Cara Simpel Bikin Tarikan Gas Motor Menjadi Lebih Responsif

Advertisement

Cara bikin tarikan gas motor menjadi lebih responsif 2019 – Motor ataupun sepeda motor memang sering kita jumpai dimanapun kita berada. Nah, seperti yang kita katahui motor juga menjadi sebuah kendaraan yang sangat populer dinegara kita. Hal ini telah terbukti jika permintaan sebuah kendaraan bermotor tiap tahunnya selalu meningkat, hal ini tentu membuat setiap pabrik kendaraan bermotor berlomba-lomba dalam meluncurkan produk motor terbaru mereka yang lebih canggih dan lebih modern.

Saat ini masyarakat Indonesia lebih memilih motor sebagai sebuah kendaraan pribadinya, karena selain mudah dikendarai motor juga memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan mobil. Nah, dengan penggunaan motor yang kian lama maka tidak heran jika perfoma motor akan mengalami penurunan perfoma, hal ini disebabakan karena usia motor yang semakin tua dan jangka pemakian motor yang sudah cukup lama.

Dan bagi anda yang suka mengobrak-abrik sebuah kendaraan bermotor, maka kalian pasti tau masalah-malah yang terjadi kanapa motor mengalami penurunan perfoma ? dan untuk mengatasinya pun pasti kalian sudah tau jawabanya. Namun untuk orang-orang yang sangat awam pada dunia otomotif hal tersebut akan menjadi masalah besar, karena motor yang anda miliki menjadi tidak nyaman saat dipakai, sehingga kalian akan memutuskan untuk membawa motor anda kebengkel motor.

Advertisement

Nah salah satu masalah yang sering terjadi pada motor anda adalah masalah gas motor yang semakin lama semakin berat. Hal ini pasti akan membuat kalian tidak nyaman dalam menggunakan motor tersebut. Untuk mengatasi hal ini pastinya kalian membutuhkan teknisi atau montir untuk menyetel gas motor anda agar bisa menjadi lebih enteng dan tarikan motorpun akan menjadi lebih responsif. Dan berikut adalah Cara Bikin Tarikan Gas Motor Menjadi Lebih Responsif, dan berikut ulasanya.

Cara Bikin Tarikan Gas Motor Menjadi Lebih Responsif

Cara Bikin Tarikan Gas Menjadi Lebih Responsif

Cara Bikin Tarikan Gas Menjadi Lebih Responsif

Seperti yang kita ketahui jika putaran gas pada motor anda terasa seret maka akan sangat berpengaruh pada daya tarikan motor yang terasa berat. Saat kalian mengeluh masalah ini kebanyakan pengendara ataupun teknisi mengambil jalan pintas yakni dengan cara memotong pegas “per skep karburator”. Padahal jika cara ini dilakukan akan sangat berbahaya, karena meski menghasilkan tarikan gas yang lebih enteng dan responsif, namun hal ini memiliki kekurangan yakni berkurangnya kemampuan pegas yang mengakibatkan jarum skep tidak akan bergerak atau macet sehingga mesin motor akan terkunci pada RPM tinggi.

Selain itu hal tersebut biasanya tejadi karena banyaknya kotoran yang berada pada area dinding skep baik itu debu maupun embun air. Nah, seperti yang kita semua ketahui jika gas merupakan salah satu hal yang sangat penting keberadaanya pada sebuah kendaraan, sehingga kita tidak boleh asal dalam memodifikasinya. Namun demikian, bukan berarti kita tidak bisa melakukan modifikasi untuk membuat tarikan gas menjadi lebih enteng dan lebih responsif. Dan berikut adalah beberapa cara bikin tarikan gas motor menjadi lebih responsif, sehingga perfoma motor yang kalian miliki akan menjadi lebih tangguh.

1. Atur Ketegangan Tali Gas

Cara yang pertama dalam cara bikin tarikan gas motor menjadi lebih responsif adalah dengan mengatur ketenganan tali gas-nya. Dengan menyetel ketegangan tali gas, akan membuat tarikan motor ini menjadi lebih enteng dan responsif. Posisi penyetelah gas motor ini sendiri berada pada ujung bagian tali gas sebelum masuk ke selongsong. Dan penyetelah itu sendiri berupa mur  yang berhinpitan dengan mur 8 berukuran panjang yang pada umumnya dilindungi oleh penutup yang terbuat dari karet.

2. Atur Mur-nya

Untuk cara bikin tarikan gas menjadi lebih responsif selanjutnya adalah dengan menyetel Mur-nya. Dalam proses pengenduran mur-nya sendiri, maka kendurkanlah terlebih dahulu baut yang menggunakan kunci 10 yang sudah anda siapkan terlebih dahulu. Mur ini nantinya akan mengatur ketegangan tali yang akan berefek pada tingkat respont selongsong gas.

3. Atur Grip Handle

Cara bikin tarikan gas motor menjadi lehih enteng selanjutnya adalah dengan mengtur grip handle. Pengaturan grtip handle ini juga tentunya akan memberikan pengaruh pada responsive atau tidaknya putaran gas motor anda. Dan untuk mengatur grip handle ini, maka lumasilah grip handle gas tersebut dengan pelumas yang cukup air dan tentunya tidak lengket. Hal ini berguna untuk membuat putaran gas anda tidak lengket dan seret pada saat anda menggunakannya, sehingga akan terasa lebih responsift.

4. Atur Skep Karburator

Dan cara yang terakhir pada cara bikin tarikan gas motor menjadi lebih responsif adalah dengan mengatur skep karburator. Untuk mengatur skep karburator motor ini, maka silahkan anda melepas skep karburator tersebut dengan cara menekan bagian ujung pegas atas dan bawah agar menjadi lebih padat dan sebaiknya gunakan tang yang lancip untuk melakukannya.

Silahkan samakan tekanan dan kerapatan yang dikehendaki, sebaliknya silahkan mencoba dulu untuk mendapatkan posisi yang pas untuk anda. Selain itu usahakan minimal lilitan pegas atas dan 3 kali lilitan pegas bawah supaya kemampuan daya pegas tetap stabil dan tidak berkurang secara drastis meski anda membuatnya menjadi lebih responsif. Sementara itu kalian juga harus memperhatikan putaran gas motor anda agar bisa bekerja dengan maksimal.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Pilih Velg Motor Penyebab Motor Ngebul

Selain membuat tarikan gas motor anda menjadi lebih responsif, dengan cara ini juga akan membuat perfoma motor anda menjadi lebih tangguh dan juga handal. Tak hanya itu saja, yang tadinya putaran gas motor itu seret sekarang menjadi lebih enteng dan gampang untuk digunakan. Demikian informasi mengenai Cara Bikin Tarikan Gas Motor Menjadi Lebih Responsif, semoga bisa bermangfaat bagi kalian semua.”SALAM OTOMOTIF”.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement