Cara Pasang Kaca Film Mobil Sendiri Yang Benar

Advertisement

Cara Pasang Kaca Film Mobil  – Trend menggunakan kaca Film pada mobil memang semakin berkembang seiring pengetahuan menggenai manfaat kaca Film pada mobil. Hal tersebut seolah di amini dengan banyaknya brand-brand lokal maupun luar negeri yang hadir membawa produknya. Tak tanggung-tanggung tercatat sudah ada puluhan brand kaca film yang hadir.

Manfaat kaca film untuk mobil sendiri cukuplah banyak mulai dari manfaatnya untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV sampai dengan resiko kejahatan. Kaca Film pada mobil juga memiliki fungsi untuk menjaga Privasi saat berkendara oleh sebagian orang. Manfaat yang banyak inilah yang membuat pentingnya pemilik mobil memasang kaca film pada mobilnya.

Namun sebelum membeli kaca film sobat otomotif harus jeli memilih produsen kaca film. Selain memilih kualitas terbaik pastikan juga estetuika lain seperti contohnya mengganggu kenyamanan dengan motoif kaca film yang di pilih. Meskipun pada umumnya kaca film pada mobil memiliki warna bening atau gelap.

Advertisement

Kali ini Otomaniac akan memberikan informasi yang sangat bermanfaat untuk sobat otomotif yang hendak memasang kaca film pada mobil. Ada beberapa langkah yang wajib di perhatikan dalam memasang kaca film, terlebih jika sobat memasangnya sendirian. Berhubung Harga Kaca Film Mobil yang mahal sudah pasti harus di hati-hati dalam melakukan pemasangan. Berikut adalah Cara Pasang Kaca Film Sendiri.

Cara Pasang Kaca Film Mobil

Cara Pasang Kaca Film Mobil Sendiri

Cara Pasang Kaca Film Mobil Sendiri

1. Tempat Pemasangan

Pastikan tempat pemasangan yang memiliki pencahayaan yang cukup, selain itu gunakan tempat pemasangan yang bersih juga agar tidak membuat debu yang akan membuat muncul gelembung pada kaca mobil. Pastikan juga ruangan yang digunakan cukup besar.

2. Bersihkan Kaca Mobil

Langkah pertama saat akan memasang kaca film sendiri dirumah adalah dengan membersihkan kaca mobil. Kaca mobil yang kotor tentunya menjadi masalah nantinya, Maka dari itu sobat wajib membersihkan kaca mobil sampai benar-benar bersih baik bagian dalam sampai bagian luar mobil.

3. Ulangi Sampai 2X

Perlu beberapa pengulangan jika membersihkan kaca mobil yang akan di pasangi kaca film. Dimana jangan sampai ada penyesalan saat nantinya muncul debu yang menyebabkan gelembung pada kaca film. Maka dari itu perhatikan secara detail dan usakahan membersihkan dengan cairan pembersih.

4. Sekat Kaca Mobil

Hal yang sering terlupakan adalah pada bagian sekat pada kaca mobil. Dimana pada bagian ini biasanya cukup kotor karena terdapat bekas setiker. Pada bagian pojok ini jugalah yang biasannya sering dilupakan maka bersihkan dengan teliti baik dibagian dalam dan luar.

5. Ukur Dan Potong

Yang berikutnya mungkin akan membutuhkan bantuan orang lain. Dimana tahap ini perlu perhitungan yang benar sehingga tidak muncul penyesalan. Dimana dalam melakukan pemasangan bentangkan kaca film lalu ukur setip sudutnya dengan tepat. Letakan dahulu kaca film yang belum di potong di atas kaca film, jika sudah benar dan yakin maka potonglah dengan kater yang tajam.

6. Sisakan 2 CM

Pastikan sisakan 2 CM di setiap sudut kaca yang akan di pasang. Hal ini dengan tujuan untuk menghindari salah ukur pada saat tahap pengukuran yang dilakukan sebelumnya.

7. Pasang Kaca Film

Langkah selanjutnya pasang kaca film dari bagian terbawah dahulu. Pastikan pada semua sudut dibagian bawah sudah pas dan lakukan pemasangan di setiap sudut dengan hati-hati.

8. Pasang Kaca Film

Saat bagian bawah sudah di pasang, lanjutkan ke bagian atas biasanya menggunakan tambahan cairan pembersih aggar saat terjadi kesalahan masih bisa di lepas. Maka dari itu setiap setiap akan di lekatkan semprotkan dahulu cairan tersebut.

9. Semprotan Cairan

Cairan yang digunakan untuk menyemprotkan bisa dengan menggunkan cairan air biasa atau menggunakan pencuci kaca seperti merek Cling atau Mr Muscle atau bahkan merek lainnya. Pada bagian paling tengah pastikan gunakan cairan cukup banyak.

10. Jika Ada Kotora

Jika ada kotoran maka kaca film bisa di buka kembali di bagian bawahnya. Maka darin itu banyaknya gunakan cairan semprot tadi, Dimana debu yang tadi usahakan tidak ada sehingga tidak muncul gelembung.

11. Karet Penyeka

Jika kahawair akan muncul gelembung pada bagian ahir maka di sarankan menggunakan penyeka. Namun yang cukup praktis adalah minta bantuan orang lain untuk memegangkannya. Langkah ini di jamin sangat tepat.

12. Tempelkan Semua

Jika semua bagian sudah tertempel maka lihatlah sekali lagi jika masih ada bagian yang kotor maka bisa di keletek lagi. Hal ini bisa dilakukan selama bagian kaca masih basah oleh cairan penyemprot tadi.

13. Bersihkan Cairan

Jika sudah diras cukup bersih maka langkah berikutnya adalah dengan membersihkan cairan pembersih yang ada di kaca mobil. Carian pembersih ini juga akan membersihkan juga kaca film selama tahap pemasangan tadi.

14. Rapikan Bagian Tepi

Selanjutnya adalah merapikan bagian tepian kaca film yang sebelumnya di sisakan 2 CM. Untuk membersihkannya di wajibkan menggunakan cuter yang memang benar-benar tajam. Lakukan pemotongan dengan banar. Namun untuk beberapa kaca film ada juga yang menggunakan sistem plug in play jadi tidak usah melakukan tahapan ini.

15. Terkahir

Harga kaca film mobil yang mahal tentunya akan membuat sobat otomotif berfikir berkali-kali saat akan melakukan pemasangan. Jika masih ragu maka kami sarankan menggunakan jasa pemasnagan profesional saja demi menghindari kerugian karena kesalahan dalam pemasangan.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Agar Motor Irit BBM Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Nah itu dia beberapa tahapan memasang kaca mobil yang menurut Otomaniac perlu di perhatikan. Dimana saat melakuka pemasangan usahakan meminta bantuan orang lain untuk memegangkan sudut antar sudut pada kaca mobil. Demikian ulasan kami kali ini menggenai Cara Pasang Kaca Film Mobil Sendiri Yang Benar Semoga bisa bermaanfaat dan selamat mencoba.

5/5 (1 Review)
Advertisement