Fungsi Relay Mobil Yang Harus Kalian Ketahui !

Advertisement

Fungsi Relay Mobil – Bagi sobat otomotif yang memiliki sebuah mobil, pastinya sudah banyak yang tahu dengan beberapa komponen-komponen yang kecil namun memliki kegunaan yang sangat besar. Salah satunya adalah relay, untuk komponen satu ini memang memiliki manfaat sangat besar bagi sebuah mobil atu juga motor. Fungsi relay pada mobil memang sangat berarti sekali, pasalnya pada komponen ini akan terhubung dengan kelistrikan entah itu starter, ac, lampu dan beberapa part yang membutuhkan aliran listrik. Sedangkan relay sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni Noemally Close (NC) dan Normally Open (NO).

Seperti yang sudah sobat otomotif ketahui semua, jika fungsi relay pada mobil memang sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja kelistrikan. Oleh karena itu kalian semua harus benar-benar merawat dan memperhatikan secara benara dan baik. Apabila relay pada mobil mengalami kerusakan akan berakibat fatal dan pastinya akan bikin kalian semua repot pada saat bepergian. Oleh sebab itu bagi kalian semua yang memiliki mobil, sebaiknya ketahui terlebih dahulu fungsi relay pada mobil dan ketahui bagaimana cara kerja serta merawatnya. Untuk kesempatan sangat baik ini, kami akan informasikan kepada kalian semua fungsi relay pada mobil dibawah ini.

Fungsi Relay Mobil Yang Harus Kalian Ketahui

 

Fungsi Relay Mobil Yang Harus Kalian Ketahui

Fungsi Relay Mobil Yang Harus Kalian Ketahui

Pengertian Fungsi Relay Pada Mobil

Advertisement

Kita semuanya tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya relay pada mobil, karena salah satu komponen satu ini meiliki fungsi sangat berati bag mobil atau juga motor. Namun banyak juga pengendara mobil belum banyak tahu apakah itu relay mobil adan fungsi relay pada mobil itu bagaimana. fungsi relay pada mobil sebagai salah satu komponen untuk alirkan saluran listrik yang besar dan dikendalikan dengan arus listrik lebih kecil. Dengan adanya  relay pada mobil, membuat lampu mobil akan lebih terang dan juga tidak cepat panas atau beberapa komponen yang disuplai dengan aliran listrik.

Fungsi Relay Mobil

1. Membuat Lampu Menyala Lebih Terang

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, jika relay pada mobil memiliki cukup banyak sekali fungsinya. Salah satunya ialah membuat lampu utama pada mobil akan memancarkan cahaya lebih terang, hal tersebut dikarenakan pada komponen yang terdapat pada relay menguatkan daya listrik. Dengan adanya relay memang sangat membantu sekali, terutama untuk sektor pecahayaan yang lebih terang.

Advertisement

2. Mengurangi Hambatan Arus atau Menaikan Arus

Relay pada mobil memang memiliki tugas yang sangat penting sekali, bahkan tidak hanya untuk membantu membaerikan cahaya lebih terang pada lampu saja kok. Dengan adanya komponen yang satu ini, pastinya arus listrik yang dikeluarkan pada aki dan masuk ke lampu atau beberapa part yang membutuhkan listrik. Daya yang akan masuk pada lampu atau bagain lainnya tidak berkurang atau melemah, sehingga semua bagain yang teralir litrik akan bekerja dengan sempurna.

3. Melindungi Saklar

Advertisement

Sebelumnya memang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, jika fungsi relay pada mobil memang sangat banyak sekali untuk sebuah mobil. Selain dapat menghasilkan cahaya lampu sangat terang, relay pada mobil juga memiliki fungsi lainnya yang harus kalian ketahui. Salah satunya sebagai pelindung saklar atau switch dari panas mesin mobil yang dihasilkan pada saat dijalankan, selain itu juga dapat mencegah terjadi saklar melelh karena panas.

4. Menjadi Saklar

Dalam memiliki sebuah mobil, kita semua memang perlu mengetahui beberapa part yang sangat penting dan juga memiliki peran sangat berpengaruh. Sedangkan untuk cara kerja relay sebagai saklar ialah pada bagian kumparan akan menghasilkan magnet yang sedang dialiri listrik. Oleh sebab itu kita semua harus wajib mengetahui fungsi relay pada mobil, sehingga kalian semua akan lebih memperhatikan dengan komponen yang satu ini.

5. Saklar Jadi Awet

Tidak hanya melindungi saklar dari panas dan pasti tidak meleleh, relay juga akan memperpanjang waktu saklar meski dialiri dengan daya litrik yang besar.Namun bila kita sering abaikan dan anggap remeh, pastinya akan berdampak buruk pada mobil kalian semuanya seperti cepat rusak atau leleh. Namun semua itu juga tergantung dari kita sendiri, bagaimana cara menggunakannya atau juga bagaimana cara merawatnya.

Memang banyak sekali manfaat dan fungsi relay pada mobi yang sudah ketahui kita semuanya, dimana relay pada mobil memang sangat penting sekali. Oleh karena itu kalian semua harus menjaga dan memperhatikan secara benar akan kondisi relay, sehingga tidak berakibat fatal jika relay mengalami kerusakan. Nah itulah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi yang telah kami sampaikan kepada sobat ototmotif semuanya dapat menambah wawasan seputar dunia otomotif.”SALAM OTOMOTIF”

Advertisement

loading...