Tips dan Cara Merawat Aki Motor Agar Lebih Awet

Tips dan Cara Merawat Aki Motor – Perlu sobat otomotif ketahui bila sebuah motor tidak hanya didukung dengan bahan bakarnya saja, yang mana akan terdapat beberapa komponen-komponen lain yang memiliki peranan sangat penting disetiap motor. Tentu sobat sudah banyak yang tahu beberapa komponen penting yang perlu mendapat perhatian penting, yang mana sebuah rantai yang harus mendapat perawatan dan juga pada sistem pengeremannya yang mana ada kalanya untuk menggantikan kampasnya. Selain itu juga terdapat salah satu komponen yang sangat perlu diperhatikan sekali yakni kelistrikan, dimana komponen tersebut memiliki peranan sangat penting terhadap sebuah motor. Sistem kelistrikan tersebut akan berpusat pada aki, komponen tersebut mwerupakan sumber kelistrikan yang dipakai setiap kendaraan bermotor maupun juga mobil.

Advertisement

Bila berbicara soal aki atau Accu diketahui memiliki 2 macam aki yakni aki kering dan aki basah, kedua macam tersebut memang mampu menyuplai kebutuhan listrik yang dibutuhkan disetiap motor. Namun untuk sekarang banyak yang lebih memilih aki kering, yang mana pada aki kering memiliki ketahan yang cukup lama dan perawatan yang cukup mudah bila dibandingkan dengan aki basah. Sedangkan untuk aki basah juga masih banyak yang menggunakanya, dimana perawatannya juga tidak terlalu susah dan pastinya memiliki ketahan yang btidak kalah hebatnya. Nah untuk sobat yang motornya menggunakan aki basah tidak perlu khawatir, karena kami akan meberikan tips dan cara merawat aki motor. Pada tips dan cara merawat aki motor yang kami berikan sangat mudah sekali loh dan hanya mebutuhkan waktu yang sangat singkat. Mungkin langsung saja Tips dan Cara Merawat Aki Motor agar tetap awet dibawah ini.

Tips dan Cara Merawat Aki Motor

tips-dan-cara-merawat-aki-motor

tips-dan-cara-merawat-aki-motor

1. Cek Ketinggian air aki

Tips dan cara merawat aki motor yang pertama yakni mengecek ketinggian air akinya, apakah masih tinggi atau sudah rendah. Dimana kebanyakan orang yang sering kali lupa akan menegceka keadaan air akinya, sehingga aki pada motor hanya memiliki umur yang pendek atau sering disebut soak. Untuk mengisi air aki juga sangat mudah sekali loh sob, tinggala buka tutup lubang pada kai kemudian masukan air akinya dan untuk menemui air aki sobat bisa dapatkan di bengkel-bengkel kecil disekitar tempat tinggal sobat masing-masing.

2. Nyalakan motor setiap hari minimal 15 menit

Advertisement

langkah yang kedua atau tips dan cara merawat aki motor yang kedua ialah dengan cara menyalakan motor setiap hari, minimal sobat menghidupkan motor selama 15 menit bila sobat jarang menggunakan kendaraan. Hal tersebut dilakukan agar komponen-komponen yang mendukung kelistrikan tetap memiliki kondisi baik, yang mana dengan menghdupkan motor setiap harinya akan menghasilkan kelistrikan yang oke meskipun motor sobat jarang digunakan untuk bepergian.

3. Jangan menyalakan starter elctrik bila susah nyalakan motornya

Tips dan cara merawat aki motor yang ketiga jangan meyalakan starter elektrik bial motor susuah dinyalakan, hal tersebut memang sering dilupakan oleh sebagian orang. Dengan sering menggunakan elektrik starter bila motor susuh dinyalakan akan membuat aki cepat soak, yang mana aki tidak dapat langsung menyupai energi listriknya secara tiba-tiba. Sebainya sobat memberikan jeda agar suplai energi listriknya berjalan dan apabila tidak nyala juga, lebih baik sobat otomotif menghidupkan motornya dengan kick starter.

4. Cek kondisi kedua terminal aki

Advertisement

Langkah ke empat yakni cek kondisi kedua terminal aki, tips dan cara merawat aki motor yang ke empat ini biasanya sering dilupakan oleh sebagian orang. Padahal bagian tersebut memiliki peran sangat penting untuk mengalirkan seluruh energi listrik kebagian-bagian yang membutuhkan tenaga listrik. Bila tidak sering dibersihkan, kedua terminal aki tersebut akan berkerak putih, sehingga energi yang disalurkan akan tidak maxsimal bahkan dapat menyebabkan aki cepat soak.

5. Periksa kondis kiprok motor

Cek kondisi kiprok pada motor sobat, yang mana kiprok memiliki peran sangat penting disetiap kendaraan bermotor. Kiprok sendiri bertugal sebagai regulator untuk menyupai enrgi listrik kedalam aki terutama pada tahap pengisian. pada komponen tersebut sangat mudah sekali ditebak bila mengalami kerusakan, salah satunya ialah lampu utama akan redup dan juga tidak stabil. Apabila terjadi hal tersebut sobat harus mengecek kiprok anda agar nantinya tidak merusak bagian lampunya.

6. Perhatikan aksesoris pada motor yang menggunakan energi listrik

Kemudian perhatikan aksesoris pada motor yang menggunakan energi listrik, yang mana melebihi kapasitas yang dimiliki oleh aki sehingga aki lebih cepat soak. Seperti halnya penambahan lampu untuk memperindah tampilan motor sobat, selain itu juga penggantian klakson yang melebih batas yang dianjurkan juga dapat merusak aki pada motor sobat. Tips dan cara merawat aki motor yang terakhi ini memang sering dilalaikan oleh sebagian orang, oleh karean itu sobat harus memeprhatikan hal seperti tersebut

Baca Juga : Tips Dan Cara Merawat Motor Bebek Agar Awet

Beberapa tips dan cara merawat aki motor diatas memang sangatlah mudah dan hanya membutuhkan waktu yang ridak terlalu lama loh sob. Namun banyak juga yang sering melalaikan beberapa tips dan cara merawat aki motor diatas, untuk itu sobat perhatikanlah beberapa langkah-langkah tersebut agar aki tetap awet dan tahan lama. Tips dan cara merawat aki motor yang kami sarankan itu sudah kami coba dan hasilnya memang benar adanya, sobat dapat buktikan sendiri dengan beberapa tips dan cara merawat aki motor diatas. Demikianlan yang dapat kami sampaikan, semoga informasi Tips dan Cara Merawat Aki Motor.

Advertisement

Advertisement