Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor, Matic & Manual

Advertisement

Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor – Memang cukup mengesalkan ketika mobil tidak bisa di hidupkan, beberapa penyebabnya bisa jadi karena aki tekor, karena untuk mobil jaman now sudah seutuhnya hidup dengan aki & ECU, jadi jika tegangan yang ada pada aki mengalami drop, tekor, atau bahkan sampai dengan benar – benar habis, siap – siap saja mobil bakal mati dan susah untuk kembali di nyalakan atau starter pada saat awal akan mengendarainya.

Parahnya lagi, dikarenakan aki tekor, dapat membuat mobil mogok ketika di jalanan. Tentunya masih untung jika didalam aki masih ada tegangan listriknya, pasalnya masih bisa di hidupkan dengan cara di dorong, hanya saja cara ini efektif dilakukan pada mobil manual. Akan tetapi berbeda jika aki benar – benar tekor dan tidak ada tegangan sama sekali, sudah barang pasti solusi pertama plus yang paling jitu adalah dengan memanggil tukang aki.

Sedangkan untuk mobil matic, caranya dapat dengan jumper dengan aki dari mobil lain atau dari aki yang memang pada dasarnya memiliki tegangan normal. Namun tentunya jika sudah sampai pernag mengalami hal seperti ini, sebaiknya jika sudah kembali hidup, ke esokan harinya lakukan pengecekan aki, untuk mengetahui tegangan pasti didalamnya, apakah perlu di ganti atau hanya perlu di charge saja.

Advertisement

Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor

Sebelum lebih jauh berbicara menenai cara mengatasi aki mobil tekor baik itu pada mobil manual maupun matic, sobat otomotif dapat simak terlebih dahulu apa penyebab aki mobil tekor, agar nantinya dapat melakukan tindakan yang tepat, dan tentunya supaya menghindarkan sobat dari yang namanya mogok atau berhenti di tempat ketika awal akan di hidupkan di pagi hari, selengkapnya ada di bawah ini.

Penyebab Aki Mobil Tekor

1. Mobil Terlalu Lama Di Diamkan

Entah apapun alasannya, mobil wajib hukumnya untuk dihidupkan jika tidak menginginkan aki tekor. Pasalnya ketika mobil mati ini bukan berarti tidak arus listrik yang mengalir didalamnya, misal saja adanya immobilzer, teknologi keamanan tersebut selalu membutuhkan asupan listrik setiap saat.

Maka tidak heran jika tegangan listrik pada aki dapat berkurang padahal mobil jarang digunakan. Paling tidak untuk menjaga tegangan pada aki tetap stabil, setidaknya mobil di panasi setiap harinya, baik itu di pagi hari, siang hari, atau malam hari, yang penting dalam sehari mobil tersebut hidup.

2. Kesalahan Pemakaian

Kelalaian pemilik mobil yang paling fatal, dimana hal ini dapat membuat aki mobil menjadi tekor, bahkan dapat memperpendek umur pemakaian aki, yaitu menghidupkan AC ataupun Player / Audio ketika pada posisi mobil mati.

3. Terlalu Banyak Menggunakan Aksesoris

Untuk membuat mobil lebih menarik ada begitu banyak caranya, salah satunya dengan menambahkan aksesoris lampu, audio, atau aksesoris elektronik lainnya. Tapi sekalipun hal tersebut menjadikan mobil terlihat keren, sebenarnya ada banyak hal yang perlu di perhatikan ketika memasang aksesoris elektronik didalam mobil.

Karena semakin banyaknya aksesoris ketika melakukan modifikasi mobil, sudah barang tentu kebutuhan listrik menjadi meningkat, dan hal itu harus di imbangi dengan sumber yang memadai, tetapi kalau sudah melebihi ambang batas kemampuan aki, hal ini akan menjadikan aki mobil menjadi tekor, dan memperpendek umur aki.

4. Alternator Rusak

Alternator merupakan sebuah komponen yang sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup mobil, karena dari sinilah aki mendapat suplai listrik secara terus menerus ketika mobil di hidupkan. Namun beda hasilnya jika komponen yang satu ini mengalami kerusakan, sudah pasti tidak ada listrik yang masuk ke dalam aki dan kestabilan arus listrik pada mobil terganggu.

Maka dari itu jika mengalami hal demikian, dimana listrik terasa ngedrop ketika semua piranti elektronik didalam mobil hidup, langsung cek alternator apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, bila rusak, segeralah perbaiki agar aki tidak tekor.

5. Aki Yang Sudah Berumur

Aki sendiri memiliki wktu pemakaian, maka wajar saja jika aki yang sudah terlalu lama masa pemakaiannnya atau sudah sangat berumur, tegangan didalamnya dapat berkurang secara drastis, atau parahnya lagi tidak mau menerima asupan listrik dari alternator. Selain umur, cara perawatan aki yang tidak benar juga menyebabkan aki mobil cepat tekor.

Pada dasarnya untuk mengetahui penyebab aki mobil tekor itu terbilang sangat mudah, karena komponen yang menyangkut dengan aki ini dapat di lihat dengan jelas, mulai dari piranti elektronik yang terpasang, dan yang paling utama adalah komponen pengisi daya listrik pada aki. Setelah mengetahui apa penyebabnya, sekarang giliran sobat untuk tau Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor berikut ini.

Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor

A. Mobil Matic

Ketika mobil tiba – tiba mogok atau tidak bisa di hidupkan ketika awal akan menggunakannya, dan sudah jelas penyebabnya karena aki tekor, cara mengatasi aki mobil tekor versi matic ini tidaklah sesulit yang kita bayangkan, hanya saja dalam prakteknya membutuhkan aki mobil yang normal, atau bisa dengan bantuan mobil lain dengan cara jumper.

Pertama jelas yang dibutuhkan adalah kabel khusus jumper, kemudian hubungkan aki mobil yang mati dengan aki mobil normal. Jika aki mobil normal terpasang pada mobil, disarankan untuk menghidupkan mobil, bersamaan itu hubungkan kabel jumper sesuai kutub plus dan minus.

Lalu jika sudah, kedua sobat diwajibkan untuk mematikan segala piranti elektronik pada mobil, seperti audio mobil, AC, dan semua bagian pencahayaan yang dapat di matikan. Selanjutnya tinggal hidupkan mobil yang memiliki aki normal, untuk kemudian kabel jumper di pasang pada katub aki mobil mati, dan mobil dengan aki mati dihidupkan.

Ketika sudah hidup, lepaskan kabel jumper tadi secara perlahan, dan stabilkan RPM pada angka 1000 atau bisa lebih sedikit dalam beberapa waktu, dan terus nyalakan sampai lebih dari 15 menit, supaya daya aki tekor tadi dapat terisi kembali.

Oiya, sebagai catatan, pada waktu akan jumper mobil bertransmisi matic, posisikanlah transmisi mobil pada mode P (Parkir), guna menjaga keamanan pengguna dan orang lain, atau lebih tepatnya agar menjaga mobil tetap pada posisi berhenti.

B. Mobil Manual

Untuk langkah – langkah cara mengatasi aki mobil tekor pada versi mobil manual tidak berbeda jauh dibanding dengan mobil matic. Bisa dengan cara jumper menggunakan aki mobil lain atau aki normal lainnya, atau bisa pula menggunakan cara alternatif kedua jika pada kondisi yang tidak memungkinkan untuk bisa menemukan aki normal.

Cara kedua ini yaitu menghidupkan mesin dengan cara dorongan, yang sebelumnya transmisi mobil masukan ke posisi gigi 3 atau 4, kemudian injak pedal kopling penuh, lalu di dorong kuat plus cepat hingga jarak 5 sampai 10 meter, dan jika sudah mencapai jarak yang sudah di tentukan, lepaskan pedal kopling perlahan.

Bila mobil sudah berhasil dihidupkan kembali, sekarang tinggal biarkan mobil tetap hidup dalam waktu kurang lebih 20 menitan, agar aki mobil yang tekor ini dapat terisi kembali.

Baca Juga Informasi Lainnya
Daftar Harga Kampas Rem Penyebab Mobil Boros BBM

Bagaimana menurut sobat mengenai cara mengatasi aki mobil tekor yang kami sampaikan diatas ? mudah bukan untuk mempraktekannya, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi semua orang, terutama bagi yang mengalami aki tekor dan mobil mogok di jalanan. Demikian yang dapat kami sampaikan seputar Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor, simak pula informasi seputar otomotif lainnya hanya di otomaniac.com. “SALAM OTOMOTIF”

0/5 (0 Reviews)
Advertisement