersebut kalian harus mengerti cara-caranya terlebih dahulu agar kamera tersebut ada pada posisi yang pas sehingga memiliki fungsi sebagaimana mestinya. Nah berikut adalah Cara memasang rear camera pada mobil dengan benar :

  1. Langkah pertama yang perlu ada perhatikan adalah mempersiapkan kamera parkir yang nantinya akan dipasang pada mobil anda. Dan jangan lupa, pilih yang memiliki braket sehingga nantinya akan lebih mudah dalam proses pemasangan pada mobil.
  2. Langkah kedua yakni anda hanya perlu mengulurkan kabel dari monitor. Nah pada proses ini kalian juga perlu memasang power kamera dan layar LCD yang nantinya akan disambungkan melalui reserve switch. Hal ini dilakukan agar pada saat masuk gigi mundur maka akan membuat kamera dan layar LCD menyala dengan sendirinya.
  3. Jika sudah, cara memasang rear camera selanjutnya adalah jangan lupa untuk membuka tutup pintu belakang dengan melepaskan penguncinya yang berbahan dasar plastik.
  4. Kemudian masukan segera kabel kamera dari luar dan sambungkan dengan kabel video yang dari arah LCD. Pada posisi ini kalian bisa mengambil kabel power dari lampu mundur atau stop lamp.
  5. Nah selanjutnya pada cara memasang rear camera pada mobil yang benar adalah kalian harus memosisikan kamera dengan penenpatan sesuai dengan keinginan. Pada umumnya letak atau posisi dari kamera ini berada di atas plat nomor. Lalu lakukan pengecekan untuk mengetahui posisi sudut pandang yang tepat dengan menghidupkan mesinya dan posisikan pada gigi mundur.
  6. Setelah posisi sudut pandang dirasa sudah pas maka cara memasang rear camera pada mobil yang terakhir adalah pasang kamera dengan menggunakan double tape, baud dan kabel tis supaya posisi atau peletakan kameranya berubah-ubah.

Nah guys dari beberapa cara memasang rear camera pada mobil diatas memang terbilang cukup mudah dan praktis. Namun jika anda salah dalam melakukan pemasangan tentu akan membuat kamera mundur ini tidak berfungsi dengan baik. Jadi alangkah baiknya jika kalian ingin memasang kamera mundur pada mobil ini kalian perhatikan dulu langkah-langkahnya agar kalian bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan kamera mundur inipun bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Sparepart Motor HondaHarga Rantai Motor

Saat ini fitur kamera mundur ini memang banyak sekali digunakan oleh mobil-mobil baru. Dengan fitur ini pengemudi akan lebih leluasa dalam melihat arah belakang mobil tanpa harus menoleh kebelakang terlebih dahulu saat memarkir kendaraan anda. Tak hanya itu saja dengan adanya kamera mundur pastinya kalian akan lebih berhati-hati saat memarkir mobil anda terutama saat mundur di area parkir yang sempit.Demikian ulasan mengenai Tips dan Cara Memasang Rear Camera Pada Mobil Dengan Benar, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua. “SALAM OTOMOTIF”.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement