Inilah Penyebab Motor Ngebul Yang Wajib Diketahui

Advertisement

Penyebab Motor Ngebul – Bagi yang terbiasa menggunakan motor 2 tak, tentu tak heran apabila motor miliknya mengeluarkan asap alias ngebul. Namun bagaimana jika motor yang digunakan merupakan motor 4 tak ? Apabila hal tersebut terjadi pada motor 4 tak, maka besar kemungkinan terjadi sesuatu kerusakan yang wajib segera diperbaiki agar sepeda motor kembali nyaman digunakan sebagai mana mestinya serta menjaga performa mesin agar selalu optimal.

Ada banyak sekali penyebab motor ngebul. Biasanya motor akan mengeluarkan asap berwarna hitam atau putih sebagai tanda bahwa ada masalah pada salah satu komponen motor. Masalah ini bisa mengganggu kenyamanan berkendara dan beresikos merusak mesin. Oleh karena itulah sobat harus segera memperbaikinya. Namun sebelum itu, sobat wajib mengetahui penyebab motor ngebul agar kejadian serupa tidak terjadi. Nah untuk mengetahuinya silahkan simak dibawah ini.

Cara Mengatasi dan Penyebab Motor Ngebul 

Penyebab Motor Ngebul

Penyebab Motor Ngebul

1. Karburator Bermasalah

Salah satu penyebab motor ngebul adalah masalah pada sistem pembakaran. Hal ini sering terjadi pada motor yang masih menggunakan karburator. Biasanya masalah tersebut disebabkan oleh setelah udara yang kurang pas dan pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai, sehingga menyebabkan sepeda motor mengeluarkan asap hitam. Untuk mengatasinya, sobat hanya perlu mengkencangkan sekrup penyetel suplai bensin.

Advertisement

2. Busi Kotor

Busi bertugas untuk mengatur sistem pengapian sepeda motor. Apabila busi kotor, maka sistem pengapian akan terganggu yang otomatis membuat sistem pembakaran kurang sempurna. Hal tersebut bisa menyebabkan keluar asal hitam dan apabila dibiarkan saja maka lama kelamaan busi akan mati. Nah untuk mengatasinya, sobat tinggal membersihkan busi sampai bersih atau membeli busi baru yang kondisinya masih sempurna

3. Ruang Bakar Bekerak

Penyebab lainnya adalah karena ruang bakar yang berkerak. Biasanya hal ini terjadi karena proses pembakaran yang tidak sempurna atau ada oli yang ikut terbakar. Alhasil sisa pembakaran akan menempel pada bagian ruang bakar dan membentuk kerak. Nantinya kerak tersebut akan menghambat proses pengapian dan pembakaran yang bisa berakibat motor mengeluarkan asap hitam. Untuk memperbaikinya kita harus membongkar bagian Head Cylinder, lalu bersihkan seluruh bagian Head Cylinder sampai tidak ada kerak yang menempel.

4. Filter Udara Kotor

Semua sepeda motor pasti memiliki sistem pendingin agar suhu mesin selalu terjaga. Namun sering sekali fitur udara kotor yang nantinya akan membawa kotoran ke ruang bakar yang akan menghambat proses pembakaran mesin. Apabila hal tersebut dibiarkan saja, maka motor akan mengeluarkan asap berwarna hitam dan beresiko merusak mesin yang mengharuskan kita harus turun mesin. Oleh karena itulah sobat harus selau membersihkan filter udara secara rutin.

5. Masalah Pada Oli

Apabila oli yang digunakan terlalu encer, maka hal tersebut bisa menyebabkan motor mengeluarkan asap. Pasalnya setiap oli memiliki tingkat kekentalah berbeda-beda yang harus disesuaikan dengan spesifikasi mesin. Sobat bisa mengikuti saran pabrikan dalam memilih oli motor yang sesuai, sehingga nantinya performa motor tetap optimal dan terhindar dari asap.

6. Pengaruh Knalpot

Knalpot menjadi salah satu komponen utama dalam sistem gas buang sepeda motor. Jenis knalpot motor juga beragam, dan saat ini sudah ada knalpot racing yang memiliki sistem untuk menyemprotkan oli ke dalam knalpot dengan tujuan untuk meningkatkan performa sepeda motor. Sayangnya hal tersebut bisa mengakibatkan keluarnya asap putih dari knalpot.

Masih ada beberapa penyebab motor ngebul lainnya. Namun yang paling sering terjadi adalah karena masalah di atas. Oleh karena itulah sobat wajib melakukan pemeriksaan pada bagaian karburator, fiter udara, dan busi agar nantinya tidak menyebabkan ruang bakar berkerak yang otomatis membuat motor bisa mengeluarkan asap alias ngebul. Yah, merawat sepeda motor memang sangat penting agar motor tetap nyaman dan aman dikendarai.

Sepeda motor yang nyaman tentu akan mempermudah aktivitas kita sehari-hari. Jangan sampai motor mengeluarkan asal dikarenakan masalah di atas. Apabila sudah terlanjur terjadi, maka lebih baik sobat datang ke bengkel terdekat agar mendapatkan saran dari yang sudah berpengalaman. Sobat juga bisa melakukannya sendiri di rumah, namun jangan sok tau karena ketidaktahuan hanya akan merusak komponen motor lainnya.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Aki Mobil Avanza  Cara Mengatasi Karburator Banjir 

Kenyamanan mengendarai sepeda motor memang menjadi yang utama. Jika motor keluar asap tentu akan menganggu kenyamanan diri sendiri dan orang lain. Setelah mengetahui apa aja penyebab motor ngebul, tentunya sobat bisa berjaga-jaga agar tidak mengalami hal yang serupa. Sekian informasi otomaniac.com kali ini, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi. “Salam Otomotif”

0/5 (0 Reviews)
Advertisement