Penyebab Mobil Boros BBM dan Cara Tepat Mengatasinya

Advertisement

Penyebab Mobil Boros BBM – Pemakaian bahan bakar menjadi satu pertimbangan cukup besar ketika menggunakan kendaraan roda 4 / mobil, maka tidak heran jika sekarang ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan mobil berukuran kecil ketimbang besar, karena salah satu alasannya guna menghemat pengeluaran.

Tapi terlepas dari pemilihan tersebut, sebenarnya mobil jaman sekarang termasuk irit, pasalnya sudah didukung dengan teknologi terkini, yang mampu menyempurnakan pembakaran, sehingga tidak ada yang terbuang sia sia ketika mesin beroperasi, dan membuat mobil terasa irit. Namun di sisi lain, efek teknologi terbaru yang tak di jaga juga bisa menjadi bumerang karena sebagai penyebab mobil boros bbm.

Kurangnya maintenance menjadi satu hal utama yang membuat sebuah mobil boros, bukan hanya mobil berbahan bakar bensin saja, tetapi solar juga demikian, dikarenakan dua mesin dengan bahan bakar tersebut sama – sama di suport penuh sistem suplai bahan bakar fuel injection (injeksi).

Advertisement

Namun bukan hanya sebatas dari penyebab seperti diatas saja, pemakai atau pengemudi juga masuk sebagai faktor lain, karena cara pemakaian mobil yang tidak sesuai atau tidak benar, diantaranya sering ugal – ugalan di jalan, atau terlalu sering menginjak penuh pedal gas, juga membuat mobil boros bahan bakar.

Penyebab Mobil Boros BBM

 

Maka dari itu, dalam menggunakan mobil haruslah sesuai aturan, karena hal ini memiliki pengaruh besar terhadap durabilitas sebuah mobil. Selain itu, penggunaan yang tidak benar, juga dapat membuat biaya service bengkak. Tapi bila sudah menghindari tetap boros, simak penyebab mobil boros bbm berikut ini untuk menemukan solusi yang tepat.

Penyebab Mobil Boros BBM dan Cara Tepat Mengatasinya

1. Maintenance Kurang Baik

Perawatan mobil bukan hanya sebatas membersihkan bodi mobil, tetapi maintenance mesin juga tidak kalah pentingnya, karena bagian ini yang menjadi sumber utama tenaga mobil, untuk itu jelas kita sebagai pemilik haruslah merawat dan menjaganya, agar performa yang di hasilkan tetap optimal setiap waktu.

Maintenance disini bisa dengan cara tune-up, yaitu mulai dari membersihkan ruang bakar, busi, injektor, dan masih ada banyak lagi lainnya yang ada pada bagian dapur pacu. Biasanya setelah melakukan treatment tersebut, mesin menjadi halus dan kembali irit BBM. Lalu yang tidak kalah penting, ketika melakukan tune up, pilihlah bengkel yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Menggunakan Knalpot Racing

Bagian pembuangan ini memiliki pengaruh besar, karena dengan mengganti dari knalpot standar ke model racing, akan membuat beda kebiasaan orang yang menggunakannya, dari yang tadinya pelan – pelang menginjak pedal gas, tapi setelah menggantinya, menjadi sering menginjak gas dalam – dalam dan memainkannya.

Tentu jika semua hal itu terjadi membuat mobil menjadi boros bbm, selain itu jika dengan sengaja melepas catalytic converter sebagai penyaring gas hasil dari pembakaran mesin akibat penggunaan racing, gas pembakaran menjadi tidak sempurna, dan pastinya mobil menjadi lebih berisik, maka seharusnya gunakanlah knalpot standar, karena setiap pabrikan membuat sesuatu tentunya berdasarkan riset, suapa sebuah mobil dapat hasilkan performa maskimal setiap waktu.

3. Selip Kampas Kopling

Kopling menjadi satu ranah dengan bagian mesin, karena dari inilah mobil dapat bergerak maju atau mundur. Tetapi apa jadinya jika kopling bermasalah, misalnya seperti terjadinya selip, tentu mobil bukan hanya tidak bisa bergerak, tetapi RPM mesin yang dihasilkan menjadi tidak bisa di salurkan ke bagian roda.

Dan jika terjadi selip kampas kopling, bukan hanya mengurangi kenyamanan, tetapi juga performa menurun, karena putaran yang dihasilkan mesin tidak tersalur baik sampai dengan putaran roda, sehingga sekalipun injak gas dalam, mobil tidak bisa berlari kencang, atau malah bisa stuck di kecepatan rendah, dan alhasil pemakaian bahan bakar menjadi boros. Jalan satu – satunya dapat dengan mengganti kampas kopling menggunakan yang baru.

4. Penggantian Velg

Dalam mengganti sebuah velg seringkali tidak memperhatikan plus minusnya, terkadang kebanyakan anak muda malah lebih ekstrim ketika mengganti vel, yakni dengan menggunakan rim besar dan velg tapak lebar. Secara penglihatan, mobil menjadi jauh lebih keren dibanding penampilan standar.

Akan tetap dikarenakan penggantian velg ini justru menjadi penyebab mobil boros BBM, karena mesin di paksa untuk menarik beban lebih berat efek penggunaan velg tersebut dibanding velg standar yang memang sudah di hitung berdasarkan penelitian terlebih dahulu.

5. Penggunaan AC Ekstrim

Bukan menjadi suatu rahasi lagi, jika ac juga menjadi penyebab mobil boros BBM. Karena didalam komponen AC mobil terdapat sebuah kompresos, yang bila AC dihidupkan pada temperatur yang begitu rendah atau sangat dingin, secara otomatis kerja kompresor menjadi jauh lebih berat.

Alhasil power dari mesin terbagi pada kompresor AC, dan tentunya kerja mesin menjadi lebih berat, yang memberikan efek pemakaian bahan bakar menjadi lebih banyak dari pada saat tidak menggunakan AC. Sehingga membuat mobil lebih boros bahan bakar.

6. Filter Udara Kotor / Rusak

Filter udara menjadi bagian yang tak terpisahkan dari performa sebuah kendaraan, karena jika bagian ini atau filter udara yang terbuat dari bahan seperti kertas sudah termakan usia dan kotor,  dapat menghabat aliran udara masuk ke dalam ruang bakar.

Jadi bukan hanya performa saja yang berkurang, tetapi dengan filter yang rusak atau kotor tertutup debu atau karena efek dari lamanya pemakaian, menjadikan asupan bahan bakar yang masuk tidak bisa di kontrol, bahkan parahnya lagi, asupan udara yang berkurang, membuat sebuah kendaraan boros akan bahan bakar.

7. Kaliper Rem Macet atau Rusak

Bagian pengereman sebagai tumpuan keamanan utama dalam berkendara juga harus terus di perhatikan jangan sampai lengah, karena jika terdapat masalah pada bagian ini, seperti kaliper rem macet, tentunya membuat putaran roda menjadi tidak maksimal, karena terhalang jepitan dari kampas rem.

Dengan begitu. untuk bisa berjalan normal, mesin pastinya membutuhkan tenaga dua kali lipat, nah dari situlah mobil menjadi boros.

8. Ban Kurang Angin

Selain faktor yang kami sebutkan di atas, bagian kaki – kaki terutama ban, ternyata memiliki pengaruh cukup besar terhadap pemakaian bahan bakar. Apalagi ketika ban kurang angin atau kempes, membuat gesekan terhadap aspal menjadi lebih besar, dan laju mobil terasa berat.

Serta menjadikan mesin harus bekerja lebih keras untuk bisa memutar roda lebih kencang, dengan begitu tentu mau tidak mau bahan bakar yang di butuhkan menjadi jauh lebih banyak, atau mobil terasa lebih boros. Untuk itu ketika akan bepergian, sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi mobil, termasuk bagian kaki – kaki.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menghindari Razia Polisi Mobil Polisi Tercepat Di Dunia

Pengecekan mobil secara berkala dan melakukan service secara rutin dapat meminimalisir kerusakan, dan meningkatkan durabilitas mesin, serta tidak ketinggalan, menjadikan mobil lebih irit ketimbang mobil yang tidak pernah melakukan maintenance, dan menghindarkan dari segala Penyebab Mobil Boros BBM. “SALAM OTOMOTIF”

0/5 (0 Reviews)
Advertisement