Cara Mudah Melacak Plat Kendaran Bermotor Tanpa Ke SAMSAT

Cara Melacak Plat Kendaraan Bermotor – Tentunya kita ketahui bersama, semua kendaraan bermotor baik itu mobil maupun motor harus memiliki surat – surat yang lengkap, tidak lain itu adalah BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Dimana kedua surat – surat tersebut wajib sobat pegang ketika memiliki sebuah kendaraan. Karena dari situlah nantinya kendaraan dapat di ketahui riwayatnya, apalagi jika sobat membeli motor second, dua berkas itu tadi wajib hukumnya ada dalam sebuah transaksi.

Terlepas dari itu, kedua berkas tadi merupakan satu bukti sah yang menunjukan kalau sobat merupakan pemilik resmi, dan sobat mendapatkan barang yang legal, yang dapat di kendarai di jalan raya. Karena apabila tidak memiliki surat tersebut, sudah pasti sobat bakal berurusan dengan pihak berwenang ketika berada di jalanan. Disamping menunjukan sobat sebagai pemilik resmi, nantinya akan sangat bermanfaat jika suatu ketika sobat mengalami kondisi yang tidak di inginkan, seperti ketika motor hilang atau di curi, tentunya bisa dengan mudah di lacak oleh pihak berwenang.

Nah berbicara lacak melacak kendaraan, sekarang ini cara melacak kendaraan bermotor mobil ataupun motor, tidak perlu lagi repot – repot datang ke kantor SAMSAT, dikarenakan di jaman now yang semua sudah serba digital, samsat sudah di dukung dan menyediakan cara instant yang bisa di akses baik itu lewat handphone ataupun komputer di rumah, yang mana cara melacak plat kendaraan bermotor untuk mengetahui siapa pemiliknya bisa secara online melalui situs – situs resmi dari SAMSAT, hanya saja sobat harus mengetahui situs dari setiap wilayah dari plat nomor yang akan di cek.

Disamping bisa diketahui dari situs yang tersedia secara resmi atau online, cara melacak plat kendaraan bermotor juga bisa dengan SMS, dan sama halnya cara online tadi, berbeda wilayah juga beda nomor SMS yang di tuju, jadi sobat haruslah mengetahui secara pasti akan nomor ataupun situs dari daerah plat nomor yang sobat inginkan. Bukan hanya bisa mengetahui soal kepemilikan, akan tetapi juga bisa tahu akan biaya pajak kendaraan, sampai dengan biaya balik nama, serta masa berlaku STNK dari sebuah kendaran. Untuk lebih jelas mengenai Cara Melacak Kendaran Bermotor Motor & Mobil bisa simak ulasannya berikut ini.

Cara Melacak Plat Kendaraan Bermotor (Motor & Mobil)

Cara Melacak Plat Kendaraan Bermotor

Cara Melacak Plat Kendaraan Bermotor

1. Cara Melacak Plat Kendaraan Bermotor Secara Online (Situs Resmi SAMSAT)

Adapun cara pertama ini sangatlah mudah dan tidak perlu lagi biaya tambahan, karena sobat hanya perlu memiliki paket data internet, dan itu bisa sobat akses melalui handphone maupun piranti digital lainnya, sebut saja komputer maupun laptop. Tapi perlu sobat ketahui, antara wilayah satu dengan lainnya mempunyai situs SAMSAT yang berbeda. Karena cukup rumit nantinya jika hanya satu situs aktif yang menjadi bank data semua kendaraan bermotor, paling tidak situs tersebut harus memiliki bandwith besar agar bisa dengan mudah di akses, mungkin dari alasan tersebutlah setiap daerah atau wilayah yang ada di Indonesia menyuguhkan situs berbeda. Dibawah ini bisa sobat langsung cek situs resmi SAMSAT dari masing – masing wilayah.

WilayahSitus
Jawa Tengahhttp://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Bantenhttp://ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-nasional/
Jakartahttps://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM
Jawa Barathttps://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/
Jawa Timurhttps://esamsat.jatimprov.go.id/
Acehhttp://esamsat.acehprov.go.id/
Yogyakartahttp://infonjkbdiy.com/

2. Cara Melacak Plat Kendaraan Bermotor Dengan SMS

Selanjutnya untuk cara melacak plat kendaraan bermotor yang kedua, sobat bisa memanfaatkan pulsa handphone, atau lebih tepatnya melalui SMS. Mengenai biayanya, tergantung dari operator yang sobat pakai, akan tetapi infonya ada juga biaya SMS gratis. Tidak hanya itu, pengecekan plat nomor kendaraan melalui SMS juga sama akuratnya seperti sobat cek secara online. Nantinya ketika mengirimkan SMS ke nomor resmi dari SAMSAT, sobat bakal mendpatkan informasi yang lengkap, termasuk denda jika terdapat tunggakan pajak dari kendaraan yang sobat tuju. Soal format sms serta nomor SMS nya sendiri dapat sobat lihat pada kolom tabel dibawah.

WilayahCara
Provinsi Jawa Barat
  • Format SMS : poldajbr <spasi> Nopol
  • Kirim Ke : 3977
  • Contoh: poldajbr D4321JK
Provinsi Jawa Timur
  • Format SMS : JATIM <spasi> Nopol
  • Kirim Ke : 7070
  • Contoh : JATIM L1234DS
Provinsi Jawa Tengah
  • Format SMS : JATENG <spasi> Nopol
  • Kirim Ke : 9600
  • Contoh: JATENG AD7865KD
DKI Jakarta (Polda Metro Jaya)
  • Format SMS : METRO <spasi> Nopol
  • Kirim Ke : 1717
  • Contoh: METRO B3256PUT

Melihat cara – cara di atas, tentunya bakal semakin mudah mengetahui informasi sebuah kendaraan motor maupun mobil hanya dari genggaman tangan. Disamping simple, juga bakal memangkas biaya jika sobat melakukan pengecekan langsung ke kantor SAMSAT. Terlebih lagi bagi sobat yang berada jauh dari kantor SAMSAT, tentu akan sangat efektif jika menjalankan salah satu cara di atas.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Kerja Power Steering dan Pengertian Power SteeringCara Kerja Radiator Motor, Fungsi dan Cara Merawatnya

Demikian informasi Cara Melacak Kendaraan Bermotor yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu sobat ketika ingin mengetahui info lengkap dari plat nomor yang di pakai oleh motor ataupun mobil. “SALAM OTOMOTIF”