14 Cara Memotong Rantai Motor Cepat dan Mudah

Advertisement

Cara Memotong Rantai Motor – Sebenarnya ada banyak pekerjaan bengkel yang bisa kita selesaikan sendiri di rumah, jadi tidak melulu kerusakan yang ada di motor harus dibawa ke bengkel, selain lebih hemat di kantong karena kita hanya membutuhkan tenaga kita sendiri tanpa harus membayarnya, setidaknya jika kita melakukan perbaikan sendiri tentu ada kepuasan tersendiri jika apa yang kita lakukan itu berhasil. Seperti halnya memotong rantai motor, dimana hal ini bisa di bilang satu hal yang bila kita mau kerjakan bakal terasa begitu mudah.

Pekerjaan tersebut diatas sangat bisa di atas di rumah, bahkan dengan peralatan yang acap kali kita temui dirumah, mulai dari obeng, tang ataupun palu. Namun memang ada beberapa tipe rantai, khususnya rantai bawaan pabrik yang tidak menyediakan sambungan, alias dibuat langsung secara melingkar, sehingga jika salah satu part motor ini sudah terdengar berisik karena sudah lebih panjang dibanding awal pertama kali kita menggunakannya, dikarenakan efek pemakaian atau memang rantai sudah memiliki umur yang cukup panjang, dan posisi as roda sudah di posisikan sampai belakang sendiri, masu tidak mau sobat harus memotongnya.

Tapi jika sudah demikian dan tipe rantai yang sobat pakai sama seperti apa yang kami sebutkan tadi, harusnya si jangan di pendekan atau di potong, namun diganti dengan yang baru, karena pada dasarnya model rantai yang seperti itu bisa dibilang sekali pakai. Berbeda dengan model rantai yang memang di sediakan sambungan, sobat otomotif bisa melakukan pemotongan, itupun harus dipastikan saat menyambungnya kembali harus benar – benar kencang, agar hal tidak di inginkan tidak terjadi sewaktu sobat berkendara motor di jalanan.

Advertisement

Tips dan Cara Memotong Rantai Motor

Cara Memotong Rantai Motor Dengan Baik Dan Benar

Cara Memotong Rantai Motor Dengan Baik Dan Benar

Bicara lebih lanjut mengenai potong memotong rantai, ada cara manual yang memang akan cukup menguras tenaga, tetapi ada pula cara yang lebih simple dan ringan lagi, yaitu dengan alat pemotong rantai, yang didesain khusus guna menunjang pekerjaan tersebut, disebut sebagai chain breaker yang bisa sobat dapatkan di toko – toko sparepart sepeda motor atau toko penyedia alat bengkel, dan bila tidak mau ribet lagi, dapat pula membelinya di toko on-line. Lebih jelasnya Cara Memotong Rantai Motor yang baik dan benar, sobat langsung simak ulasannya dibawah ini.

Cara Memotong Rantai Motor Menggunakan Alat

Cara Memotong Rantai Motor Dengan Alat

Cara pertama ini begitu mudah sobat otomotif laksanakan dirumah, bahkan tanpa butuh bantuan orang lain ketika mengerjakannya, tapi dengan catatan sudah memiliki alatnya yang di sebut sebagai Chain Breaker. Menggunakan alat tersebut sangat amat mudah, baik itu ketika melepas bagian rantai ataupun diwaktu melepas bagian pengait atau lebih tepatnya pin rantai motor. Di lain sisi juga memungkinkan sobat nantinya dapat memasang rantai motor kembali dengan benar. Soal cara memotong rantai motor dengan alat ini dapat diketahui selengkapnya berikut ini.

  1. Lepas rantai yang terpasang pada motor sobat supaya nantinya lebih leluasa ketika akan memotong bagian rantai yang di inginkan.
  2. Potong rantai agar menjadi dua bagian menggunakan alat yang dinamakan chain brekaer, dengan memposisikan rantai sesuai dengan alat.
  3. Setelah itu kencangkan bagian putaran yang terlihat seperti baud agar bagian rantai yang akan di potong tidak lari sewaktu kita akan melepas bagian pin.
  4. Bila sudah, hitung jumlah mata rantai yang bakal sobat potong.
  5. Dalam menghitung jumlah mata rantai, setelah melepas salah satu bagian, kemudian kembali di pasangkan pada sepeda motor, baru di hitung secara tepat berapa jumlahnya, hal ini harus sangat diperhatikan agar tidak kerja dua kali nantinya.
  6. Ketika semua telah di kerjakan, langkah akhir, sobat tinggal pasang kembali.
  7. Untuk cara memasangnya kembali perhatikan lagi step nomor 3, dan pastikan bagian pin terpasang dengan benar, lalu pasang pengaitnya supaya lebih kencang plus tidak mudah lepas.

Dengan menggunakan alat diatas tentunya perjaan memotong rantai motor menjadi jauh lebih mudah, dan perlu sobat ketahui juga, chain breaker dapat digunakan pada ukuran rantai motor mulai dari yang terkecil sampai dengan ukuran terbesar, sehingga cukup fleksibel ketika sobat memiliki alat ini plus tidak perlu menggantinya ketika rantai motor yang bakal di potong mempunyai ukuran besar. Dipastikan dengan dibantu alat tersebut, rantai motor yang di pasang kembali menjadi lebih kuat, karena proses pengerjaannya tepat dan tanpa merusak bagian rantai lainnya.

Cara Memotong Rantai Motor Secara Manual

Cara Memotong Rantai Motor Secara Manual

Selain cara memotong rantai motor dengan alat, sobat juga bisa memotong plus memasangnya secara manual tanpa bantuan alat yang dinamai chain breaker. Beberapa alat yang sobat harus miliki diantaranya, palu, mur berdiameter lebih besar dari bagian mata rantai, tang jepit, paku yang memiliki ukuran tidak beda jauh dengan pin yang terdapat pada rantai motor, gerinda. Selanjutnya langsung saja simak langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah awal sobat dapat langsung dengan memotong bagian pin rantai menggunakan gerinda, supaya nantinya bagian mata rantai mudah di lepas.
  2. Ukur berapa jumlah mata rantai yang bakal di lepas.
  3. Sesudah itu, posisikan mur yang kami maksud di penjelasan awal tadi tepat berada di tengah bagian pin.
  4. Lalu bila merasa sudah pas dengan pin berada di tengah – tengah lubang mur yang berada dibawahnya, sobat tinggal ambil paku untuk selanjutnya di posisikan tepat di atas pin.
  5. Selanjutnya sobat memukul bagian paku tadi menggunakan paku dengan keras, agar bagian pin bisa cepat terlepas dari mata rantai.
  6. Lakukan langkah no 3,4, dan 5 waktu akan menggabungkan rantai kembali, serta tidak lupa pasang pengaitnya.
  7. Terahir sobat otomotif tinggal pasang ke motor, yang kemudian ukur kembali tingkat kekencangan rantai sesuai dengan kebutuhan.

Dengan cara memotong rantai motor manual memang terlihat cukup ribet, karena harus menyediakan banyak alat pendukung, namun hal ini menjadi sangat efektif ketika tidak memiliki alat seperti yang kami maksud pada cara pertama tadi di atas. Soal hasil akhir, antara cara memotong rantai motor menggunakan alat maupun manual, keduanya sama – sama bagus plus kencang, asalkan pin yang waktu di pasang kembali berada pada posisi tepat, kemudian tidak lupa memasang pengaitny kembali untuk memastikan rantai tidak akan lepas ketika kembali beroprasi.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Minyak Rem MotorPenyebab AC Mobil Bau
Cara Agar Gas Motor ResponsifPenyebab Motor Ngebul

Dari dua cara yang kami sebutkan, mana yang sesuai dengan sobat ? keduanya memiliki tekhnik sendiri – sendiri, hanya dibedakan dengan alat yang ringkas dan satunya lagi membutuhkan banyak alat. Demikian tips sekaligus langkah dan Cara Memotong Rantai Motor yang mudah plus cepat, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian yang ingin memotong bagian paling vital pada penggerak sepeda motor berantai. “SALAM OTOMOTIF”

0/5 (0 Reviews)
Advertisement