Cara Agar Motor Irit BBM dan Lebih Bertenaga

Advertisement

Cara Agar Motor Irit BBM – Bagi anda yang sering berkatifitas dengan menggunakan kendaraan bermotor, pasti merasakan ada beberapa kekurangan pada motor terutama dari segi perfoma motor. Nah, bagi rider yang menyukai dan cinta akan kecepatan, pasti masih saja kurang puas akan kecepatan motor yang dimilikinya. Selain masalah kecepatan, masalah keiritan motor pun turut menjadi perhatain para riders. Dan mungkin motor yang saat ini mungkin dirasa sudah irit, namun pengendara bahwa motor masih kurang irit.

Kedua hal tersebut memang menjadi salah satu perhatian utama dari para riders, karena pada dasarnya dari produsen sendiri sudah membatasi perfoma maksimal yang dibutuhkan oleh konsumen. Namun demikian ada, beberapa cara yang dapat ditempuh agar motor anda bisa menjadi lebih irit namun tetap bertenaga. Perlu diketahui untuk membuat motor anda menjadi lebih kencang dan irit bahan bakar adalah dua dimensi yang berbeda. Dan hal tersebut memang cukup sulit untuk digabungkan, namun ada 3 cara untuk menggabungkan hal tersebut dan berikut informasinya.

Cara Agar Motor Irit BBM dan Lebih Bertenaga

Cara Agar Motor Irit BBM

Advertisement

 

Untuk membuat motor anda menjadi lebih irit bahan bakar, tapi tetap bertenaga ada beberapa yang dapat anda lakukan. Akan tetapi jika anda tidak tahu caranya lebih baik anda bawa motor anda ke bengkel motor untuk bisa disetel. Sementara itu menjadikan motor lebih irit bahan bakar dan lebih bertenaga, bukanlah hal yang mudah, hal ini membutuhkan keahlian khusus agar bisa membuat perfoma motor anda menjadi lebih tangguh. Dan berikut adalah cara agar motor irit BBM dan lebih bertenaga.

1. Porting Polish

Porting polish merupakan cara pertama yang dapat ditempuh untuk membuat motor menjadi lebih kencang dan irit BBM. Porting polish dilakukan pada bagian head kendaraan, untuk memperlancar prosess hisap dan buang pada saat melakukan pembakaran dalam mesin. Proses ini biasanya kurang diperhatikan oleh produsen, karena kebanyakan para produsen mengejar produksi masal untuk menekan penjualan. Porting polish dapat menambah “nafas” dan tenaga motor pengendara, sekaligus membuat proses hisap dan proses buang menjadi lebih efisiensi.

2. Papas Head

Selain Porting Polish pengendara juga dapat melakukan pemanasan pada head motor. Proses ini dilakukan untuk memandatkan dan menaikan rasio kompresi pada motor yang membuat motor menjadi lebih memiliki tenaga. Namun perlu diingat jika proses pemanasaan head cukup beresiko, terutama ketika mekanik tidak faham dengan kondisi motor tersebut. Oleh karena itu butuh ketelitian dan juga perhitungan yang tepat antra posisi head, borin dan bagian lainya seperti busi, Klep dan seher agar tidak mengalami “tabrakan”.

3. Perbesar Klep

Pada motor 4tak, klep digunanakan untuk mengatur proses pembuangan dan proses penghisapan (in ex). Dengan melakukan pembesaran pada klep in dan ex, motor akan memiliki nafas dan tenaga yang lebih panjang dan juga lebih efisien dalam pembakaran, selain itu pengendara juga bisa melakukan hal-hal berikut ini :

  • Pembuatan head dengan jumplah klep yang lebih banyak (3 Klep)
  • Penggunaan noken as yang berkualitas
  • Penggantian head dengan sistem DOHC (untuk motor yang masih mengusung sistem SOHC daul valve)

4. Majukan Timing Pengapian

Timing pengapian dapat dimajukan, untuk mempercepat proses pembakaran, dan menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik lagi. Biasanya dalam memajukan Timing pengapian anda dapat mengganti komoponen berikut ini :

  • CDI : Penggunaan CDI dengan kurva pengapian yang lebih maju, atau menggunakan CDI yang timing pengapianya dapat diatur.
  • Koil : Koil dapat digunakan untuk memperbesar api yang nantinya yang akan membakar AFR pada ruang bakar
  • Bahan bakar : Timing pengapian yang sudah dimajukan, haram hukumnya menggunakan bahan bakar yang beroktan 88 atau premium. Hal ini akan menyebabkan mesin menjadi ngelitik dan proses pembakan menjadi kurang sempurna.

5. Rajin Melakukan Servis

Service mesin dan service karuburator manjadi hal yang penting untuk menjaga perfoma motor, dalam proses servis. Dan berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan  servoce motr.

  • Service dan bersihkan kaburator dengan tuntas.
  • Bersihkan kerak pada bagian head, klep dan  piston.
  • Bersihkan busi dan ganti ketika harus diganti.

6. Jangan Gunakan Ban Dengan Ukuran Yang Lebih Besar

Ban standart yang dirancang dari produsen adalah ukuran ban yang terbik dipasang atau apabila jika ingin memperbesar atau mengecilkan ban maksimal diganti dengan 2 ukuran diatas atau dibawahnya. Memperbesar ban tanpa mengganti velg dan peningkatan perfoma mesin, hanya akan membuat beban mesin menjadi lebih besar dan malah membuat motor akan semakin berat.

7. Mengganti Komponen ECU atau ECM

Motor modern saat ini sudah menggunakan teknologi fuel injection yang diatur oleh komputer. Itu artinya setiap motor memiliki sistem pembakaran dengan mengguanakan fuel injection pastilah memiliki ECM atau ECU yang mengatur. Pengendara dapat membeli produk ECU atau ECM aftermarket yang tersedia dipasaran namun sayang, Penggatian ECU atau ECM ini masih maal komponenya akan tetapi memiliki efek yang sangat siginfikan terhadap motor.

Bagaimanakah jika menggunakan pengirit bahan bakar ?

Saat ini sudah banyak penggunakan komponen penghemat bahan bakar yang katanya dapat menambah tenaga motor dan mampu menambah keiritan pada motor. Pada dasarnya hal ini dapat berpengaruh tetapi tidak 100%. Mengapa? Kerana kondisi ini dipengaruhi oleh faktor motor itu sendiri dan tidak semua motor cocok menggunakan alat penghemat bahan bakar tersebut. Berikut ini adalah alasan yang dapat menjadi pertimbangan penting untuk menggunakan pengirit bagan bakar pada motor :

  • Pengirit bahan bakar yang menggunakan komponen listrik, memliki potensi untuk merusak komponen kelistrikan dan mengalami korsleting pada motor.
  • Beberapa pengirit bahan bakar bersifat adiktif, sehingga ada kemungkinan motor akan sakaw ketika berhenti menggunakan pengirit bahan bakar tersebut.

Dan jika kalian masih ingin menggunakan pengirit bahan bakar, kalian harus memperhatikan hal-hal dibawah ini :

  • Cek tesmony pengguna dari media atau sumber kredibel, bukan hanya berdasarkan katanya, atau menurut dia, dan klain dari produsen saja.
  • Apabila ingin menggunakan pengirit bahan bakar elektronik, pastikan baca baik-baik petunjuk pemasanganya dan klaim grasi dari pabrik.
  • Selalu pastikan kondisi aki kendaraan ketika memasang peralatan pengirit bahan bakar secara elektonik.
Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Nah sobat otomaniac.com, itulah beberapa cara agar motor irit BBM dan lebih bertenaga. Dengan cara-cara diatas kemungkinan motor anda bisa menjadi lebih irit bahan bakar, namun mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar. Selain itu dengan menggunakan komponen penghemat bahan bakar pastinya motor akan memiliki perfoma yang lebih baik lagi. Demikian infromasi yang dapat kami sampaikan diatas, semoga bisa bermanfaat bagi anda. “SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (1 Review)
Advertisement