Biaya Tune Up Mobil Di Bengkel Resmi dan Umum

Biaya Tune Up Mobil – Merawat mobil merupakan suatu keharusan. Pasalnya kondisi mobil harus selalu terjaga agar nyaman dan aman saat dikendarai. Nah salah satu caranya adalah dengan melakukan Tune Up. Lalu ada yang dimaksud dengan Tune Up Mobil ? Sebenarnya Tune Up mobil sama saja dengan service mobil pada umumnya. Bedanya Tune Up mobil akan mengecek seluruh bagian mesin agar performa mobil bisa meningkat dan untuk mengecek beberapa komponen mobil agar bisa bekerja sebagai mana mestinya.

Tune Up mobil bisa dilakukan di bengkel resmi ataupun bengkel umum. Tentunya ada perbedaan antara Tune Up dibengkel resmi ataupun umum. Pasalnya peralatan di bengkel resmi biasanya lebih lengkap dan didukung oleh tenaga ahli yang sudah mengetahui seluk-beluk mobil yang akan di tune up. Bagi pengguna mobil eksklusif yang jarang dimiliki orang, seperti BMW, Mercedes Benz, Renault, dll, maka kami sarankan untuk melakukan Tune Up dibengkel resmi. Pasalnya peralatanya lebih lengkap dan sudah sesuai dengan standar pabrikan.

Apabila tune up mobil di bengkel resmi, tentunya membutuhkan biaya lebih besar dibandingkan tune up dibengkel umum. Proses tune up yang dilakukan juga sedikit berbeda. Hal tersebut tak lepas dari peralatan lebih lengkap yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan pengecekan pada sistem injeksi hingga kelistrikan. Sedangkan untuk bengkel umum biasanya memiliki peralatan yang terbatas, sehingga tune up yang dilakukan hanya sebatas pada bagian yang umum-umum saja, seperti Filter Udara, Pembersihan Rem, pengecekan oli, dll.

Mungkin sobat selama ini mengira bahwa Tune Up sama sama dengan service biasa. Padahal proses yang dilakukan jauh lebih kompleks, dan bisanya dibutuhkan penggantian suku cadang apabila disinyalir mengalami kerusakan. Alhasil biaya tune up mobil jauh lebih besar dibandingkan service rutin biasa yang lebih berkonestrasi pada penggantian oli, rem, dan filter udara, tanpa adanya pembongkaran lebih lanjut untuk memeriksa kondisi komponen mobil. Lalu kapan waktu yang tepat untuk melakukan Tune Up mobil ?

Tune Up mobil bisa dilakukan satu tahun sekali dengan interval jarak tempuh sekitar 20.000 km. Namun apabila sebelum 20.000 km dirasa sudah kurang nyaman dikendarai, maka sobat bisa langsung melakukan tune up mobil di bengkel resmi ataupun bengkel umum. Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah berapa besar uang yang harus kita keluarkan untuk Tune Up mobil di bengkel resmi atau umum. Nah untuk mengetahuinya secara pasti, silahkan simak informasi otomaniac.com berikut ini.

Daftar Biaya Tune Up Mobil Terbaru

Biaya Tune Up Mobil

Seperti yang kami sampaikan di atas, biaya tune up mobil di bengkel resmi lebih mahal. Sobat harus mengeluarkan uang sekitar 1-2 Juta Rupiah apabila melakukannya di bengkel resmi. Bisa saja biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar, karena biasanya tergantung dari jenis mobil yang di Tune Up dan biaya yang dikeluarkan untuk penggantian spare part. Semakin mewah mobil yang di tune up sudah pasti biayanya semakin besar, jadi sobat harus menyiapkan banyak uang apabila ingin tune up dibengke resmi yang notabennya memiliki peralatan lebih lengkap dan montir lebih berpengalam.

Selanjutnya untuk tune up dibengkel umum hanya membutuhkan biaya sekitar 400 Ribu sampai 1 Juta Rupiah. Sama halnya dengan bengkel resmi, biayanya bisa membengkak apabila ada beberapa komponen yang harus diganti. Sayangnya rata-rata bengkel umum memiliki peralatan yang kurang, seperti tidak memiliki alat scanning sistem injeksi dan beberapa alat penting lainnya. Jadi apabila ingin pengecekan secara menyeluruh, maka lebih baik tune up mobil di bengkel resmi. Nah untuk mengetahui apa saja pengecekan yang umum dilakukan, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pengecekan dan pembersihan filter udara
  2. Penggantian filter bahan bakar
  3. Penggantian oli mesin
  4. Penggantian filter oli
  5. Pembersihan busi
  6. Pembersihan throttle body
  7. Pembersihan injektor
  8. Pembersihan ruang bakar
  9. Scanning sistem injeksi
  10. Pembersihan & penyetelan rem
  11. Penggantian kampas rem
  12. Pembersihan filter AC

Nah itulah biaya yang harus dikeluarkan saat tune up mobil. Silahkan sobat tentukan sendiri akan melakukan tune up di mana. Yang pasti kita harus melakukannya secara rutin agar kondisi mobil tetap terjaga dan performa mobil selalu optimal. Tune up mobil juga membuat kendaraan yang kita miliki semakin nyaman dan aman. Pasalnya semua bagian mesin dicek kondisinya, mulai dari bagian filter oli, busi, throttle body, injector, filter, bahan bakar, kampas rem, dan beberapa bagian lainnya sesuai standar masing-masing bengkel.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Menghemat BBMHarga Truk Mitsubishi Colt Diesel
Cara Merawat Radiator MobilHarga Helm INK Centro

Memilih bengkel umum untuk tune up juga tak boleh asal. Pastikan bengkel yang dimiliki sudah terbukti akan kualitas pelayanannya. Apabila ingin lebih yakin, kami sarankan untuk datang langsung ke bengkel resmi. Walaupun harus mengeluarkan uang lebih banyak, namun nantinya mobil kita akan mendapatkan perawatan secara menyeluruh dan ditangani oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman dan terdidik sesuai tipe mobil yang di Tune Up. Sekian informasi otomotif kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi. “Salam Otomotif”