Cara Membersihkan Karburator Motor Mudah & Cepat 2019

Advertisement

Cara membersihkan karburator – Nah sobat otomaniac.com dirumah pastinya anda memiliki kedaraan bermotor atau yang sering kita sebut dengan motor, sebagai pemiliknya kita mungkin harus sedikit mengerti mengenai cara membersihkan karburator motor dengan cara yang mudah dan benar. Dan perlu kalian ketahui karburator merupakan salah satu komponen motor yang sangat penting, pasalnya karburator memiliki fungsi sebagai pencampur udara dengan bahan bakar yang kemudian akan di salurkan kedalam ruang pembakaran.

Akan tetapi, jika komponen yang satu ini jarang atau sama sekali tidak pernah dibersihkan maka pastinya akan mengganggu kinerja mesin motor anda, sehingg bisa saja motor anda akan tersendat-sendat. Oleh karena itu anda wajib membersihkan kabrurator motor anda, namun sebelum mulai melakukan pembersian karburator tersebut kalian juga harus perlu mengenatui bagaimana cara membersihakan karburator motor dengan benar agar hasilnya lebih baik dan lebih bagus nantinya.

Nah, sebelum kita lanjut pada tata cara membersihkan karburtor dengan benar kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab keruasakan pada karburator sehingga kita tidak salah dalam melakukan pembersihan. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas jika karburator berfungsi sebagai pencampur udara dengan bahan bakar yang kemudian disalurkan ke ruang pembakaran untuk dijadikan tenaga sehingga motor dapat berjalan dan melaju dengan kecepatan penuh.

Advertisement

Namun jika karburator motor anda mengalami masalah bahan bakar dan udara yang dialirkan dalam ruang bakar tidak maksimal sehingga motor akan menjadi sering mogok ataupun tersendat-sendat. Untuk itu kalian perlu membersihkan karburator motor anda secara berkala agar aliran bahan bakar kedalam ruang pembakaran menjadi lebih lancar dan motor menjadi enak dipakai. Dan berikut adalah Cara Membersihakan Karburator Motor Dengan Mudah dan Cepat.

Cara Membersihkan Karburator Motor Dengan Benar

Cara Membersihakan Karburator Motor

Cara Membersihakan Karburator Motor

1. Cara Memberihkan Karburator Motor

Untuk membersihkan karburator motor anda ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar kalian lebih maksimal dalam membersihkan karburator motor anda. Dalam membersihkan karburator motor juga harus teliti agar semua bagian karburator menjadi bersih dan tidak ada kotoran yang menempel, sehingga bahan bakar mampu mengalir dengan lancar ke dalam ruang bakar. Berikut adalah Cara membersihkan karburator motor dengan benar.

  • Langkah pertama dalam cara membersihkan karburator adalah dengan melepas karburator secara perlahan dan hati-hati. Untuk melepas karburator ini, memang harus sangat hati-hati dari dudukan atau manifol supaya anda nantinya lebih mudah saat membersihkan bagian-bagian karburator motor yang kotor.
  • ¬†Selanjutnya, anda juga harus membersihkan filter udara. Karena hal ini juga merupakan bagian dari cara membersihkan karburator pada motor anda. Dan untuk membersihkan filter udara ini akan lebih mduah jika kita melepas bagian terlebih dahulu. Selanjutnya untuk membersihkan filter udara disarankan harus menggunakan cairan pembersih khusus.
  • Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan karburator motor anda ialah dengan membuka mangkuk karburatornya. Caranya adalah dengan melepas baud pengaitnya kemudian cek apakah ada kotoran yang mengendap atau menempel. Periksa juga bagian ini apakah terkontiminasi dengan air atau tidak. Dan jika memang ada kotoran maka bersihkanlah dengan segera kotoran yang menempel tersebut dengan kuas kecil. Nah setelah dirasa sudah cukup bersih kemudian bilaslah dengan bensin agar karburator motor anda makin bersih.
  • Nah untuk pembersihan bagian pilot jet, main jet dan needle jet juga perlu dilakukan. Untuk membersihkanya kalian harus melepas satu per satu dengan hati-hati lalu segara bersihkan agar karburator bisa bekerja kembali. Cara membersihkan karburator dengan membersihkan pilot jet, main jet dan needle jet ini pun juga bisa kalian lakukan dengan menggunakan kompresor agar proses pembersian makin maksimal.
  • Kemudian pada cara membersikan karburator motor anda adalah dengan cara membersihkan puyer karburator. Pada bagian ini bisa dibilang cukup penting, karena nantinya sangat berpengaruh pada kenerja mesin motor anda. Untuk pembersihan puyer kaburator juga terbilang cukup mudah, sebab anda hanya bisa menggunakan amplas halus untuk membersihak kotoran yang menempel. Dan yang perlu diperhatikan adalah ketika saat pembersihan, kerena anda harus sangat hati-hati agar tidak merubah ukuran spuyer kompresor. Sebab apabila kalian salah dalam melakukan pembersihkan¬† spuyer kompresor dan ukuran diameternya berubah maka akan sangat dimungkinkan jika mesin motor anda tidak bisa dihidupkan. Hal ini tentu akan menjadi sangat fatal jika kalian melakukanya tidak dengan hati-hati, jadi jika anda akan membersihkan karburator motor anda sebaiknya ikuti langkah-langkah cara membersihkan karburator motor dengan benar.
  • Untuk cara membersihkan karburator motor yang terakhir adalah dengan memasang kembali karburator yang kita bongkar tadi dengan benar. Langkah yang satu ini tentu dilakukan setelah seluruh bagian karburator sudah bersih. Dan jangan lupa untuk mengatur campuran bahan bakar dengan cara menyetel tingkat ketinggian pelampung besin. Untuk mengatur ketinggian pelampung bensin anda bisa dengan menggunakan jangka sorong. Dan jika sudah selesai rakit terlebih dahulu seluruh komponen karburator yang sudah dilepas tadi. Lalu pasang kembali karburator motor anda seperti sedia kala.

Nah guys itulah beberapa cara membersihkan karburator motor dengan benar. Nah bagi anda yang merupakan seorang pemula dan baru pertama kali membuka karburator motor anda maka lebih baik perhatikan dan selalu mengingat dengan teliti seluruh posisi komponen pada karburator motor anda. Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi kesalahan dalam merakit kembali karburator yang telah kita bongkar.

2. Penyebab Karburator Motor Kotor

Selain cara membersihkan karburator motor, kalian juga harus mengetahu penyebab karburator motor anda kotor. Dan berikut adalah beberapa penyebab karburator motor anda kotor.

  • Penyebab karburator motor anda kotor yang pertama yakni karena pegas kehilangan kelenturan. Masalah menurunya tingkat kelenturan yang terjadi pada pegas yang satu ini memang terbilang sangat sering ditemukan. Umumnya, hal tersebut disebabkan karena bertambah usia pemakaian atau pun salah perlakuan, seperti telalu sering mengotak-atik karburator ataupu bongkar pasang karburator yang tidak tepat. Sehingga akan memudahkan kotoran masuk.
  • Selain itu, penyebab karburator motor kotor selanjutnya ialah terlalu banyak kotoran yang menempel pada klep motor. Pasalnya, tumpukan kotoran yang mengendap atau menempel¬† dan jarang dibersihkan akan menyebabkan klep tidak bisa tertarik dengan maksimal. Sehingga akan menyebabkan pasokan bahan bakar yang disalurkan ke ruang pembakaran pun juga tidak maksimal.
  • Penyebab karburator motor kotor selanjutnya adalah adanya kebocoran yang terletak pada membran. Perlu diketahui membran merupakan salah satu komponen karburator yang berbahan karet yang terletak di bagain karburator vakum dan memiliki peran yang sangat penting. Sehingga, wajar saja jika semua produsen kendaraan bermotor melarang keras untuk membuka membran yang satu ini. Karena jika kita salah sedikit saja dalam membuka membran ini maka akan berakibat sangat fatal.

Selain beberapa penyebab karburator motor kotor diatas ada juga beberapa penyebab lain yang menjadikan karburator motor cepat kotor yakni sering kali mengutak-atik kerburator motor anda. Karena dengan mengutak-atik bagian karburator ini tanpa hati-hati dikhawatirkan akan membuat peletakan karburator ini tidak pas dan tidak sesuai dengan peletakan awal. Sehingga akan memberikan ruang bagi kotoran untuk mudah masuk pada bagian-bagian penting dalam mesin motor tersebut.

Baca Juga Informasi Lainnya
Penyebab Mesin Motor OverheatMobil Pick Up Bekas 20 Jutaan

Bahkan, penyebab kerburator kotor karena terlalu sering mengutak atik karburator akan bisa membuat mesin pun tidak bisa dihidupkan mengingat fungsi dari karburator itu sendiri sebagai penyalur bahan bakar kedalam ruang pembakaran. Nah guys, itulah beberapa Cara Membersihkah Karburator Motor Dengan Benar, cepat dan mudah, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua. “SALAM OTOMOTIF”.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement