Harga Yamaha XTZ 150 Terbaru 2019 : Review, Spesifikasi dan Gambar

Advertisement

Harga Yamaha XTZ 150 Crosser – Kelas motor trail di tanah air memang sebagian besar di isi oleh pabrikan kawasaki dengan KLX miliknya, yang tentunya sudah menyebar hingga pelosok negri, begitupula Honda yang menyusul dengan seri CRF, dimana keduanya bermain dalam kelas 150cc. Lantas Yamaha ? hingga saat ini belum terlihat akan penampakan motor trail kelas 150cc dari pabrikan asal jepang ini di Indonesia, akan tetapi bukan berarti yamaha tidak bermain dan berkompetensi dalam kelas tersebut.

Akan tetapi perlu sobat ketahui, ternyata yamaha juga memiliki satu motor trail terbaru dalam kelas tersebut yang disebutnya sebagai Yamaha XTZ 150 Crosser. Tapi cukup disayangkan, kemunculannya bukan di negri tercinta kita ini, melainkan pihak yamaha merilisnya di tempat asal sepak bola berada, yang tidak lain itu adalah Brazil. Namun terlepas soal perilisannya, yang jelas motor trail terbaru garapan yamaha ini memiliki desain berkelas, yang sanggup menandingi trail dari kedua pabrikan yang kami sebut di awal. Lalu seperti apakah jelasnya, sobat otomotif dapat langsung simak ulasannya dalam Spesifikasi dan Harga Yamaha XTZ 150 Croosser berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Yamaha XTZ 150 Crosser Terbaru

Spesifikasi dan Harga Yamaha XTZ 150 Crosser Terbaru

Spesifikasi dan Harga Yamaha XTZ 150 Crosser Terbaru

Desain dan Dimensi

Bergaya layaknya sebuah motor adventure membuat motor trail terbaru garapan yamaha ini menggunakna spakbor depan dengan moncong yang lebih panjang. Lalu pada bagian depan ini juga dilengkapi sbuah headlamp, hanya saja cukup disayangkan, pihak yamaha masih bertahan dengan bohlam model biasa, bukan LED yang kebanyakan digunakan oleh motor terbaru. Sedangkan bagian atasnya, yamaha tidak ketinggalan sematkan visor berukuran kecil, meski demikian bagian tersebut menjadikannya terlihat lebih sporty.

Advertisement

Lanjut ke bagian tengah, terpasang tangki yang di bungkus cover shroud dilengkapi lubang, dimana nantinya dapat memaksimalkan pendinginan mesin ketika berjalan. Sedangkan untuk tempat duduknya sendiri berbeda dari pada yang lain, pasalnya XTZ 150 Crosser mengenakan jok berbusa bertingkat cukup tebal dan behel pada sisi kanan – kirinya,bahkan sampai lini belakang, yang tidak lain didesain guna memberikan kenyamanan lebih terhadap para pengguna.

Adapun dari segi ukuran, trail terbaru yamaha ini tidak berbeda jauh dari para rivalnya, memiliki panjang 2050mm, lebar 830mm, dan tinggi keseluruhan mencapai 1140mm, yang di kolaborasikan bersama stang lebar plus tinggi, sehingga memungkinkan pengguna untuk bisa mengkontrol secara penuh motornya. Apalagi dari segala apa ayng dibawanya, termasuk tangki bahan bakar berkapasitas 12 liter, XTZ 150 crosser hanya berbobot 133 kg, alhasil membuatnya makin lincah di medan berat sekalipun.

Spesifikasi Mesin

Desain dan Dimensi Yamaha XTZ 150 Crosser

Advertisement

Mesin fuel injection terpasang rapi pada sektor dapur pacu dari XTZ 150. Biarpun nampak berbentuk kecil bila dibandingkan rangka semi double cradle yang dibawanya, akan tetapi mesin yang menggunakan teknologi SOHC dengan 2-valve + 4-stroke berkapasitas 149cc, mampu menghasilkan power mantap. Dalam uji coba menunjukan kalau tenaga maksimal yang mampu disemburkannya sampai dengan 12,2 HP pada putaran mesin 7500 rpm, selanjutnya untuk torsi maksimal sebesar 1,28 kgf.m pada 6000 rpm.

Dari hasil demikian, tentunya sobat otomotif makin terasa PD ketika berada di jalanan. Apalagi dipadukan bersama kopling manual tipe multi-disc wet dengan 5 percepatan, yang membuat akselerasi makin terasa mantap. Disamping itu pula, teknologi terkini pada bagian sistem suplai bahan bakar yang di masukan kedalam motor trail ini mampu menekan pemakaian bahan bakar menjadi jauh lebih efisien, sehingga tidak perlu ragu serta was – was takut kehabisan bahan bakar ketika harus memacu XTZ 150 pada kecepatan tinggi.

Suspensi dan Kaki – Kaki

Mesin Yamaha XTZ 150 Crosser

Advertisement

Satu yang cukup di sayangkan, meski dirinya terlahir baru pada era shock depan upside down, yang sebelumnya juga telah di aplikasikan oleh honda dan kawasaki pada motor trail miliknya, yamaha disini tetap kekeh menggunakan shock depan model teleskopik standar. Tapi sekalipun seperti itu, untuk fungsinya sendiri tetap maksimal, yang mampu meredam getaran keras yang di akibatkan tekanan saat melaju pada medan jalan ekstrim, dan pada saat motor mendarat dari ketinggian setelah jumping.

Keseimbangan semakin maksimal dengan shock monocross pada lini belakang, selain itu juga memastikan handling tetap tetap terasa mantap. Sementara itu soal pengereman, yamaha mempercayakannya terhadap cakram hidrolik dengan diameter disc depan 230mm pada bagian depan, lalu belakang berupa tromol 130mm, yang mampu memberikan pengereman sempurna ketika di butuhkan.

Fitur

Fitur Yamaha XTZ 150 Crosser

Penampilannya yang tangguh dan pastinya keren, makin terlihat lebih lagi dengan dipasangkannya spedometer digital plus manual yang memiliki tingkat akurasi tinggi, dan tidak ketinggalan berbagai indikator juga ada pada bagian layar kecil ini yang mempunyai tampilan user friendly. Kemudian melihat bagian tangki, sobat akan menjumpai shroud dengan lubang udara, yang bukan hanya meningkatkan dari segi penampilan, tetapi juga membantu pendinginan mesin agar lebih efektif.

Sedangkan di sisi dapur pacu, sesuai akan harga yamaha XTZ 150, membuatnya dilengkapi teknologi fuel injection, dengannya selain menjadikan pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit, juga membuat mesin makin bertenaga. Lalu pada bagian depan pihak yamaha sendiri pasang headlamp model V plus visor diatasnya, dan spakbor meruncing kedepan dengan ukuran panjang, yang membuatnya benar berbeda dari pada trail kelas 150 lainnya.

Spesifikasi Yamaha XTZ 150 Crosser

Spesifikasi Yamaha XTZ 150 Crosser

Spesifikasi Yamaha XTZ 150 Crosser

Spesifikasi Yamaha XTZ 150 Crosser

DIMENSI 
Panjang2.050 mm
Lebar830 mm
Tinggi1.140 mm
Wheelbase1.350 mm
Tinggi Jok836 mm
Berat133 kg
Kapasitas Tangki12 Liter
Ground Clearance235 mm
MESIN
Tipe MesinSOHC, 2-valve, 4-stroke, Air-cooled
Sistem PendinginAir Cooled
Kapasitas Mesin149 cc
Tenaga12,2 hp @ 7.500 rpm
Torsi1,28 kgf.m @ 6.000 rpm
Sistem PembakaranFuel injection
Transmisi5-speed
StarterElectric
Bore X Stroke57,3 X 57,9 mm
Rasio Kompresi9,56:1
Tipe KoplingMulti-disc wet
SUSPENSI & KAKI-KAKI
RangkaSemi Double Cradle
Ban Depan90/90-19 M/C (52P)
Ban Belakang110/90-17 M/C (60P)
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangMonocross
PENGEREMAN 
Rem DepanCarkam Hidrolik 230 mm
Rem BelakangTromol 130 mm

Kemungkinan besar kalau nantinya masuk ke pasaran tanah air, spesifikasi Yamaha XTZ 150 Crosser brazil yang ada pada tabel di atas tidak akan berubah banyak, namun besar harapan jika nantinya yamaha benar – benar memasukannya ke Indonesia, bakal mengganti suspensi depan, dari yang tadinya model teleskopik biasa menjadi upside down. Selanjutnya bila sobat bertanya Harga Yamaha XTZ 150 Crosser terbaru, bisa langsung cek dibawah.

Harga Yamaha XTZ 150 Crosser

Harga Yamaha XTZ 150 Crosser

Harga Yamaha XTZ 150 Crosser

Daftar Harga Yamaha XTZ 150 Crosser Terbaru

Harga Yamaha XTZ 150 Crosser S
  • Rp 43.1 jutaan (Perkiraan)
Harga Yamaha XTZ 150 Crosser Z
  • Rp 43.9 jutaan (Perkiraan)
Baca Juga : Daftar Harga Yamaha Terbaru

Setidaknya bakal ada dua tipe yang ditawarkan yamaha melalui motor trail miliknya, hal itu di bedakan pada tipe S dan Z. Disebutkan pada pasar otomotif brazil harga Yamaha XTZ 150 Crosser tipe Z berada di kisaran 43,9 jutaan. Harga Yamaha XTZ 150 tersebut memang lebih mahal dibanding tipe S yang di lepas 43,1 jutaan. Tapi meski ada selisih, perbedaan hanya ada pada sisi desain luar termasuk striping. Sedangkan bagian lain terbilang sama, seperti urusan dapur pacu maupun kaki – kaki.

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya

Harga Yamaha MT-15

Harga MT-15

Harga Yamaha FreeGo S

Harga Freego S

Jika melihat Harga Yamaha XTZ 150 Crosser pada tabel dapat di katakan over priced, dikarenakan honda dengan spesifikasi sama pada sektor mesin, bahkan lebih bagus pada suspensi depan, di bandrol pada angka di bawah harga Yamaha XTZ 150 Crosser tersebut. Bagaimana menurut sobat otomotif ? apakah sobat tetap membelinya jika nanti Harga Yamaha XTZ 150 Crosser yang ada di brazil juga berlaku di tanah air ? “SALAM OTOMOTIF”

 

Advertisement

loading...