22 Cara Menghemat BBM Di Mobil dan Motor Paling Efektif

Advertisement

Cara Menghemat BBM – Saat ini di saat semua harga dirasa mahal, mungkin cara yang paling utama untuk menanggulanginya adalah dengan menghemat pengeluaran, sama seperti penghematan pemakaian bahan bakar. Pastinya sobat ingin kendaraan yang dimiliki ramah terhadap pemakaian bahan bakar. Hemat atau tidaknya, pertama jelas pengaruh dari kapasitas mesin yang terpasang pada sebuah kendaraan, baik itu mobil ataupun motor, karena bagian tersebut tentunya memiliki pengaruh begitu besar, semakin besar kapasitas mesin semakin banyak pula konsumsi BBM.

Tapi sebenarnya selain alasan utama tadi, penghematan BBM paling utama ada dari diri sobat otomotif sendiri, karena cara pemakaian atau gaya berkendara sobat lebih memiliki pengaruh terhadap pemakaian bahan bakar, apalagi jika sobat seringkali melakukan buka tutup gas secara tiba – tiba, tentu hal tersebut membuat bahan bakar yang keluar lebih banyak dari pada yang biasanya, tetapi di lain sisi kecepatan yang sobat dapatkan malah tidak maksimal. Nah sebelum berbicara lebih jauh lagi, sebaiknya sobat simak ulasan lengkap mengenai Cara Menghemat BBM pada Mobil dan Motor dibawah ini.

Cara Menghemat BBM Paling Efektif

Cara Menghemat BBM Mobil dan Motor

Cara Menghemat BBM Mobil dan Motor

1. Usahakan Berkendara Pada Posisi ECO

Sekarang ini logo atau indikator Eco pada bagian spedometer sudah tidak asing lagi, indikator tersebut terkonfigurasi dengan ecu / otak sebuah kendaraan, dimana nantinya jika Logo Eco sudah menyala, sebaiknya sobat pertahankan terus ketika berkendara, karena indikator Eco berati menunjukan mode berkendara hemat.

Advertisement

2. Tidak Terlalu Menginjak Pedal atau Menarik Tuas Gas

Usahakan ketika berkendara, sobat tidak terlalu menarik tuas gas ataupun menginjak pedal gas dalam – dalam. Pasalnya jika sobat lakukan hal itu berarti membuat bahan bakar yang mengalir kedalam mesin lebih deras dibanding ketika sobat hanya melakukannya setengah dari jarak yang tersedia.

3. Berkendara Pada Kecepatan Normal

Selain berbahaya, berkendara dengan kecepatan tinggi tentunya akan memaksa BBM masuk dalam jumlah banyak kedalam ruang pembakaran. Bukan irit yang sobat dapat, akan tetapi justru sebaliknya, pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros, jadi sobat jagalah pada kecepatan normal.

4. Mengatur Putaran Mesin

Mungkin untuk memperhatikan RPM pada spedometer motor cukup sulit ketika dalam kondisi berjalan, tetapi lain halnya jika sobat berkedara dengan mobil, hal ini bisa bekerja efektif, dengan menjaga putaran mesin pada posisi tidak terlalu tinggi, atau paling maksimal 3000rpm, berati secara langsung sobat sudah menghemat pemakaian BBM, karena putaran mesin sedemikian merupakan putaran mesin yang ideal.

5. Atur Kecepatan Berkendara

Cara menghemat bahan bakar kelima dengan mengatur kecepatan berkendara. Sama halnya dengan RPM diatas tadi, sobat bisa melakukannya dengan mengatur tahapan kecepatan. Disini sobat di tuntut untuk tidak langsung menekan pedal dalam – dalam, tetapi untuk mendapatkan kata irit, haruslah dengan mengatur kecepatan secara bertahap, jangan konstan.

6. Jaga Jarak Dengan Kendaraan Di Depan

Pengaturan jarak dengan kendaraan yang ada di bagian depan juga memberikan efek secara signifikan, karena bila kendaraan didepan melakukan pengereman mendadak, tentu sobat akan secara langsung melakukan pengereman, dan jika sudah terjadi demikian, secara otomatis berati sobat harus kembali mengulang kecepatan berkendara dari awal, yang membutuhkan lebih banyak pemakaian bahan bakar.

7. Naik Turun Gigi Dengan Tepat

Cukup lumrah jika sobat tetap bertahan dengan Gigi 1 ketika melalui jalanan menanjak, tapi tidak dengan jalanan yang stabil atau lurus, dengan menggunakan gigi awal dalam waktu lama, selain sobat hanya dapatkan kecepatan rendah, juga membuat konsumsi bahan bakar terasa jauh lebih boros ketika melakukan oper gigi dengan tahapan yang teratur.

8. Pastikan Kaca Mobil Tertutup Ketika Berkendara

Secara aerodinamika, saat sobat mengendarai mobil dengan kaca terbuka lebar membuat mobil terasa berat akibat angin yang masuk dari depan tidak langsung tersalurkan pada bagian belakang, tetapi malah masuk kedalam mobil, yang menjadikan jalannya mobil lebih berat ketika sobat menutup semua kaca jendela.

9. Tidak Mematikan AC

Dengan menyalakan AC atau Air Conditioner, tentu membuat sobat otomotif menutup kaca jendela secara terus menerus diwaktu berkendar. Adanya hal seperti itu justru memberikan efek positif, dikarenakan bakal membuat aliran udara dari depan bisa langsung menuju arah belakang, alhasil mobil menjadi lebih ringan dan ringannya tersebut membuat kerja mesin lebih ringan, dan berati bahan bakar yang di butuhkan jadi lebih sedikit.

10. Hindari Berhenti Terlalu Sering

Berhenti yang kami maksud disini yakni dengan menghindari kemacetan sedini mungkin, atau menghindari berkendara pada kondisi cuaca buruk, dimana nantinya jika berada pada dua kondisi itu tadi, membuat anda sering memainkan pedal gas dan kopling, yang menjadi lebih boros akan pemakaian bahan bakar.

11. Matikan Mesin Ketika Berhenti Terlalu Lama

Waktu nyala lampu merah cukup bervariatif, tetapi jika terlalu lama atau lebih dari satu menit, sobat sebaiknya matikan mesin untuk lebih menghemat BBM.

12. Parkir Mobil Jangan Dibawah Terik Matahari

Bahan bakar pastinya memiliki sifat penguapan yang begitu cepat ketika menjumpai kondisi panas, untuk itu sobat diharapkan parkirlah mobil pada tempat yang teduh untuk mengurangi penguapan BBM ketika terkena panas berlebih. Jadi lebih irit kan ?

13. Matikan Semua Fitur Hiburan dan AC

Tentu jika menempuh perjalanan jauh, semua fitur yang ada tidak terlalu berat bebanya, dimana hal itu berbeda saat sobat baru awal pertama kali menghidupkan mesin, jika semua fitur yang ada itu tetap menyala secara bersamaan ketika mesin baru di nyalakan bakal terasa begitu besar bebanya, dan mempengaruhi pemakain BBM lebih boros.

14. Pada Tanjakan Sebaiknya AC Di Matikan

Keberadaan AC dalam sebuah mobil dapat memberikan efek nyaman yang sangat besar, tapi lain halnya jika sobat bersikukuh hidupkan AC yang berakibat bahan bakar yang mengalir jauh lebih banyak dibanding waktu sobat mematikan AC terlebih dahulu ketika melewaji tanjakan ektrim.

15. Jadikan Bobot Mobil Lebih Ringan

Berat atau tidaknya sebuah kendaraan, pasti pengaruh dari penumpang didalam atau barang bawaan dalam jumlah banyak yang dibawa sobat dalam bagasi. Secara teori berati dengan berat yang tinggi, mesin bakal bekerja lebih ekstra dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

16. Sesuaikan Tekanan Angin

Soal tekanan angin ban juga mempunyai pengaruh besar terhadap pemborosan bahan bakar, karena jika ban terlalu kempes atau angin didalamnya berada dibawah tekanan standar, membuat putaran roda jauh lebih berat, dan sama dengan no 15 tadi, semakin berat, semakin banyak pula pengeluaran BBM, bukan irit yang kita dapat, tetapi malah sebaliknya, yaitu Boros. Jadi sesuaikanlah tekanan angin menurut ketentuan yang berlaku agar putaran roda terasa ringan, dan bahan bakar yang dibutuhkan menjadi lebih hemat.

17. Ganti Filter

Filter atau Saringan udara bisa jadi kebanyakan orang lalai untuk menggantinya jika sudah menempuh perjalanan jauh atau kilometer tinggi, namun bila sobat rajin membersihkan atau mengganti filter udara berkualitas dapat menekan pemakaian BBM lebih efisien.

18. Jadikan Oli Sintetis Sebagai Prioritas

Pemilihan oli menjadi cukup penting, karena dengan rutinnya ganti oli sesuai dengan jarak yang di tentukan, akan memberikan efek pemakian BBM lebih irit.

19. Tune Up Secara Rutin

Merawat mesin juga memberikan efek begitu baik, karena dengan rajinya melakukan Tune Up mesin dapat mengoptimalkan pemakaian bahan bakar menjadi jauh lebih efisien.

20. Isilah BBM Waktu Kondisi Tangki Setengah

Dengan mengisi bahan bakar ketika BBM dalam tangki tinggal setengah, berati secara tidak langsung sobat tidak membiarkan bahan bakar yang masuk kedalam tangki menguap sia – sia karena lamanya tutup tangki terbuka ketika pengisian.

21. Isi BBM Diwaktu Pagi

Hindarilah mengisi bahan bakar ketika siang hari atau dalam kondisi cuaca yang begitu panas, karena sifat dari BBM sendiri bakal menguap ketika terkena panas yang berlebih, dan hal itu merupakan salah satu cara menghemat BBM yang tepat, karena bila kita mengisi tangki dalam kondisi cuaca dingin penguapan dapat di minimalisir.

22. Gunakan Alat Penghemat BBM

Dewasa ini sudah ada begitu banyak penelitian dari para sang ahli, yang di tuangkan kedalam sebuah produk penghemat bahan bakar. Meski efeknya tidak terlalu signifikan, tapi setidaknya sobat sudah melakukan cara menghemat BBM guna lebih mengoptimalkan pemakaian BBM yang sedikit tetapi efektif dalam kecepatan.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Merawat Radiator Mobil Harga Oli Federal

Lumayan banyak juga yah sob caranya ? tapi yang terpenting dan perlu kami tekankan disini, berkendaralah dengan baik, karena hal tersebut merupakan cara menghemat BBM yang paling efektif, sehingga bahan bakar yang ada tidak terbuang sia – sia. Sekarang tinggal sobat terapkan caranya satu persatu, karena aslinya diri sobatlah yang membuat irit atau tidaknya pemakaian bahan bakar ketika berkendara. Sekian tips dan Cara Menghemat BBM yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. “SALAM OTOMOTIF”

0/5 (0 Reviews)
Advertisement