8 Mobil Listrik Terbaik Di Dunia 2016

Mobil Listrik Terbaik Di Dunia – Sebenarnya sudah sejak dari dulu pemerintah diseluruh dunia telah mencangkan program penghematan energi, terutama untuk bahan-bahan yang bersifat habis dan tidak bisa diciptakan kembali ataupun di daur ulang, salah satunya bahan bakar minya, yang kebanyakan di gunakan oleh berbagai jenis kendaraan bermotor, salah satu diantaranya adalah mobil. Untuk itu para produsen berlomba-lomba menciptakan sesuatu yang baru berupa Mobil Listrik.

Advertisement

Dengan begitu, dan bila benar di terapkan pada aksi nyata, bisa jadi pemakaian bahan bakar minyak di dunia bakal berkurang, karena tercatat pemakai bahan bakar terbanyak salah satunya adalah mobil. Meski teknologi yang digunakan semakin kesini semakinmaju, baik itu dalam mengedepankan performa dan pemakaian bahan bakar yang banyak dibilang lebih irit. Tetapi sama saja rasanya jika kendaraan berupa mobil masih menggunakan minyak sebagai bahan utama pengisi daya.

Namun berbeda jika para produsen menciptakan mobil dengan asupan daya yang didapatkan dari listrik, bukan hanya dapat menghemat cadangan minyak dunia, tetapi juga dapat membuat lingkungan disekitar tetap segar tanpa adanya asap yang keluar dari dalam kendaraan. Menariknya lagi, beberapa negara dunia telah memperkenalkan dan memasarkannya untuk dijadikan kendaraan umum yang digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Beberapa merek diantaranya adalah Mitsubishi, merek yang tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Dimana dirinya berhasil menciptkan mobil listrik terbaik didunia yang dinamai sebagai Mitsubishi i-MiEV, mobil mungin dengan gaya modern yang mampu memberikan sebuah kenyamanan lebih terhadap penggunanya. Selain merek dan mobil tersebut, masih ada banyak lagi produk mobil listrik lainnya, yang selengkapnya bisa sobat simak pada Daftar Mobil Listrik Terbaik Di Dunia dibawah ini.

Daftar Mobil Listrik Terbaik Di Dunia

Daftar Mobil Listrik Terbaik Di Dunia

Daftar Mobil Listrik Terbaik Di Dunia

1. Chevrolet Volt

Advertisement

Produsen mobil asal negri paman sam ini dikenal ahli dalam menciptakan inovasi baru dalam ranah otomotif khususnya mobil, hingga pada saat era modern kini dirinya berhasil menciptakan mobil listrik terbaik dunia yang dijuluki sebagai Chevrolet Volt. Sebenarnya mobil ini bukan full menggunakan tenaga listrik, pasalnya pihak chevrolet sendiri menggunakan konsep Hybrid pada mobil miliknya tersebut.

Sudah sejak 2010mobil ini di perkenalkan secara umum dihadapan publik, desainnya yang menarik dan tampangnya yang keren, akan menggoda siapa saja yang melihatnya. Tapi siapa sangka, mobil ii ditenagai motor derdaya listrik, dimana dirinya diberikan asupan listrik melalui baterai 24 kwh lithium ion yang dapat menempuh perjalanan maksimal 117km, dan bila kebutuhan daya menipis, secara otomatis mesin bensin yang dibawanya.

Akan hidup serta membantu pengisian generator listriknya lagi hingga kapasitas daya yang dibutuhkan itu cukup. Disamping itu, adanya mesin bensin yang dibawanya sekaligus bakal memberikan tenaga dorongan bagia kendaraan ini hingga daya yang dibutuhkan benar-benar cukup untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Dan karena perpaduan itulah menjadikan chevrolet volt dinobatkan sebagai salah satu mobil listrik terbaik di dunia yang dijual seharga 33.395 pounds atau setara Rp.660 jutaan.

2. Tesla Roadster

Advertisement

Tesla Roadster

Tesla Roadster

Masih dari amerika, tetapi dengan nama produsen yang berbeda, yakni Tesla Motors. Produsen mobil satu ini benar-benar menerapkan mesin listrik dalam bagian tubuh setiap mobil yang dibuatnya. Diantaranya memiliki nama Tesla Roadster, yang merupaka sebuah mobil dengan desain mewah dan bergaya sport yang ditenagai baterai dengan kemampuan menyalurkan daya sebesar 53 kwh lithium ion pada ke empat motor penggerak yang ada pada setiap kai-kakinya.

Dengan menggunakan baterai yang di usungnya, tercatat Tesla Roadster dapat menempuh jarak ratusan kilometer, atau lebih tepatnya sekitar 393 km pada posisi daya baterai terisi penuh. Melihat akan kemampuan yang dimilikinya tersebut, tentu membuatnya bisa dikatakan sebagai mobil listrik terbaik di dunia. Bahkan pada penjualannya, diperkirakan Tesla mampu menjual 2000 unit lebih dari awal mulai diciptakan pada tahun 2008 hingga adi akhir tahun 2011.

Sangat woow kan sob ? lebih kerennya lagi, selain memiliki performa dan kinerja yang optimal, mobil listrik terbaik di dunia ini juga memiliki label harga yang tak kalah keren, hal itu dikarenakan untuk bisa membawanya pulang, paling tidak sobat otomotif hars rela mengeluarkan budget sekitar 57.400 pound, yang bila kita jadikan kedalam nilai rupiah bakal berubah menjadi 1,1 miliar dimasanya.

3. Fisker Karma

Fisker Karma

Fisker Karma

Bukan hanya dikenal dengan brand smartphone saja, finlandia ternyata juga memiliki produsen yang tidak bisa dipandang sebelah mata, yang dinamai Fisker Automotive dan Valmet Automitive yang berhasil menciptakan sbuah inovasi teknologi tinggi yang diterapkan terhadap mobil listik buatannya. Dalam tampilan desain eksterior yang dibawa oleh mobil buatannya dengan nama Fisker Karma, lebih terkesan mewah, karena tersaji dalam bentuk sedan sport.

Mewah bukan hanya di luarnya saja, begitu juga di dalamnya, baik itu interior maupun sektor dapur pacu yang di usungnya, yang mana dirinya menggunakan konsel hybrid plug-in dengan memadukan dua unsur bahan bakar, yakni listrik dan bahan bakar minyak. Tidak berbeda jauh dengan cara kerja yang di adopsi oleh Chevrolet Volt, membuatnya dapat dimasukan kedalam klasifikasi sebagai mobil listrik terbaik di dunia.

Dirinya diketahui diberikan bekal baterai dengan daya 20,1 kwh lithium ion, yang diklai dapat menempuh jarak sejauh 51 km dengan kecepatan yang begitu mengagumkan. Akan tetapi oleh karena performa dan desain yang dibawanya menjadikan Fisker Karma diberikan banderol selangit, bagaimana tidak ? pihak pengembang melepasnya pada harga 80.000 pound, dan jika di kurs kan kedalam rupiah sekarang ini menjadi berkisar Rp.1,5 miliar.

4. Ford Focus Electric

Ford Focus Electric

Ford Focus Electric

Hingga deretan ke empat, masih di isi dari produsen mobil asal negri paman sam, yakni dengan produk mobil listrik yang diberi nama Ford Focus Electric. Diketahui pada beberapa pekan lalu di awal tahun 2016, merek mobil satu ini dinyatakan hengkang dari tanah air (Indonesia) karena sesuatu hal yang terjadi didalamnya. Padahal merek satu ini dikenal akan setiap produknya yang selalu memiliki kualitas teratar pada kelasnya.

Sampai dengan mobil listrik, dirinya bisa membuat dengan nama Ford Focus Electric. Hebatnya lagi, karena teknologi yang digunakan oleh dirinya, pada tahun 2011 silam, dirinya pernah menyabet satu buah penghargaan “Green Vision Car Award”, maka sudah sepantasnya jika dengan apa yang pernah diraihnya dalam ajang tersebut, kita masukan kedalam daftar mobil listrik terbaik di Dunia dengan segala teknologi yang dibawanya.

Untuk dapat mengaspal dijalanan, mobil listrik terbaik di dunia ini dibekali baterai dengan daya sebesar 23 kwh lithium ion, dimana pada saat uji coba secara nyata oleh pihak ford, mobil yang dibuatnya tersebut diklaim dapat menempuh jarak hingga 122 km, yang mengakibatkan harga untuk bisa memiliki mobil listrik buatan ford yang diproduksi pada desember 2011 ini, sobat setidaknya harus memiliki budget USD 32.495, dan jika kita terjemahkan terhadap rupiah seharga Rp.442 jutaan.

5. Nissan LEAF

Nissan LEAF

Nissan LEAF

Bukan lagi dari AS, tetapi kali ini mobil listrik terbaik didunia datang dari daratan jepang, yakni nissan dengan produknya Nissan LEAF. Berbicara desain, mobil listrik buatan nissan cenderung ke model city car yang dibentuk dalam desain unik tapi dengan tidak menanggalkan fungsionalitas yang dimiliki olehnya. Dimana dirinya dapat memeberikan sebuah kenyamanan layaknya mobil yang hanya menggunakan bahan bakar bensin.

Tidak tanggung-tanggung, ini alasan kami memasukannya ke dalam deretan mobil listrik terbaik di dunia. Sejak awal diciptakannya, Nissan LEAF berhasi menyabet penghargaan Green Car Vision Award ditahun 2010, kemudian European Car of The Year pada tahun 2011, Car of The Year Japan pada 2011-2012, dan terakhir World Car of The Year ditahun 2011. Cukup banyak kan penghargaan yang berhasil didapatkan oleh mobil mungil dari jepang ini?

Beralih menyol performa, Nissan LEAF ditenagai baterai berdaya 80 kwh lithium ion, yang mana dari baterai yang di usungnya tersebut berhasil membwa mobil listrik terbaik di dunia ini hingga jarak tempuh yang mencapai angka 117 km. Kemudian soal harga, sobat bisa dapatkan dengan banderol USD 28.500 atau Rp.388 jutaan. Lumayan kan buat nguras kantong. Tapi jangan salah, dengan menggunakan mobil ini, secara tidak langsung sobat akan menjaga udara sekitar tetap bersih dan fresh.

6. Mitsubishi i-MiEV

Mitsubishi i-MiEV

Mitsubishi i-MiEV

Sudah sempat kami ceritakan di atas. Kalau mitsubishi juga memiliki mobil listrik terbaik di dunia. Desainnya cukup simple, dengan mengutamakan sisi aerodinamis dan efisiensi pemakaian, Mitsubishi i-MiEV yang dijual pertama kali pada pertengahan tahun 2009 ini, ternyata mendapatkan tanggapan posistif dari masyarakan diberbagai belahan dunia. Sampai-sampai dirinya memiliki nama lain Peugeot iOn untuk yang di jual di kawasan prancis.

Sedangkan nama lain selanjutnya dari MiEv (Mitsubshi innovative Electric Vehicle) adalah C-Zero untuk produk yang dipasarkan di eropa. Untuk daya baterai yang digunakan olehnya terbilang cukup kecil, mungkin dengan menyesuaikan bentuk tubuhnya yang kecil, sehingga membuatnya hanya diberikan bekal berupa baterai 16 kwh lithium ion, yang setelah melakukan serangkaian uji coba berhasil mencatatkan jarak tempuh hingga 100 km.

Selnjutnya menyoal harga, untuk bisa mendapatkan mobil mungil yang ditopang daya listrik ini, sobat harus bersedia mengeluarkan budget berkisar USD 21.675, yang jika kita jadikan ke dalam rupiah diwaktu sekarang ini bakal menjadi Rp.295 jutaan. Tertarik untuk memilikinya ?

7. Renault Fluence Z.E

Renault Fluence Z.E

Renault Fluence Z.E

Kembali ke desain sedan sport yangkini dibawa oleh salah satu mobil listrik bernama Renault Fluence Z.E. Sudah sejak lama keberadaanya mengaspal dijalanan. Tercatat mobil yang pertama kali diperkenalkan pada acara Frankfurt Motor Show ditahun 2009 lampau, dan baru dijual secara umum pada tahun 2010 melalui sebuah situs internet, berhasil mendapatkan banyak konsumen yang memesannya untuk dijadikan sebagai tunggangan sehari-hari.

Tampilannya yang taka kalah menarik dibanding para kompetitornya, Renault Fluence Z.E menwarakan kenyamanan yang dibalut desain mewah, mulai dari sisi interior hingga ekterior yang dibawnaya, yang memberikan sebuah nuansa berbeda dari pada yang lain, yang akan memanjakan para penggunanya pada saat berkendara dijalanan, sekaligus mengajak para pengendara bermobil untuk lebih mencintai lingkungan dengan mobil listrik buatannya.

Sebanding dengan inovasi yang dibuat oleh Renault, mobil listrik terbaik di dunia buatannya dihargai 57.400 pound, yang bila sobat inginkan jadi kedalam rupiah bakal berkisar Rp.1,1 miliar, atau setara dengan mobil yang dibuat oleh Tesla. Kemudian untuk menyuplai tenaga, diriya menggunakan baterai dengan daya sebsar 22 kwh lithium ion yang mampu menempuh jarak hingga 160km pada sebuah uji di NEDC.

8. Toyota Prius Plug-in Hybrid

Toyota Prius Plug-in Hybrid

Toyota Prius Plug-in Hybrid

Merek toyota tidak mau ketinggalan dengan para pesaingnya dalam jagat dunia otomotif, dimana dirinya menciptakan Toyota Prius yang menggunakan konsep Plug-in Hybrid, yang mulai dipasarkan secara resmi pada akhir tahun 2011, dan mencatatkan angka penjualan cukup fantastis, karena hanya butuh satu tahun untuk mencetak angka penjualan hingga lebih dari 24.700 unit yang dijual ke seluruh dunia, termasuk didalamnya adalah indonesia.

Dan perlu sobat ketahui, sampai pada saat sekarang ini toyota terus menerus mengembangkan mobil yang ditenagai baterai 4,4 kwh lithium ion dan bahan bakar minyak berupa bensin ini dengan kemampuan jarak tempuh bila hanya menggunakan baterai sekitar 18 km jam saja, hingga tampilan desain yang berubah setiap waktu kemunculananya di hadapan publik. Pada waktu itu, untuk bisa memasukanya kedalam garasi rumah, sobat membutuhkan dana sekitar USD 33.000 atau Rp.449 jutaan.

Baca juga : 5 Motor Matic 150cc Terbaik Di Indonesia

Banyak juga yah sob mobil listrik yang ada di dunia ini, mulai dari merek ternama hingga merek yang kemungkinan besar terkesan asing oleh orang awam dalam bidang otomotif. Tapi tentunya kita sebagai pengguna harus terus merespon dengan baik akan kemajuan teknologi dalam bidang mobil listrik, supaya kedepannya, anak cucu kita bisa merasakan udara segar yang bisa kita nikmati sekarang ini dari efek pemakaian mobil ramah lingkungan atau bisa dibilang dengan efek pemakaian mobil listrik terbaik di dunia. “SALAM OTOMOTIF”

Advertisement

Advertisement