8 Tips dan Cara Membeli Mobil Baru dan Bekas

Tips dan Cara Membeli Mobil – Banyak orang bermimpi untuk membeli sebuah mobil. Pasalnya, mobil merupakan suatu kebutuhan sekunder yang nantinya akan mempermudah sarana transportasi dan meningkatkan derajat seseorang di mata social. Yah, banyak sekali masyarakat Indonesia yang membeli mobil hanya untuk pamer belaka. Padahal, kebutuhan transportasi mereka sudah terpenuhi dengan hadirnya sepeda motor yang memiliki harga jual lebih murah. Oleh karena itulah, banyak orang yang tak segan-segan membeli mobil secara kredit.

Advertisement

Lebih banyak mempertimbangkan kemampuan finansial sebelum memutuskan membeli mobil baru secara kredit. Pertimbangkan penghasilan anda setiap bulannya, dan akumulasikan pengeluarkan setiap bulan, sehingga hatis bisa terasa tenang ketika di bebani hutang kredit. Terlebih biaya kredit mobil bisa mencapai jutaan rupiah, tergantung dari tipe mobil yang dibeli. Bahkan untuk mobil premium, sekelas Toyota Fortuner, Pajero Sport, dan lain-lain bisa menembus puluhan juta rupiah.

Cara membeli mobil baru secara kredit merupakan pilihan kedua setelah membeli mobil secara kontan atau cash. Namun banyak orang yang kesusahan membeli mobil secara cash, karena harga mobil sejatinya sangat mahal. Seperti yang kita ketahui bersama, harga mobil termurah di Indonesia adalah mencapai 80 Jutaan dan yang termahal mencapai miliaran rupiah. Yah, inilah yang membuat sebagian besar masyarakat Indonesia membeli mobil baru dengan cara kredit, karena hanya dengna uang 20 Jutaan sampai 30 Jutaan kita sudah bisa membeli mobil baru sesuai keinginan.

Tak hanya mobil baru, kita juga bisa membeli mobil bekas yang otomatis dibanderol lebih murah. Namun dibutuhkan ketelitian dan kesabaran tinggi ketika membeli mobil bekas, karena tak semua mobil memiliki kondisi yang sempurna. Tentunya lebih baik membeli mobil baru, kita akan mendapatkan layanan purna jual lebih baik, dan teknologi terkini yang tak dimiliki mobil bekas. Nah, bagi sobat yang tertarik membeli mobil, silahkan sobat simak terlebih dahulu tips dan cara membeli mobil baru dan bekas yang kami rangkum dibawah ini.

Tips dan Cara Membeli Mobil Baru dan Bekas

Tips dan Cara Membeli Mobil Baru dan Bekas

Tips dan Cara Membeli Mobil Baru dan Bekas

1. Carilah Informasi Produk Sebelum Membelinya

Cara Membeli Mobil yang pertama adalah, sobat harus terlebih dahulu mengerti spesifikasi mobil yang sobat beli. Walaupun ada salesmen yang menjelaskan spesifikasi dan fitur mobil ketika kita datang ke dialer, namun biasanya pengatahuan salesemen masih dangkal, dan belum mengetahui spesifikasi lengkap mengenai mesin, suspensi, dan fitur pada sektor eksterior dan interior. Jadi lebih baik sobat mencari informasi sebanyak-banyaknya terhadap tipe mobil yang ingin sobat beli, sehingga tak akan ada penyesalan ketika sudah membelinya.

Advertisement

2. Tentukan Anggaran (uang/biaya)

Dengan uang yang kita kita miliki, kita bisa membeli mobil sesuai impian. Namun bagi yang memiliki budget terbatas, lebih baik sobat membeli mobil LCGC yang dibanderol dibawah 150 Juta Rupiah. Terlebih sudah banyak mobil LCGC yang dilengkapi fitur sangat lengkap, dan dibekali mesin bertenaga. Namun semuanya kembali lagi ke anggaran sobat dalam membeli sebuah mobil. Semakin banyak uang yang sobat miliki, tentu sobat bisa memboyong mobil berkualitas tinggi. Nah yang terpenting jangan melebihi anggaran membeli mobil, karena masih banyak keperluan lain setelah membeli mobil.

3. Pertimbangkan Biaya Angsuran Kredit

Apabila uang tak mencukupi untuk membeli secara kontan, maka sobat bisa mempertimbangkan membeli secara kredit. Seperti yang kami sampaikan diatas, sobat harus mempertimbangkan biaya kredit setiap bulannya. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang, sehingga sobat akan mengalami kesusahan ketika menyicil setiap bulannya. Biasanya pihak diler menyediakan beberapa opsi finance yang menawarkan biaya kredit berbeda-beda. Nah lebih baik sobat mencari yang termurah dan jangan lupa memiliki finance yang memiliki reputasi baik. Tentunya sobat tak mau dikejar-kejar debt collector karena telah bayar cicilan.

4. Pertimbangkan Harga Jual Kembali

Jangan sampai menyesal apabila harga jual kembali mobil yang kita beli turun drastis. Oleh karena itulah, sobat wajib mempertimbangkan merek dan tipe mobil yang sobat beli. Pasalnya, masyarakat Indonesia lebih mepercayai kualitas mobil asal Jepang, sehingga harga jaul kembali mobil asal Korea, Eropa, dll bisa turun drastis. Sebenarnya kualitas setiap tipe mobil samba baiknya, karena telah melewati berbagai macam proses untuk memenuhi kualitas standar pabrik. Namun pola masyarakat Indonesia sulit diubah, sehingga lebih baik membeli mobil asal Jepang yang telah dipercayai kualitasnya oleh masyarakat Indonesia.

5. Mengajak Teman Yang Mengerti Mobil

Tips membeli mobil ini sangat penting bagi sobat yang ingin mencari mobil bekas. Lebih baik sobat mengajak teman yang mengerti akan mesin mobil, sehingga bisa melakukan pengecekan terhadap kesehatan mesin ataupun fitur-fitur yang terpasang didalamnya, karena tak semua mobil besar memiliki kondisi prima. Bahkan banyak sekali mobil bekas banjir yang otomatis akan mempengaruhi kinerja mesin. Selain itu, sobat wajib meminta bantuan teman untuk mengecek bagian kaki-kaki dan suspensi, agar mobil bekas yang sobat bisa beli tetap terasa nyaman layaknya mengendarai mobil baru.

Advertisement

6. Hitung Biaya Perawatan dan Service

Baik mobil baru ataupun bekas, tentunnya membutuhkan perawatan rutin agar kondisinya tetap prima dan nyaman dipakai setiap harinya. Jangan sampai sobat membeli mobil yang hobi keluar masuk bengkel, karena akan menguras kantong setiap bulannya. Oleh karena itulah, sobat wajib memperhitungkan biaya perawatan mobil dan biaya perawatannya. Selain itu, sobat harus memilih merek mobil yang memiliki jaringan service merata, sehingga mempermudah perawatan apabila terjadi kerusakan dan penggantian komponen.

7 Pilih Jenis Bahan

Selain cara membeli mobil diatas, sobat juga harus mempertimbangkan jenis bahan bakar yang dipakai. Apabila sobat ingin mengehemat biaya bahan bakar, maka sobat bisa membeli mobil bermesin diasel yang menggunakan bahan bakar solar. Pasalnya, harga solar lebih murah dibandingkan bensin, sehingga mampu menghemat biaya pengeluaran. Sayangnya, harga mobil pribadi yang menggunakan mesin diasel tergolong sangat mahal seperti Toyota Inova, Fortuner, ataupun Pajero Sport. Alhasil lebih banyak orang yang memilih membeli mobil berbahan bakar bensin.

8. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Ada banyak jenis dan tipe mobil di Indonesia. Namun rata-rata dibagi dalam dua kategori yang didalamnya memiliki dua baris kursi dan tiga baris kursi. Bagi sobat yang mencari mobil keluarga, tentu lebih memilih membeli mobil tiga baris kursi, karena mampu memuat tujuh penumpang secara langsung, sehingga semakin banyak anggota keluarga yang bisa diajan berpergian. Namun bagi sobat yang membutuhka mobil 5 penumpang, maka sobat bisa membeli city car seperti Honda Jazz, Kia Rio, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, tersedia pula mobil bertipe matic dan manual yang bisa dipilih sesuai kenyamanan dan kebiasaan berkendara

Baca Juga : Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet

Apabila memungkinkan, sobat wajib melakukan test drive. Hal ini sangat penting agar sobat bisa mengetahui kenyamanan mobil sebelum dibeli. Terlebih apabila sobat membeli mobil bekas yang sering kami memiliki beberapa kerusakan yang tak akan bisa kita ketahui apabila belum mencobanya secara lansung. Nah itulah 8 tips dan cara membeli mobil baru secara cash ataupun kredit. Tips diatas bisa menjadi acuan sebelum sobat membeli mobil baru ataupun bekas, sehingga sobat tidak tertipu ketika membelinya. “Salam Otomotif”

Advertisement

Advertisement