Cara Merawat Filter Udara Motor yang Baik Agar Tetap Bersih

Advertisement

Cara Merawat Filter Udara – Kendaraan bermotor merupakan salah satu alat transportasi yang kini keberadaannya semakin banyak, bahkan hingga sekarang telah terdapat berbagai macam jenis motor yang sudah ada. Namun sobat otomotif tidak hanya bisa mengendarai saja loh, sobat harus mengetahui bagian-bagian pada motor. Agar nantinya tidak bingung ketika motor terjadi kendala yang tak terduga, seperti halnya pada filter udara pada sepeda motor. Untuk bagian yang satu ini memeng perlu diperhatikan sekali, pasalnya filter udara harus sobat dicek dan juga harus mendapat perawatan yang rutin.

Nah hal ini yang perlua anda perhatikan, untuk merawat filter udara juga terbilang sangat mudah sekali ko dan tidak memerlukan peralatan yang lengkap. Sobat cukup dengan membuka lalu penutupnya lalu ambi dan dibersihkan, hal ini dilakukan agar saluran udaranya lancar yang akan menghasiklan performa yang lebih tangguh. Cara untuk merawat filter udara memang sangat mudah ko, oh iya sob. Filter udara sendiri terbagi dalam tiga macam jenis filter udara, dimana untuk yang pertaman filter konvensional, filter Dry Element dan filter Wed Element. Ketiga jenis filter udara tersebut memiliki cara berbeda untuk membersihkan dan merawatnya.

Untuk itu sobat harus mengetahui cara merawat filter udara pada kendaraan bermotor kesayangan sobat otomotif masing-masing. Sebetulnya untuk mebersihkan atau merawat filter udara dapat sobat dilekukan ketikan service secara berkala untuk mempersingkat waktu sobat yang memang sangat sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Namun alangkah baiknya apabila sobat mengetahui paling sedikit dasar-dasar merawat motor, yakni cara merawat filter udara. Meskipun kendaraan bermotor memiliki bagian-bagian penting lainnuya, akan tetapi hal ini juga perlu soabt perhatikan juga.

Advertisement

Dengan sering melakuakn perwatan atau membersihkan kotoran yang terdapat pada filter udara, tentunya sobat otomotif akan merasakan perbedaan terhadap performa yang dihasilkan. Pada waktu filter udara belum dibersihkan dan setelah filter udara dibersihkan. Meskipun terlihat sepele, akan tetapi hal tersebut memiliki peran sangat penting terhadap performanya. Untuk itu sobat otomotif harus sering merawat dan juga pastinya mengetahu cara merawat filter udara motor agar tetap bersih. Nah untuk mengetahui Cara Merawat Filter Udara Motor Tetap Bersih, dapat simak ulasan beriut ini.

Cara Merawat Filter Udara Motor Tetap Bersih

Cara Merawat Filter Udara Motor Tetap Bersih

Cara Merawat Filter Udara Motor Tetap Bersih

1. Filter Konvensional

Seperti yang sudah kami sebutkan tadi diatas, bila Filter udara terdapat tiga macam dan salah yang pertama aFilter udara tipe Konvensional. Untuk filter udara tipe yang satu ini paling banyak digunakan oleh motor rakitan sebelum tahun 2005. Cara merawat filter udara pada tipe ini terbilang sangat mudah sekali loh sob, sobat cukup dengan membuka penutupnya. Lalu ambil penyaringannya dan cuci sampai penyaringan terlihat bersih atau bisa direndam sampai kotorannya hilang.

Setelah dirasa sudah bersih dari kotoran, filter tersebut lalu dikeringkan dibawah teriknya matahari atau dengan hal lainnya yang dapat mengeringkan secara total. Untuk mendapatkan hasil lebih maxsimal lagi, sobat otomotif dapat mengoleskan oli pada busanya secara merata. Hal tersebut dilakukan agar kotoran akan melekat pada oli yang nempel dibusa, sehingga ketika membersihkan lagi akan sangat mudah. Sobat otomotif cukup dengan mengganti busa yang sudah mengeras tersebut dengan busa yang baru dan sehingga penyaringan udaranya dapat normal kembali

2. Filter Dry Element

Cara merawat filter udara untuk jenis Filter Dry Element atau kertas kering, untuk jenis yang satu ini memiliki bahan kertas yang tebal yang mampu bertahan lama. Untuk merawat jenis filter yang ini memang sangat mudah sekali, sobat otomotif cukup melakukannya dengan menyemprtkan udara dengan tegangan tinggi. Dengan demikian kotoran yang menempal pada kertas tersebut akan hilang, untuk menyemprotkannya juga harus sesuai dengan alur kertasnya agar kotoran dengan mudah cepat hilang.

Meskipun terbuat dari bahan yang tebal dan mampu bertahan lama, namun filter ini memiliki batasnya yang perlu diganti. Menurut informasi yang kami terima, alangkah baiknya kertas pada filter jenis ini diganti pada angka 8.000 km. Namun bila dirasa masih bagus, sobat tidak perlu menggantinya dengan yang baru. itu hanya sekedar mengatisipasi saja agar tidak terjadi suatu yang tidak di inginkan ketika sobat sedang diperjalanan. Semua itu kembali kepada si pemilik, mau mengganti yang baru atau tidak.

3. Filter Wed Elemen

Selanjutnya cara untuk  merawat filter udara jenis Filter Wed Elemen atau kertas basah, bila dilihat-lihat memang seperti dengan jenis filter kertas kering. Akan tetapi bila sobat otomotif merasaknnya akan terasa basah, hal tersebut dikarenakan terdapat pelumas yang melapisinya. Hal tersebut memang sengaja agar kotoran yang masuk dapat menempel ke pelumasnya dan ketika mamu membersihkan, sobat cukup dengan dipukul-pukul ringan sampai terlihat filter udaranya bersih.

Advertisement

Namun sobat otomotif jangan coba-coba untuk mencuci filter udara ini, meskipun ini filter udara berbahan kertas basah. Oh iya sob, biasanya yang memakai filter udara jenis ini ialah motor matic atau motor tahun 2014 keatas. Cara merawat filter udara memang terbilang cukup mudah, namun ada kalanya juga untuk mengganti bagian-bagian yang tidak layak untuk dipakai. Sobat juga dapat mennganti filter udara jenis ini dengan yang barua pada KM 15 ri9bu.

Baca Juga : Cara Balik Nama Kendaraan Bermotor

Nah itulah cara merawat filter udara yang telah kami sampaikan, adapun cara untuk merawat filter udara disetiap masing-masing jenis filter udara yang sudah ada. Tentunya sobat otomotif semuanya sudah banyak yang faham akan cara merawat filter udara pada motor kesayang msing-masing. Dengan melakukan perwatan secara rutin, tentu membuat bagian-bagian penting pada motor sobat akan lebih awet dan juga performanya juga tetap oke. Mungkin cukup sampai disini yang dapat kami sampaikan, semoga informasi Cara Merawat Filter Udara Motor dapat bermanfaat untuk semuanya. “SALAM OTOMOTIF”

Advertisement

loading...