Harga Royal Enfield Classic 500 dan Spesifikasi Desember 2016

Harga Royal Enfield Classic 500 – Pasar industri otomotif dalam negri saat ini memang sangat ramai dengan keberadaan produk-produk sepeda motor dari dalam maupun luar negri. Indonesia memang salah satu negara di Asia yang menjadi pusat penjualan motor-motor asing baik dari Jepang maupun Eropa. Pasalnya di Indonesia tingkat perkembangan Industri otomotif telah mengalami kemajuan yang sangat tinggi, sehingga banyak orang yang menginginkan sebuah motor yang berkualitas serta memiliki perfoma mesin yang tangguh dan juga hemat bahan bakar.

Advertisement

Hal ini sangat menarik perhatian sebuah perusahaan asal Eropa yang memiliki nama Royal Enfield untuk ikut serta memasarkan produk-produk sepeda motornya ke Indonesia. Di Indonesia sendiri Royal Enfield telah memasarkan beberapa jenis produk motornya, dan salah satunya ialah motor dengan nama Royal Enfield Classic 500. Motor dengan kapasitas 500 cc ini merupakan motor andalan dari Royal Enfield yang memiliki desain motor yang sangat classic serta memiliki perfoma mesin yang sangat tangguh dan juga handal.

Royal Enfield Classic 500 di Indonesia dibanderol dengan harga sekitar 75 Juta rupiah, harga tersebut memang sangat sebanding dengan perfoma dari motor ini mengingat motor ini memiliki kubikasi mesin setengah liter. Harga Royal Enfield Classic 500 yang terbilang cukup mahal menjadikan tidak semua orang dapat memiliki motor ini, apa lagi dengan kapasitas mesin 500 cc membuat biaya pajak motor ini juga semakin mahal. Namun harga yang mahal tersebut tidak jadi masalah mengingat motor ini memiliki kemampuan yang cukup tangguh dan juga handal.

Royal Enfield Classic 500 dibekali dengan mesin 4 tak dengan satu silinder, mesin tersebut juga memiliki perbandingan kompresi mesin sebesar 8.5 : 1 dengan diameter piston dan stroke sebesar 84 x 90 mm, sehingga motor ini mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang cukup tinggi. Selian itu motor Royal Enfield Classic 500 juga dilengkapi dengan teknologi Injection yang mampu memberikan perfoma motor yang lebih optimal dengan memaksimalkan kinerja mesin. Lalu sebearapa tangguhkah motor ini? untuk itu mari kita simak ulasan Spesifikasi dan Harga Royal Enfield Classic 500 berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Royal Enfield Classic 500

Spesifikasi dan Harga Royal Enfield Classic 500

Spesifikasi dan Harga Royal Enfield Classic 500

 Spesifikasi Royal Enfield Classic 500

Mesin
  • Tipe Mesin : Satu Silinder, 4 tak
  • Kapasitas Mesin : 499cc
  • Diameter x Langkah : 84mm x 90mm
  • Perbandingan Kompresi : 8.5:1
  • Daya Maksimum : 27.2 bhp @ 5250 rpm
  • Torsi Maksimum : 41.3 Nm @ 4000 rpm
  • Sistem Pengapian : Pengapian Digital Elektronik
  • Sistem Strarter : Elektrik/Tendang
  • Sistem Pelumasan : Genangan Basah
  • Minyak Mesin : 15 W 50 API, SL Grade JASO MA
  • Pasokan Bahan Bakar : Injeksi Bahan Bakar Elektronik Keihin
  • Pembersih Udara : Elemen Kertas
  • Kopling : Basah, lebih dari satu pelat
  • Transmisi : 5 Kecepatan Berkaitan Konstan
Dimensi
  • PxLxT : 2160 mm X 800 mm X 1050 mm
  • Berat Kosong : 190 Kg (dengan 90% Bahan Bakar & Oli
  • Jarak Sumbu Roda : 1370 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 135 mm
  • Kapasitas tangki : 14.5 liter
Rangka
  • Tipe : downtube tunggal, menggunakan mesin sebagai suku cadang yang ditekan
  • Suspensi Depan : Teleskopis, jeruji 35 mm, pergerakan poros roda 130 mm
  • Suspensi Belakang : Dua sok breker yang diisi udara dengan 5 langkah beban awal yang dapat disesuaikan, pergerakan poros roda 80 mm
  • Rem Depan : Cakram 280mm, kaliper 2 piston
  • Rem Belakang : Tromol 153 mm,Penge mbang Dalam Panduan Tunggal
  • Ban Depan : 90/90 – 19” – 52V
  • Ban Belakang : 110/80 – 18” – 58V
Kelistrikan
  • Lampu Belakang : 21 W / 5 W
  • Lampu Sinyal Belok : –
  • Sistem Listrik : 12 volt – DC
  • Baterai : 12 volt, 14 Ah
  • Lampu Depan : 60 W / 55 W, HALOGEN
Review Royal Enfield Classic 500

Review Royal Enfield Classic 500

Desain dan Dimensi

Advertisement

Memiliki desain motor yang unik dengan memakai beberapa fitur eksterior ala motor jaman dahulu menjadikan penampilan motor ini menjadi lebih menarik dan terkesan sangat classic. Selain itu pada desain motor ini juga tertanam sistem rangka yang kuat berjenis  downtube tunggal yang menggunakan mesin sebagai suku cadang yang ditekan. Sementara itu dengan panjang motor yang mencapai 2160 mm dengan lebar 800 mm serta tinggi motor yang mencapai 1050 mm membuat motor ini lebih mudah untuk di kendarai.

Royal Enfield Classic 500 memiliki berat kosong yang mencapai 190 kg dengan jarak terendah pada tanah mencapai 135 mm. Tak hanya itu untuk memberikan keseimbangan antara roda depan dan belakang, Royal Enfield Classic 500 memiliki jarak antar sumbu roda yang mencapai 1370 mm. Disisi lain Royal Enfield Classic 500 dibekali dengan desain tangki motor yang futuristik serta memiliki daya tampung sekitar 14.5 liter bahan bakar. Desain motor ini memang sangat classic, hal ini sebanding dengan harga Royal Enfield Classic 500 yang terkesan cukup mahal.

Pada desainnya kali ini Royal Enfield Classic 500 dilengkapi dengan desain lampu utama yang berbentuk bulat serta menggunakan lampu berjenis Halogen dengan kapasitas 60W/55W yang mampu memberikan pencahayaan yang terang ketika berjaln dimalam hari. Selaim itu pada bagian depan motor ini juga terdapat satu pasang lampu sein yang terpasang rapi di bagian kanan dan kiri. Lalu tak ketinggalan pada desain motor ini juga terpasang jok/ tempat duduk pengendara yang empuk, namun sayang jok ini hanya bisa diduduki sang pengendara saja (jok tunggal).

Perfoma Mesin

Advertisement

Sebanding dengan harga Royal Enfield Classic 500 yang berkisar hingga 75 juta rupiah, motor Classic keluarang Inggris ini juga dibekali dengan perfoma mesin yang tangguh. Yakni memakain mesin 4 tak dengan satu silinder dan memiliki kubikasi mesin sebesar 499cc, membuat motor ini mampu melakukan akselerasinya dengan cepat serta mampu mengeluarkan tenaga dam torsi yang cukup besar. Dan untuk menempuh jarak 0-100 meter saja motor ini hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Selain itu dengan teknologi Injection yang ada pada mesin motor ini mambuat motor ini menjadi lebih hemat bahan bakar.

Pada mesin motor terpasang piston dan stroke yang masing-masing memiliki ukuran 84 mm x 90 mm, dengan perbandingan kompresi mesin sebesar 8.5 : 1. Dengan spesifikasi mesin seperti ini serta memiliki sistem transmisi 5 percepatan, Royal Enfield Classic 500 mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 27.2 bhp dengan putaran mesin sebesar 5250 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimum yang mampu dihasilkan ialah sebesar 41.3 Nm dengan putaran mesin yang mencapai 4000 rpm. Jadi bukan hanya desian dan perfoma mesin saja yang keren dan tangguh, namun untuk harga Royal Enfield Classic 500 ini juga terkesan cukup sepadan dengan perfoma yang ditawarkannya.

Royal Enfield Classic 500

Royal Enfield Classic 500

Suspensi dan Kaki-Kaki

Berbicara mengenai motor Eropa tentu saja tidak lengkap jika kita tidak menengok bagian suspesi dan kaki-kakinya. Kali ini dengan harga Royal Enfield Classic 500 yang hampir mendekati angka 100 juta rupiah, motor classic keluaran tanah Britania ini juga dikengkapi dengan dengan suspensi-suspensi yang tangguh dibagian depan maupun balakang. Dibagian depan motor ini terpasang suspensi yang berjenis Teleskopis, jeruji 35 mm dengan pergerakan poros roda 130 mm, lalu pada bagian belakang motor ini juga terpadat suspensi dengen jenis Dua sok breker yang diisi udara dengan 5 langkah beban awal yang dapat disesuaikan, pergerakan poros roda 80 mm.

Dengan adanya kedau jenis suspensi tersebut kenyamanan berkendara anda akan terasa lebih nyaman dan lebih empuk terutama saat melewati medan dan kondisi jalan yany bergelombang. Kemudian menengok bagian kaki-kaki motor ini, pada bagian ini terdapat 2 buah roda yang masih menggunakan velg ruji. Kedua roda tersebut dibarut dengan ban yang masing-masing berukuran 90/90 – 19” – 52V depan dan 110/80 – 18” – 58V untuk bagian belakangnya. Yang lebih mengaumkan pada kedua roda tersebut terselip rem cakram yang berukuran 280mm dengan menggunakan kaliper 2 piston. Namun untuk bagian belakang motor ini masih mengandalkan sistem pengereman berupa rem tromol dengan ukuran 153 mm dengan pengembang dalam panduan tunggal.

Kelistrikan

Untuk kelistrikan motor ini menggunakan sistem pengapian berupa Pengapian Digital Elektronik yang mampu menghasilkan percikan api yang lebih besar. Selain itu untuk bateray yang digunakan pada motor ini adalah bateray yang berkapasitas 12 volt, 14 Ah. Batteray tersebut mampu manghidupkan lampu utama yang bertegangan 60 W / 55 W serta lampu belakang yang betegangan 21W/5W. Sementara itu dengan harga Royal Enfield Classic 500 yang terkesan cukup mahal motor ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur dan teknologi canggih yang membuat perfoam motor ini makun tangguh dan handal.

Harga Royal Enfield Classic 500

Harga Royal Enfield Classic 500

Daftar Harga Royal Enfield Classic 500

Harga Royal Enfield Classic 500 Baru
  • Rp 75.000.000,-
Harga Royal Enfield Classic 500 Terbaru

Note  :

  • Harga Royal Enfield Classic 500 diatas merupakan harga Off The Road
  • Kemungkinan besar harga Royal Enfield Classic 500 diatas msih bisa berubah
  • Dan untuk setiap kota pasti memiliki harga Royal Enfield Classic 500 yang berbeda-beda

Di Indonesia harga Royal Enfield Classic 500 dibanderol dengan harga sekitar 75 juta rupiah, harga tersebut sangat sepadan dengan perfoma motor yang ditampilkanya. Apalagi motor Royal enfield Classic 500 ini dibekali dengan mesin 4 tak dengan satu silinder yang memiliki kapasitas mesin sebesar 499cc. Mesin tersebut dilengkapi dengan teknologi Injection serta menggunakan sisten pengapian berupa Digital Elektronik, sehingga mampu menghasilkan kinerja mesin yang lebih optimal serta mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang cukup besar.

Selain itu desain motor yang unik dan nyentrik mengingatkan kita pada masa-masa peperangan jaman dulu. Selain itu meski pun desain motor ini terbilang jadul namun bagi para penikmat motor-motor antik, motor Royal Enfield Classic 500 tetap menjadi idola. Apalagi dengan perfoma mesin 500 cc yang dibawa motor ini. Nah untuk sobat otomotif apakah anda juga tertarik untuk memiliki motor Classic ini? Demikian informasi mengenai Harga Royal Enfield Classic 500 dan Spesifikasi Terbaru, semoga infoemasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua. “SALAM OTOMOTIF”.

Advertisement

Advertisement