Onderdil Motor Yang Paling Penting & Wajib Kalian Ketahui

Advertisement

Onderdil Motor Yang Paling Penting 2019 – Sepeda motor dirancang khusus guna memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat luas. Akan tetapi semakin tua umur sebuah kendaraan bermotor maka akan membuthkan perawatan yang cukup sehingga motor akan selalu memiliki kinerja yang baik. Nah, untuk mendukung hal itu motor juga memerlukan onderdil yang perlu diganti setiap ada kerusakan ataupun memang sudah waktunya diganti.

Berbagai jenis motor dari setiap merek memang memiliki onderdil ataupun sperpart yang berbeda-beda, untuk mendapatkanya kalian tak perlu bingung karena saat ini sudah banyak terdapat bengkel onderdil maupun sperpart motor yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Jadi kalian tak perlu jauh-jauh ke jakarta untuk mencari onderdil motor anda. Akan tetapi ada beberapa produk motor yang memang diharuskan untuk memesan onderdil ataupun sperpartnya.

Hal ini dikarenakan motor tersebut bisa jadi barang CBU atau barang rakitan luar, sehingga dinegara kita tidak memproduksi onderdilnya. Untuk memesanya kalian bisa lewat dealer penyalurnya sehingga kalian pun akan lebih mudah untuk mengambil barang tersebut jika sudah ada. Namun beberapa onderdil motor yang paling penting memang sudah disediakan disetiap benkel onderdil motor, sehingga kalian tidak perlu bingung untuk mendapatkanya.

Advertisement

Nah guys, bagi anda yang mengaku pecinta otomotif pastinya kalian sudah tau dan paham akan apa saja onderdil motor yang paling penting. Akan tetapi tidak semua para pecinta otomotif ini tidak mengerti dan kurang tahu mengenai apa saja onderdil motor yang paling penting. Sehingga kurangnya perawatan akan onderdil yang penting tersebut pun akan berpotensi terjadi. Nah sobat otomotif berikut adalah beberapa komponen atau onderdil motor yang paling penting dan wajib kalian ketahui.

Onderdil Motor Yang Paling Penting

Onderdil Motor Paling Penting

Onderdil Motor Paling Penting

Seperti yang kita ketahui beberapa komponen yang terpasang pada motor memang sangatlah penting bagi sebuah kendaraan bermmotor. Karena hal ini pasti akan membuat perfoma motor menjadi makin oke dan makin handal. Selain itu beberapa komponen ini juga sangat mudah untuk kita cari, sehingga kalian tak perlu kawatir untuk mencari komponen-komponen motor tersebut. Untuk masalah harga juag pastinya cukup terjangkau bagia kantong masyarakat kita guys. Berikut informasi mengenai onderdil motor yang paling penting dan wajib kalian ketahui.

1. Aki Motor

Untuk onderdil motor yang paling penting yang pertama adalah aki motor. Seperti yang telah kita ketahui bersama, jika aki motor ini merupakan salah satu komponen motor yang sangat vital dan sangat penting keberadaanya untuk menunjang porfomace motor. Bisa dibilang aki ini ibaratnya seperti jantung di dalam tubuh manusia. Seperti yang kita ketahui aki ini berfungsi sebagai komponen yang menyalurkan daya agar motor anda bisa hidup.

2. Busi Motor

Lanjut onderdil yang paling penting pada motor yang kedua ialah busi motor. Busi merupakan komponen penting dalam sistem pengapian motor. Busi motor ini sendiri berfungsi sebagai penyala api yang nantinya digunakan sebagai pemantik api dan melakukan pembakaran bahan bakar pada motor anda. Apabila terjadi masalah pada busi ini, maka kemungkinan besar motor anda tidak akan bisa hidup. Untuk itu ketahui tanda dan ciri fisik busi harus diganti agar kondisi motor anda tetap prima.

3. Karburator Motor

Dan onderdil motor yang paling penting yang ketiga adalah karburator motor. Komponen ini memang tidak kalah pentingnya dengan komponen yang lainya, pasalnya karburator juga memiliki fungsi untuk mencampur bahan bakar dengan udara dan tentunya dengan ukuran pencampuran yang pas. Jika disimulasikan, maka karburator akan mencampur 1 gram bensin dengan 15 gram udara.

4. Ban Motor

Selanjutnya ada komponen motor yang paling penting berikutnya adalah ban motor. Tidak usah ditanyakan lagi, ban motor tentu juga sangat penting keberadaanya dalam kendaraan sepeda motor anda. Ban ini merupakan salah satun onderdil motor yang paling banyak dikenal orang. Ban ini sendiri memiliki fungsi sebagai titik tumpu dari sebuah kendaraan bermotor. Sepeda mtoro anda tidak akan bisa berjalan tanpa adanya onderdil yang satu ini.

5. Rem Motor

Dan yang terakhir adalah rem motor. Seperti yang sudah kita ketahui jika rem ini berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan laju kecepatan mulai dari kecepatan yang paling pelan hingga menghentikan laju motor tersebut. Jika tidak ada rem ini maka anda tidak dapat menggunakan motor tersebut. Jadi rem menjadi salah satu komponen motor yang paling vital perananya, sehingga rem sangat dibutuhkan oleh setiap kendaraan bermotor.

Nah guys, itulah beberapa informasi mengenai onderdil motor yang paling penting dan wajib kalian ketahui. Dengan adanya komponen-komponen  motor diatas, perfoma motor pun akan menjadi lebih sempurna dan menjadi lebih maksimal. Coba kalian bayangkan jika motor anda tidak ada akinya? apakah motor anda bisa digunakan sebagaimana mestinya? Hal ini dikarenakan aki merupakan salah satu komponen paling utama pada motor karena menghatarkan arus listrik kesetiap arus pada motor.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara kerja rem hidrolik pada motor Modifikasi Motor Genio

Selain itu motor juga membutuhkan ban sebagai tumpuan untuk menjalankan motor tersebut, kalian juga bisa bayangkan jika motor anda tidak memiliki ban tentu saja motor anda tidak bisa digunakan. Jadi beberapa komponen diatas memang onderdil motor yang paling penting perananya sehingga kalian perlu merawatnya dengan baik. Demikian infromasi dari kami semoga bermanfaat dan “SALAM OTOMOTIF”.

5/5 (1 Review)
Advertisement