10 Tips Membeli Motor Bekas yang Baik dan Bagus

Advertisement

Tips Membeli Motor Bekas – Memiliki sebuah kendaraan bermotor merupakan salah satu impian untuk semua orang, akan tetapi tidak semua orang dapat membeli sebuah motor. Pasalnya untuk membeli motor baru harus memiliki uang yang banyak, meskipun untuk saat ini banyak motor baru yang dapat di angsur setiap bulannya. Namun terdapat juga orang-orang yang ingin membeli cash tanpa harus kredit, sehinga banyak seklai orang yang lebih memilih motor bekas. Selain harganya lebih murah bila dibandingkan dengan harga barunya, proses pembeliannya juga lebih mudah.

Dengan banyaknya minat orang untuk membeli motor bekas, membuat banyak pembeli yang ragu-ragu untuk membeli sebuah motor bekas. Untuk itu sobat otomotif harus mengetahui tipe membeli motor bekas agar tidak ditipu atau menyesal kemudian harinya. Oleh sebab itu kami akan meberikan beberapa tips membeli motor bekas yang bagus dan baik, sejatinya untuk membeli motor bekas memang sangat mudah sekali. Tingga dari pembelinya saja yang teliti atau tidak ketika mengeceknya, nah untuk selengkapnya simak Tips Membeli Motor Bekas yang Baik dan Bagus dari otomaniac.com berikut ini.

10 Tips Membeli Motor Bekas

Tips Membeli Motor Bekas yang Baik dan Bagus

Tips Membeli Motor Bekas yang Baik dan Bagus

1. Tentukan Motor yang Mau Dibeli

Untul langkah pertama yang kami sarankan dari Tips membeli motor bekas ialaha tentukan terlebih dahulu motor yang mau dibeli, seperti yang sobat otomotif ketahui bila jenis motor di Indonesia terdapat banyak ada motor sport, matic, bebek, dan trail. Untuk itu sobat otomotif harus menentukan motor apa yang sedang dicari, sehingga sobat tidak bingung mencari dan penjual juga dapat menunjukan beberapa motor yang sesuai dengan keinginan sobat otomotif. Namun untuk saat ini jenis motor yang paling banyak dicari yaitu jenis motor matic, pasalnya jenis motor seperti ini sangat mudah untuk dikendarai.

Advertisement

2. Pilihlah Penjual yang Benar

Nah untuk tips membeli motor bekas yang kedua adalah pilihlah penjual motor yang benar, soalnya dimasa yang sekarang ini banyak sekali penjual yang nakal dalam bertransaksi penjualan motor bekas. Bila sobat otomotif asal memilih penjual motor, kemungkinan besar sobat akan mudah untuk ditipu dalam melakukan pemebelian motor bekasnya. Untuk itu sobat pilihlah penjual motor yang sudah dikenal atau sudah terbukti dalam penjualannya tidak mengecewakan pelanggannya. Atau setidaknya cari-cari temen sobat yang punya kenalan penjual motor yang dapat dipercaya ketikan melakukan pembelian motor bekas.

3. Cek Kelengkapan Surat Motor

Kemudian langkah yang perlu sobat otomotif ketahui bila sudah memilih jenis motor yang mau dibeli dan sudah mengecek semua kondisi motornya. Lalu cek kelengkapan surat-surat motor yang mau dibeli, apakah motor tersebut memiliki susrat-surat yang lengkap baik itu STNK dan BPKB. Apabila motor tersebut memiliki surat-surat lengkap, tinggal dilanjut untuk negosiasi harga jualnya. Tetapi bila motor tersebut tidak memiliki surat yang lengkap, alangkah baiknya atau cari amannya mencari motor yang lain saja agar tidak terjadi apa-apa nantinya. Pasalnya saat ini banyak sekali kasus pencurian motor, sehingga sangat riskan sekali hal seperti tersebut.

4. Cek Harga Pasaran Motor

Lanjut tips membeli motor bekas selanjutnya adalah cek harga pasaran motor saat ini yang sudah sobat pilih, entah itu motor matic, sport atau bebek. Pasalnya masing-masing motor akan memiliki harga yang bebeda-beda, harga juga dapat dilihat dari kodisi motor yang akan sobat pilih. Bila keadaan motor masih bagus seperti baru, biasanya akan dibanderol dengan harga yang lumayan mahal, tetapi sebaliknya bila motor terlihat kurang bagus dari segi bodi maupun juga mesin akan memiliki harga yang lebih murah. Untuk itu sobat otomotif harus mengerti harga pasarannya dan juga kondisi motor yang akan dibeli.

Advertisement

5. Cek Nomor Rangka Mesin

untuk tips selanjutnya cek nomor rangka mesinnya, pada langkah yang satu ini memang perlu diwaspadai sekali disetiap pembelian motor bekas. Apabila terjadi kesalahan atau tidak cocok anatar nomor rangka dengan suratnya akan berakibat fatal, bisa bisa sobat otomotif dituduh sebagai penadah motor curian. Pasalnya untuk waktu yang sekarang ini banyak sekali kasus pencurian sepeda motor yang semakin ramai saja, bahkan tidak hanya diperkotaan saja loh. Untuk saat ini kasus pencurian motor sudah memasuki ke kampung-kampung, sehingga sobat harus waspada dalam melakukan pemebelian motor bekas.

6. Periksa Kondisi Motor

Dalam melakukan pembelian motor bekas harus banyak hal yang dilakukan agar nantinya tidak meras kecewa ketika sudah dibeli. Untuk itu harus melakukan cek keadaan mesin motor, apakah kondisi mesin masih bagus atau mesin sudah yang harus diganti suku cadangnya. Langkah ini memang paling oenting ketika membeli motor bekas, soalnya kita semua tidak tahu bila motor tersebut dirawat dengan baik atau tidak oleh sipemiliki sebelumnya. Seperti yang diketahui semua, masing-masing orang kan memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada orang yang sangat perhatian dan tidak ketika memiliki sebuah kendaraan bermotor.

7. Test Drive Motor

Belanjut kelangkah berikutnya ketika melakukan pembelian motor bekas yakni tert drive motor yang akan dibeli nantinya, untuk sobat otomotif yang ingin melakukan test drive sebisa mungkin melakukannya dalam kurun waktu yang lama. Sehingga sobat dapat merasakan kondisi motornya, apakah masih oke atau tidak untuk keseluruhan motor tesebut. Entah itu pada bagian mesinnya maupun juga keadaan kaki-kaki dari motor tersebut, masih nyaman untuk dikendarai atau sudah tidak nyaman lagi. Hal ini sering kita lalaikan bila melakukan test drive hanya sebentar saja, sehingga kita tidak merasakan kondisi motor secara seksama.

Advertisement

8. Periksa Kondisi Kelitrikan

Untuk tips membeli motor bekas selanjutnya dapat sobat otomotif lakukan periksa kondisi kelitrikan pada motor yang anda sukai, untuk baian tersebut memang sangat berpengaruh besar terhadap kinerja motor. Apabila pada bagian ini terdapat kerusakan akan membuat rugi bagi si pembeli, kemudian juga cek kondisi lampu utama, lampu belakang dan lampu seinna apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak. Kemudian juga sobat harus mengecek tombol starternya, bila mana kondisinya sudah agak susah untuk menghidupkan mesin. Sebaiknya anda negosiasi saja, bila sangat menginginkan motor tersebut.

9. Cek Keadaan Mesin Ketika Menyala

Seperti yang sudah kami sebutkan dibeberapa tips membeli motor bekas yang mana sobat otomotif harus meneliti secara seksama akan keadaan mesin motor ketika menyala. Hal ini sangat-sangat penting dan harus dilakukan untuk menghindari hal yang mengecewakan ketika sudah dibeli,terlebih kebanyakan orang yang tidak jeli dalam mengeceknya. Alangkah baiknya sobat mendengarkan bunyi mesinnya, rasakan bunyinya apakah halus atau kasar bunyinya. Jika bunyinya masih halus berarti kondisi mesin masih bagus, apabila sebaliknya bunyinya kasar berarti mesin ada yang harus diganti atau dibetulin.

10. Bawa Temen yang Mengerti tentang Motor

Nah untuk tips membeli motor bekas yang terakhir yaitu membawa temen yang mengerti tentang motor, mengapa dianjurkan seperti tersebut? hal tersebut sangat dibutuhkan sekali, ketika sobat mengecek kondisi motor. Sehingga anda dapat untuk merempug semua keadaan motor, dengan berunding tersebut anda tidak akan ragu untuk membelinya dikarenakan sudah konsultasi dengan sang ahlinya. Kebanyakan orang yang mau membeli motor tidak tahu dengan kondisi motor, oleh karena itu membawa teman yang tahu tentang motor. Sehingga anda tidak akan kena tipu dari si penjual.

Baca Juga :

Itulah beberapa tips membeli motor bekas yang dapat kami sampaikan untuk sobat otomotif semuanya, seperti yang sudah diketahui semua. Untuk saat ini memang banyak penjual yang menawarkan motor-motornya tanpa ada kekurangan, hal tersebut memang wajar untuk semua penjual. Namun pembeli juga harus lebih jeli ketika mau membeli sebuah motor bekas dengan cara seperti yang sudah kami sampaikan seperti diatas. Mugkin cukup sekian Tips Membeli Motor Bekas yang Baik dan Bagus, semoga tips yang kami berikan ini dapat bermanfaat untuk sobat otomotif semuanya.” SALAM OTOMOTIF”

Advertisement

loading...