Cara Mengurus Balik Nama Mobil dan Biaya Balik Nama Mobil

Advertisement

Cara Mengusus Balik Nama Mobil – Nah sobat otomotif dirumah, pastinya kalian memiliki kendaraan roda dua maupun roda empatkan. Lantas apakah kendaraan anda tertulis keterangan atas nama sendiri di STNK maupun BPKB anda? Jika belum buruan balik nama kendaraan pribadi anda agar lebih mudah dalam mengurus pajak kendaraan yang anda miliki. Namun apakah kalian juga bingung bagaimana cara mengurus balik nama kendaraan anda? nah jika kalian bingung yuk kita simak ulasan dari kami mengenai cara mengusus balik nama mobil beserta biayanya.

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai informasi ini, kami akan menerangkan jika sangatlah penting untuk kalian mengetahui cara mengurus balik nama mobil, terutama bagi kalian yang membeli mobil bekas. Meskpun terlihat cukup gampang namun mengurus proses balik nama suatu kendaraan sangat ribet dan memakan waktu yang lama serta biaya yang mahal. Akan tetapi jika tidak seperti ini maka kendaraan atau mobil yang kalian miliki belum tercantum nama anda sendiri pada surat-surat kendaraan anda dan kalian juga akan susah dalam mengurus pajak tahunan dari kendaraan ataupun mobil yang kalian miliki.

Mengetahui biaya balik nama dan cara mengurusnya itu sangat penting apalagi bagi anda yang telah membeli mobil bekas dari pemiliki awalnya. Pasalnya kalian harus bolak-balik untuk meminjam KTP untuk mengurus pajak tahunan mobil tersebut. Maka dari itu solusi yang tepat bagi anda adalah untuk segera balik nama mobil anda dengan menerapkan prosedur balik nama pada BPKB atau STNK supaya administrasi ketika pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) tahunan menjadi lebih mudah dan singkat.

Advertisement

Dan mengetahui cara mengurus balik nama mobil dan biaya balik nama mobil akan membuat kalian terhindar dari calo-calo yang menawarkan jasa kepengurusan balin nama sebuah kendaraan yang tentu saja membuat kalian harus mengeuarkan biaya yang lebih mahal dari yang semestinya. Disisi lain dengan balik nama secara formal mobil bekas yang kita miliki akan menjadi miliki kita pribadi. Nah bagi sobat otomotif dirumah yang masih bingung dalam mengurus balik nama mobil anda, berikut adalah Cara Mengurus Balik Nama Mobil dan Biaya Balik Nama Mobil, yuk kita cek informasinya.

Cara Mengurus Balik Nama Mobil dan Biayanya

Cara Mengurus Balik Nama Mobil

Cara Mengurus Balik Nama Mobil

Cara Mengurus Balik Nama Mobil

Nah guys jika kita masih bingung dalam mengurus proses balik nama mobil bekas yang kita miliki, ada baiknya kita menyimak ulasan mengenai cara mengurus balik nama mobil agar nantinya kita tahu dan paham mengenai cara-caranya sehingga kita bisa melengkapi surat-surat yang harus dibawa. Nah dalam mengurus proses ini ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Dan berikut adalah beberapa syarat mengurus balik nama mobil yang anda miliki.

  1. Foto copy KTP pemilik baru atau foto copy KTP pemilik mobil terakhir. Dalam hal ini, KTP yang digunakan adalah KTP yang kalian miliki sebagai pemilik mobil terakhir.
  2. Persiapkan BPKB asli beserta salainan foto copy.
  3. Persiapkan juga STNK asli dan foto copy.
  4. Dan yang terakhir adalah siapkan kwitansi jual beli kendaraan bermaterai Rp 6.000. Untuk kwitansi biasanya dikator polsek atau Samsat sudah di sediakan.

Dan apabila berkas-berkas untuk persiapan balik nama diatas sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya ialah anda harus datang ke kantor Samsat atau Polsek untuk dapat mengurus balik nama mobil anda. Namunb jangan lupa anda harus membawa mobil yang akan dibalik nama. Untuk prosedunya sendiri ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Dan untuk lebih jelasnya berikut adalah langkang-langkah yang harus anda lakukan untuk proses balik nama mobil anda :

  1. Langkah pertama dalam cara mengurus balik nama mobil ialah kalian harus datang ke kantor Samsat dan langsung menuju lokasi tes fisik. Disana kalian pasti akan langsung diarahkan oleh petugas mengenai prosedurnya.
  2. Setelah membawa mobil di lajur tes fisik dan membuka kapnya. Petugas akan membawa folmulir dan melakukan tes fisik kendaraan yang meliputi nomor rangka kendaraan dan nomor mesin kendaraan dengan cara menggosok stiker.
  3. Apabila cek fisik sudah selesai kemudian nantinya akan diberi folmulir, lalu isilah folmulir tersebut sesusi dengan data mobil anda yang tertera di STNK.
  4. Setelah melakukan langkah 1-3 dari cara mengurus balik nama mobil maka serahkan folmulir tersebut kepada petugas yang berada di kantor loket serta STNK asli. Kemudian tunggulah sebentar hingga nama anda dipanggil oleh petugas.
  5. Dan setelah diproses oleh petugas kalian akan dipanggil dan akan diminta mengumpulkan berkas-berkas meliputi : folmulir cek fisik, STNK asli, foto copy STNK, foto copy BPKB, foto copy KTP pemilik baru dan kuitansi ke gedung utama yang ada di Samsat.
  6. Selesai berkas-berkas yang anda serahkan tadi dicek oleh petugas, kemudian anda akan diminta menyerahkan BPKB yang asli. Kemudian cara mengurus balik nama mobil yang selanjutnya anda menunggu untuk dipanggil lagi oleh petugas.
  7. Dan setelah kalian dipanggil ambil berkasnya kembali dan serahkan ke loket yang bertugas mengurusinya. Sampai tahapan ini tunggu lagi sampai dipanggil lagi oleh pertugasnya.
  8. Selanjutnya apabila nama anda dipanggil lagi oleh petugas, ambil berkasnya kembali lalu serahkan ke loket awal. Dan nanti akan diberi lembaran tagihan yang harus dibayarkan untuk biaya balik nama.
  9. Dan langkah selanjutnya pada cara mengurus balik nama mobil ialah anda tentu harus membayar biaya tagihan sesuai dengan nomonal yang tertera pada lembar tagihan. Jika diberkas tersebut diketahui belum membayar pajak maka kalian akan diminta membayar pajak tersebut saat itu juga. Lalu tunggulah sebentar, karena petugas akan segera memproses pembayaran balik nama mobil anda.
  10. Setelah melunasi taguhan pembayaran balik nama mobil anda, anda tentu akan mendapatkan cap lunas dan tanda terima dari berkas-berkas yang sudah dikumpulkan tadi. Kemudian STNK asli dengan nama baru selesai dibuat. Selanjutnya tahapan yang harus anda lakukan yaitu mengurus BPKB dengan nama baru ke Polda setempat.
  11. Nah cara mengusus balik nama mobil pun selesai dilakukan. Namun anda jangan lupa untuk menyimpan berkas dan cap pelunasan pembayaran, untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Nah itulah bebapa cara mengurus balik nama mobil yang anda miliki, setelah mengetahui langkah-langkahnya tentu akan terasa mudah dan cepat. Akan tetapi kalian juga harus melalui prosedur yang benar agar proses pengurusan balik nama mobil yang anda miliki bisa berjalan dengan lancar. Setelah proses selesai tentu saja mobil bekas yang baru anda beli akan sah menjadi milik anda karena di STNK asli serta buku BPKB asli sudah tercantum nama anda sebagai pemilik sah mobil tersebut.

Biaya Balik Nama Mobil

Mungkin bagi sebagian orang biaya balik nama mobil cukup mahal. Sehingga banyak orang yang enggan melakukan proses balik nama pada kendaraan second yang dibelinya. Perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya biaya untuk balik nama kendaraan di wilayah berbeda-beda. Pasalnya hal ini sangat tergantung dengan bagaimana peraturan pemerintah daerah setempat ditetapkan. Akan tetapi, secara umum penting untuk kalian ketahui bahwa biaya balik nama mobil ini nantinya akan terbagi menjadi dua, yakni biaya pajak yang merupakan  biaya yang bakal tertulis di STNK saat nanti selesai diproses dan biaya diluar pajak yang berupa biaya diluar tagihan yang tertulid di STNK. Untuk lebih jelasnya berikut uraian lengkapnya :

Biaya Pajak

Saalah satu yang dibebankan pada biaya balik nama mobil yakni biaya pajak dimana nominal pajak yang harus dibayarkan nantinya akan tertulis pada STNK. Nah, biaya pajak yang tertera pada STNK sendiri terbagi manjadi 5 hal yakni :

  • PKB

Merupakan kepanjangan dari Pajak Kendaraan Bermotor ini nantinya akan tertera pada STNK dengan patokan biaya yang umumnya tifak akan berubah dari pajak yang tertulis di tahun-tahun sebelumnya. Biasanya nominal angka yang harus dibayarkan pun nantinyabisa trun bersamaan dengan bertambahnya usia mobil yang anda miliki. Lain halnya jika anda terkena pajak progresif.

  • BBN KB

BBN KB merupakan singkatan dari Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor. Tentu saja dalam hal ini jika anda menggunakan mobil biaya ini merupakan biaya balik nama mobil, penentuan nominalnya sendiri dihitung dengan rumus yakni BBN KB = 2/3 x PKB.

  • SWDKLLJ

Selanjutnya, pada STNK juga tertera biaya SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dan Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan. Nah, untuk biayanya sendiri sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Dimana untuk motor dikenakan biaya sebesar Rp 35 ribu dan mobil dikenakan biaya sebesar Rp 143 ribu.

  • Biaya ADM STNK

Kemudian di STNK juga tertera biaya ADM STNK atau biasa disebut dengan biaya administrasi STNK. Untuk ketentuan nominalnya sudah ditentukan oleh pemerintah. Untuk kendaraan jenis motor di kenakan biaya sebesar Rp 50 ribu sedangkan mobil sebesar Rp 75 ribu.

  • BIaya ADM TNKB

Tak beda dengan ADM STNK, pada biaya ADM TNKB atau biaya Adiministrasi Tanda Kendaraan Bermotor juga sudah ditentukan oleh pemerintah. Yakni biaya untuk motor sebesar Rp 30 ribu dan untuk mobil sebesar Rp 50 ribu. Namun biaya tersebut masih bisa berubah sewaktu-waktu.

Biaya di Luar Pajak

Seditik berbeda dengan biaya pajak yang tertera pada STNK, untuk biaya di luar pajakperlu diperhitungkan sebagai salah satu unsur pajak dalam prosedur biaya balik nama mobil. Dan beberapa hal yang harus dibayar diluar pajak antara lain :

  • Pemberian tips pada petugas cek fisik sebesar Rp 10.000,- (boleh diberikan, boleh tidak).
  • Pengesahan hasil tes fisik sebesar Rp 30.000,- (biaya ini tanpa kwitansi).
  • Pendaftaran balik nama STNK sebesar Rp 30.000,- untuk mobil (biaya ini juga tanpa kwitansi).
  • pendaftaran balik nama BPKB sebesar Rp 100.000,- untuk mobil (ada blangko yang dikeluarkan oleh POLDA setelah pengurusan STNK selesai dan saat pengurusan BPKB yang dapat disetorkan di Bank Rakyat Indonesia).

Nah guys bagaimana? cukup mudahkan setelah mengetahui bagaimana cara mengurus balik nama mobil bekas yang anda beli. Dengan penjelasan diatas mestinya kalian dapat mengetahui cara dan langkah mengurus balik nama mobil, selain itu ternyata mengurus balik nama suatu kendaraan juga tak semahal yang sepeerti yang kita kira. Untuk cara-caranya pun terbilang cukup mudah dan gampang sehingga kalian tidak perlu lah menggunakan jasa ataupun calo untuk mengurus surat balik nama mobil anda.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Memasang Rear Camera
Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil & Motor

Saat ini memang banyak orang yang masih bingung dengan cara mengurus balik nama mobil ataupun motor. Akan tetapi dengan informasi ini diharapkan masyarakat bisa mengerti akan pentingnya suatu surat-surat kendaraan atas nama sendiri. Disamping itu kalian juga tidak usah bolak-balik meminjam KTP asli empunya mobil/motor pada awalnya. Demikian informasi dari kami mengenai Cara Mengurus Balik Nama Mobil dan Biaya Balik Nama Mobil, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda. “SALAM OTOMOTIF”.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement