Cara Menghindari Razia Polisi Di Jalan Agar Tidak Kena Tilang

Advertisement

Cara Menghindari Razia Polisi – Apa boleh di buat terkadang masih ada saja banyak hal yang membuat kita sebagai penggendara kendaraan bermotor malas untuk terkena tilang. Padahal sudah jelas kita sendiri yang melakukan kesalahan tata tertib berlalu lintas. Salah satu yang sering kita hindarai adalah razia polisi di jalan raya.

Bagi penggendara yang tidak memiliki surat-surat kendaraan jelas razia polisi menjadi salah satu momok yang paling tidak di sukai saat di jalan. Meskipun sudah di ketahui ada banyak sekali manfaat adanya razia polisi di jalan untuk memberikan sanksi kepada pengguna kendaraan bermotor yang nakal. Baik bagi penggendara bermotor yang tidak memiliki surat-surat yang lengkap sampai dengan melanggar lalu lintas lainnya

Sebenarnya Razia Polisi di jalanjuga bertujuan untuk mencari pelaku tindak pidana kriminal yang menjadi buronan atau melarikan diri dengan staus belum tertangkap. Kesalahan sepele bisa menjadi bumerang bila sikap sobat otomotif yang tidak kooperatif. Maka dari itu perlu sangat berhati-hati dalam melakukan tindakan. Bukan tidak mungkin kesalah kecil yang sobat lakukan dalam berlalu lintas hanya akan mendapatkan teguran saja.

Advertisement

Maka dari itu lebih baik bersikap lebih kooperatif saja sehingga semuanya mudah. Selain itu untuk sobat yang jika sudah saatnya untuk membuat SIM maka segeralah melakukan pembuatan. Selain itu selalu periksa masa berlaku SIM, jika di rasa sudah saatnya melakukan perpanjangan maka lakukanlah dengan segera. Berikut adalah beberapa tips sederhana dari kami.

Tips & Cara Menghindari Razia Polisi

Cara Menghindari Razia Polisi Di Jalan

Cara Menghindari Razia Polisi Di Jalan

1. Lengkapi Surat Kendaraan

Langkah pertama adalah dengan melengkapi surat kendaraan, jika surat kendaraan sudah komplit maka kita tidak usah kawatir lagi terkena razia polisi. Surat-surat kendaraan yang harus di selalu dibawa diantaranya adalah STNK dan Juga SIM. Kedua kelengkapan tersebut harus selalu sobat bawa sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor dan juga Surat Ijin mengemudi. Jika surat tersebut sudah ada maka sobat Otomotif tidak usah takut lagi akan terekena razia polisi.

2. Kelengkapan Kendaraan

Jika sobat sudah memiliki surat-surat kendaraan dengan lengkap maka langkah selanjutnya agar tidak terkena tilang polisi di jalan adalah dengan kelengkapan kendaraan yang dibawa. Pastikan motor yang sobat bawa sudah sesuai dengan standar pabrikan sehingga aman dari razia polisi. Bahkan hal-hal kecil juga wajib di perhatikan seperti tutup angin ban motor, Spion, Lampu dan tampilan fisik motor.

3. Gunakan Helm Standar

Langkah selanjutnya untuk cara menghindari Razia polisi di jalan adalah dengan menggunakan Helm. Pastikan sobat otomotif menggunakan helm dengan logo SNI dan juga sudah mengunci helm agar lebih aman. Hal tersebut juga berlaku untuk sobat yang menggunakan motor berboncengan, pastikan pembonceng sudah menggunakan helm dengan benar sesuai dengan aturan yang tentukan.

4. Pahami Peta Jalan

Jika terpaksanya ada beberapa yang mengganjal seperti surat kelengkapan kendraan maka sobat bisa menggunakan jalan tikus untuk menghindari razia polisi. Namun biasanya Polisi juga lebih pintar dengan menggunakan jalan yang sulit untuk di cari jalan tikusnya. Bahkan beberapa kejadian razia polisi di lakukan di berbagai tempat yang tidak memungkinan pengguna jalan untuk melakukan putar balik.

5. Update Info jadwal Razia Polisi

Tips selanjutnya untuk terhindar dari Razia Polisi di jalan adalah dengan mengetahui jadwal razia polisi di kota sobat. Ada banyak sekali informasi menggenai razia polisi di berbagai tempat. Jika sudah mengetahui jadwal tersebut maka sobat bisa menghindarinya dan mencari tempat atau jalan lain agar tehindar dari razia polisi.  Atau bahkan dengan sudah tahu jadwal polisi sobat bisa melengkapi kelengkapan surat berkendara.

6. Urungkan Perjalanan

Langkah berikutnya terbilang cukup simple yakni hanya dengan membatalkan perjalanan saja. Di saat sudah tidak ada pilihan lain sobat hanya tinggal mengurungkan perjalanan atau nekad menerobos razia polisi dengan harapan tidak di periksa. Namun jangan sampai menerobos dalam hal yang tidak benar yang nantinya malah akan membahayakan sobat.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Vanbelt BeAt Mobil Polisi Tercepat

Nah itu dia beberapa tips agar terhindari dari razia polisi yang benar. Kami sarankan untuk sobat Otomotif yang memang belum memiliki surat-surat kendaraan dan kelengkapannya maka lebih baik segera untuk melengkapinya. Selain itu tertib berlalu lintas hal tersebut akan semakin membuat kita menggetahui pentingnya aturan berkendara yang baik dan benar. Demikian informasi yang OTOMANIAC sampaikan semoga bisa bermanfaat.

5/5 (2 Reviews)
Advertisement